Rasa Kesepian Itu Mematikan, Risikonya Sama Tingginya dengan Merokok

Cekricek.id, Kesehatan – Rasa kesepian yang dirasakan orang-orang ternyata memiliki dampak buruk yang sangat besar bagi tubuh. Bahkan ahli bedah umum telah mengungkapkan tingkat risikonya sama tingginya dengan orang yang merokok.

Easa kesepian sebabkan kematian. [Foto: Canva]

Cekricek.id, Kesehatan – Rasa kesepian yang dirasakan orang-orang ternyata memiliki dampak buruk yang sangat besar bagi tubuh. Bahkan ahli bedah umum telah mengungkapkan tingkat risikonya sama tingginya dengan orang yang merokok.

Seperti dikutip pada laman AP News, kasus kesepian yang telah meluas di Amerika Serikat (AS) menimbulkan risiko kesehatan yang sama mematikannya dengan merokok hingga 15 batang setiap hari.

Hal tersebut dikatakan telah merugikan industri kesehatan sampai miliaran dolar setiap tahun, kata ahli bedah umum AS, Selasa, saat mengumumkan epidemi kesehatan masyarakat terbaru.

Dr. Vivek Murthy mengatakan, sekitar setengah dari orang dewasa di AS mengakui bahwa mereka pernah mengalami kesepian.

“Kita sekarang tahu bahwa kesepian adalah perasaan umum yang dialami banyak orang. Ini seperti lapar atau haus. Itu adalah perasaan yang dikirimkan tubuh kepada kita ketika sesuatu yang kita butuhkan untuk bertahan hidup hilang,” kata Murthy.

“Jutaan orang di Amerika berjuang dalam bayang-bayang, dan itu tidak benar. Itulah mengapa saya mengeluarkan nasihat ini untuk menarik tirai perjuangan yang dialami terlalu banyak orang.”

Deklarasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran seputar kesepian tetapi tidak akan membuka pendanaan federal atau program yang ditujukan untuk memerangi masalah tersebut.

Rasa Kesepian Terus Meningkat di Amerika

Cekricek.id, kesehatan - Rasa Kesepian Itu Mematikan, Risikonya Sama Tingginya dengan Merokok
kesepian. [Foto: Canva]

Peningkatan perasaan kesepian di Amerika ini, menurut sebuah penelitian terjadi pada orang-orang yang kurang terlibat dengan rumah ibadah, organisasi komunitas, dan bahkan anggota keluarga mereka sendiri dalam beberapa dekade terakhir. Jumlah rumah tangga tunggal juga meningkat dua kali lipat selama 60 tahun terakhir.

Tetapi krisis semakin memburuk ketika COVID-19 menyebar, mendorong sekolah dan tempat kerja tutup dan mengirim jutaan orang Amerika untuk mengisolasi diri di rumah jauh dari kerabat atau teman.

Orang Amerika menghabiskan sekitar 20 menit sehari secara pribadi dengan teman-teman pada tahun 2020, turun dari 60 menit setiap hari hampir dua dekade sebelumnya.

Epidemi kesepian melanda kaum muda, usia 15 hingga 24 tahun dengan keras. Kelompok usia melaporkan penurunan 70% waktu yang dihabiskan bersama teman selama periode yang sama.

Kesepian meningkatkan risiko kematian dini hampir 30%, dengan laporan mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki hubungan sosial yang buruk juga memiliki risiko lebih besar terkena stroke dan penyakit jantung.

Baca juga: Nita Gunawan Emang Cantik, Tapi Auranya Terlalu Kesepian, Tanda Butuh Pendamping?

Isolasi juga meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami depresi, kecemasan, dan demensia, menurut penelitian. Murthy tidak memberikan data apa pun yang menggambarkan berapa banyak orang yang meninggal secara langsung karena kesepian atau keterasingan.

Dapatkan update berita seleb dan berita artis setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung dengan kami di WhatsApp Group. Caranya klik link Cekricek News Update.

Baca Juga

Cekricek.id, Kesehatan - Ada sejumlah phobia paling berbahaya yang ada di dunia. Ternyata hal tersebut salah satunya termasuk Somniphobia.
Kenalin Nih 10 Phobia Paling Berbahaya, Termasuk Somniphobia
Cekricek.id, Portal Islam – Menangis sering kali dijadikan sebagai salah satu cara untuk meluapkan emosi. Namun, tahukah kamu bahwa di balik kesedihan yang dirasakan lewat tangisan itu ada manfaat tersembunyi yang sangat berguna bagi kesehatan mental dan fisik.
Menangis Ternyata Baik untuk Kesehatan, Begini Menurut Pandangan Islam
Cekricek.id, Kesehatan - Apakah anda pernah mengalami ketindihan saat sedang tidur. Apalagi jika berlangsung dalam frekuensi sering.
Saat Tidur Sering Ketindihan? Ini Loh Cara Mengobatnya 
Cekricek.id, Kesehatan – Raja Charles III menuai perhatian karena bentuk jari-jarinya yang membengkak saat melangsungkan upacara penobatan. Pembengkakan pada jari tangannya tersebut dari berbagai foto yang beredar disebut-sebut oleh netizen mirip seperti sosis.
Mirip Sosis, Jari Bengkak Raja Charles III yang Terlihat Saat Penobatan Ternyata Karena Penyakit Ini
Cekricek.id, Kesehatan -  Berenang ketika sedang haid adalah salah satu pilihan yang tak ingin diambil oleh kebanyakan perempuan. Banyak kekhawatiran yang timbul, salah satunya adalah darah menstruasi yang bisa saja merember saat asyik menenggelamkan diri di kolam renang atau tempat berenang lainnya.
Bolehkah Berenang Ketika Sedang Haid? Ini Penjelasannya
Cekricek.id, Kesehatan – Mie Instan Indomie disebut taka man dikonsumsi oleh beberapa negara, di antaranya ada Malaysia, Taiwan hingga Nigeria. Namun, di balik isu yang beredar tersebut fakta mengungkapkan hal yang sebaliknya.
Indomie Disebut Tidak Aman Dikonsumsi di Sejumlah Negara, Ternyata Ini Penjelasannya