Susah Buang Air Besar Hingga Kesakitan? Atasi dengan Cara Ini Tanpa Harus Minum Obat

Susah buang air besar alias BAB membuat perut terasa tidak enak bahkan sakit. Kondisi susah BAB atau dikenal juga dengan konstipasi atau sembelit ini merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh banyak orang.

Ilustrasi: Buang air besar. [Canva]

Susah buang air besar alias BAB membuat perut terasa tidak enak bahkan sakit. Kondisi susah BAB atau dikenal juga dengan konstipasi atau sembelit ini merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh banyak orang.

Untuk mengatasi susah buang air besar, alternatif penyembuhan yang dilakukan oleh kebanyakan orang adalah minum obat pencahar. Namun, penggunaan obat pencahar ini bagi sebagian orang bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, ada efek samping yang terjadi ketika meminum obat pelancar, salah satunya membuat kram perut, sakit perut, hingga diare.

Tak perlu risau, saat kamu mengalami sulit buang air besar, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya tanpa harus minum obat. Simak ulasan berikut.

Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian ternyata dapat mengatasi susah buang air besar. Makanan kaya serat dengan kadar air yang tinggi bagus sekali dalam membantu melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi makanan yang berserat tidak akan membuat kamu kesakitan ketika buang air besar karena feses tidak menjadi keras ketika dikeluarkan. Para pakar menyarankan setiap orang mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat setiap harinya untuk mencegah serta meredakan sembelit.

Minum Air Hangat

Minum air hangat secara teratur untuk membantu menjaga pergerakan usus. Hal ini dikarenakan cairan yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu melunakkan feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Minum air hangat ini juga mencegah kamu dehidrasi ringan yang dapat memperparah susah BAB.

Menghindari Terlambat Makan

Menghindari terlambat makan atau makan terlalu larut ternyata juga menjadi salah satu cara dalam mengatasi atau mencegah susah buang air besar. Ini dikarenakan makanan membutuhkan waktu beberapa jam untuk dicerna. Jadi, perlu memberikan jeda antara makan dengan saat kamu ingin tidur.

Minum Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan termasuk ramuan yang dapat membuat perut berkontraksi. Selain itu, jahe juga bisa mempermudah pergerakan usus. Jadi, minum segelas air yang ditambahkan dengan jahe segar setiap paginya dapat membantu buang air besar secara lancar.

Tambahkan Lebih Banyak Cairan

Cara terbaik untuk buang air besar secara lancar adalah mengonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung cairan seperti sup, kaldu, jus buah, dan smoothie.

Baca juga: Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh, Lancarkan Pencernaan Hingga Obat Pegal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa cairan yang banyak dapat memperlunak feses kamu dan membuat kamu lancar buang air besarnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan secara tidak sengaja ternyata dapat merusak jam kerja tubuh atau body clock.
Waspada, 4 Kebiasaan Buruk Ini Mengganggu Jam Kerja Tubuh Alias Body Clock
Nastusha Olivia Alinskie harus mengenakan kacamata untuk proses belajar di sekolah karena mengidap penyakit mata plus atau rabun dekat.
Mengenal Mata Plus yang Diidap Nastusha Olivia, Anak Chelsea Olivia
Ternyata untuk membuat mentega rumahan cukup sederhana resepnya. Kita hanya memerlukan susu atau krim yang hampir kadaluarsa.
Praktis, Ternyata Begini Cara Membuat Mentega Rumahan
Memperhatikan pola makan adalah hal yang penting dalam proses diet. Pemilihan makanan yang sehat menjadi salah satunya.
Tips Diet, 8 Makanan Yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Menjadi seorang model tak selalu menyenangkan. Menurut cerita Galagea INTM, ada sisi gelap yang dijalani model untuk bisa tampil sempurna.
Gak Seindah Ekspektasi, Galagea INTM Ungkap Metode Diet Ekstrim Model
Penampilan menjadi hal penting bagi para selebriti. Pemilihan outfit yang sesuai menambah kepercayaan tersendiri terutama bagi Beby Tsabina.
5 Inspirasi OOTD Nongkrong Ala Beby Tsabina, Cantik dan Trendy