Stop Penggunaan Obat Nyamuk Bakar, Ini Risikonya

Bahaya obat nyamuk bakar

Ilustrasi. [canva]

Cekricek.id – Nyamuk sangat mengganggu bahkan membuat kita sering kali kesal dengan binatang satu ini. Bisa dibilang nyamuk termasuk makhluk yang paling dibenci di dunia.

Suara mendengung yang dihasilkan oleh nyamuk terdengar bising di telinga. Belum lagi gigitannya yang membuat kulit terasa begitu gatal dan membuat tubuh menjadi merah hingga meninggalkan bekas luka.

Keberadaan nyamuk di malam hari membuat seseorang sulit tertidur bahkan mengurangi kualitas tidur akibat gangguan yang mereka hasilkan.

Tak ayal, karena keberadaannya yang sangat mengganggu tersebut, banyak orang yang berusaha membasmi serangga kecil tersebut. Salah satu cara yang dilakukan oleh orang untuk membasminya adalah menggunakan obat nyamuk.

Namun, ternyata penggunaan obat nyamuk ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan, memicu terjadinya penyakit yang mematikan.

Hal ini dikarenakan dalam obat nyamuk seperti obat yang dibakar tersebut terdapat kandungan zat berbahaya seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, hingga formaldehida.

Zat tersebut akan dilepaskan di udara saat obat nyamuk bakar dinyalakan. Zat-zat tersebut akan membuat tubuh merasa begitu pusing, terserang sakit kepala, mata menjadi perih, mual, hingga sesak napas ketika terpapar dengan obat nyamuk tersebut.

Tidak sampai di situ saja, penggunaan obat nyamuk dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya penyakit mematikan yaitu penyakit kanker paru-paru. Selain penyakit kanker paru-paru, mungkin juga bisa menyebabkan penyakit kanker lainnya akibat kandungan formaldehida.

Sebuah studi memperkirakan bahwa asap yang dikeluar dari obat nyamuk bakar sama seperti pembakaran 75 hingga 137 batang rokok. Ini jelas sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

Melansir alodokter, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika menggunakan obat nyamuk bakar agar tidak membahayakan kesehatan tubuh kamu.

Baca juga: 5 Tradisi Menyedihkan yang Dialami Janda di India

Di antaranya adalah pemakaiannya cukup 3 kali dalam seminggu, jangan menggunakan obat nyamuk di ruangan yang tertutup, jangan tidur di dalam ruangan dengan obat nyamuk bakar yang menyala, serta menjauhkan obat nyamuk dari jangkauan anak-anak. [*/rik]

---
Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Manusia Tidur untuk Apa Sih? Ternyata Ini Alasan Penting di Baliknya
Cekricek.id - Masalah kulit kering ternyata dapat diakibatkan oleh kebiasaan makan dan minum yang buruk. Untuk merawat kulit agar terjaga kelembabannya diperlukan usah ekstra dalam mengatasi kebiasaan makan dan minim yang tidak sehat itu.
Hati-hati, Kebiasaan Makan dan Minum Berikut Ini Bisa Bikin Kulit Kering dan Tak Sehat
Ini Daftar Cheat GTA San Andreas PC 2022 yang Wajib Kamu Tahu
Ini Daftar Cheat GTA San Andreas PC 2022 yang Wajib Kamu Tahu
Cara Nonton Live Streaming Piala Dunia 2022 di HP
Cara Nonton Live Streaming Piala Dunia 2022 di HP
Belakangan ini TikTok menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer. Baik muda hingga tua menggunakan platform tersebut untuk sekedar mencari hiburan
6 Tips Mudah Agar Bisa Cuan dari TikTok
5 Aplikasi Penghasil Uang Paling Laris Digunakan
5 Aplikasi Penghasil Uang Paling Laris Digunakan