Nolly Tjokropranolo

Nolly Tjokropranolo

Nolly Tjokropranolo. [Foto: Istimewa]

Siapa Nolly Tjokropranolo?

Nolly Tjokropranolo adalah mantan Gubernur DKI Jakarta yang dilahirkan di Temanggung pada 21 Mei 1924. Dia memulai karier kemiliterannya pada masa pendudukan Jepang dengan Pembela Tanah Air (PETA), kemudian menjadi pengawal pribadi Jenderal Soedirman. Dia mencapai peringkat tertinggi sebagai Kepala Kontingen Garuda XI dari pasukan perdamaian PBB di Kongo, dan mengakhiri karier militernya pada 1977 dengan pangkat Letnan Jenderal saat pensiun.

Setelah pensiun dari militer, Tjokropronolo terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 1977-1982. Dia adalah penggagas upah dan kesejahteraan buruh, memperhatikan usaha-usaha kecil, dan mengalokasikan anggaran besar untuk pedagang kecil untuk dapat berdagang dengan legal.

Selain itu, Tjokropanolo diakui sebagai tokoh yang memperhatikan pengembangan infrastruktur di Jakarta selama masa kepemimpinannya, serta memperjuangkan pengembangan ekonomi yang merata dan sejahtera.

Nolly Tjokropranolo meninggal pada usia 74 tahun di Rumah Sakit Tentara Jakarta pada 22 Juli 1988, diakui sebagai tokoh yang berjasa dalam pembangunan DKI Jakarta.

Referensi: Kamus Sejarah Indonesia.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Rachmat Muljomiseno adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi dan politik di Indonesia. Ia dilahirkan di Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 9 Juni 1919. Dalam kariernya, Rachmat Muljomiseno pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada masa kepemimpinaan Presiden Sukarno.
Rachmat Muljomiseno
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Rasuna Said adalah seorang perintis kemerdekaan asal Sumatra Barat yang aktif dalam perjuangan melalui Sarekat Rakyat. Ia juga dikenal aktif dalam Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Rasuna Said dikenal sebagai seorang orator ulung dan kritis. Berkat keberaniannya, ia pernah ditangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Penjara Semarang.
Rasuna Said
Radius Prawiro adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi, keuangan, dan perdagangan Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Pengawasan Pengembangan pada periode 1988-1992, Menteri Keuangan pada 1983-1988, dan Menteri Perdagangan pada 1973-1983.
Radius Prawiro
Basoeki Probowinoto adalah seorang pemimpin spiritual yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah seorang Pendeta GKJ, pendiri Parkindo, dan terlibat dalam beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia.
Basuki Probowinoto
Raden Eddy Martadinata adalah salah satu pahlawan Angkatan Laut Indonesia. Ia pernah menjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut masa Presiden Sukarno pada 1959.
Raden Eddy Martadinata