Telinga Terasa Seperti Tersumbat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah kesehatan seperti telinga yang terasa tersumbat. Kondisi ini bisa saja termasuk ke dalam neuroma akustik, alergi, dan disfungsi sendi temporomandibular (TMJ).

Ilustrasi telinga tersumbat. [Foto: Health Digest]

Cekricek.id - Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah kesehatan seperti telinga yang terasa tersumbat. Kondisi ini bisa saja termasuk ke dalam neuroma akustik, alergi, dan disfungsi sendi temporomandibular (TMJ).

Melansir dari Health Digest, Mayo Clinic mendefinisikan neuroma akustik sebagai tumor non-kanker yang tumbuh lambat yang berkembang pada saraf vestibular yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak kita.

Neuroma ini disebabkan oleh sel Schwann yang tumbuh dan menutupi saraf vestibular. Saraf mengirimkan informasi ke otak dari telinga bagian dalam untuk membantu keseimbangan dan posisi kepala. Gangguan pendengaran yang terkait dengan neuroma akustik dapat menyebabkan perasaan penuh di dalam telinga, menurut Johns Hopkins Medicine .

Yayasan Asma dan Alergi Amerika menyatakan bahwa pada tahun 2018, sekitar 24 juta orang di AS didiagnosis menderita rinitis musiman, memengaruhi 8% orang dewasa dan 7% anak-anak. Gejala rinitis musiman  termasuk rasa tersumbat, postnasal drip, dan iritasi mata. Postnasal drip dan rasa tersumbat disebabkan oleh lender yang menyumbat tuba eustachius, mencegah drainase ke tenggorokan dari telinga bagian dalam.

Disfungsi TMJ terjadi ketika otot dan ligamen di sekitar rahang meradang atau teriritasi. Kondisi yang sudah akut atau kronis, dapat mengakibatkan nyeri ringan atau berat.

Bagaimana Cara Mengatasi Telinga Tersumbat?

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat
Telinga [Foto: Ist]

Alergi adalah penyebab umum saluran eustachius tersumbat. Banyak orang mungkin memerlukan penggunaan antihistamin untuk memerangi alergi mereka dan peradangan yang menyebabkan saluran eustachius tersumbat.

Menurut Mayo Clinic, obat lain yang dapat membantu mengatasi telinga tersumbat adalah dekongestan hidung atau oral, steroid hidung topikal, dan obat tetes telinga.

Seiring dengan melakukan pengobatan secara medis, ada pilihan lain yang dapat digunakan di rumah untuk meringankan gejala telinga tersumbat. Uap dapat memperluas saluran hidung, memungkinkan sinus mengalir.

Cara ini ternyata juga dapat meringankan tekanan saluran eustachius yang tersumbat karena alergi atau infeksi. Cukup rebus sepanci air dan hirup uapnya, atau mandi air panas.

Obat lain yang bisa dilakukan di rumah adalah manuver Valsava. Teknik ini membuka sumbatan telinga dengan memaksa udara melalui sinus dan tuba eustachius, menghilangkan tekanan yang terbentuk di tuba eustachius di telinga bagian dalam. Caranya adalah dengan menutup mulut, cubit hidung, dan tekan udara keluar seperti ketika meniup balon.

Apabila kondis telinga tersumbat tidak dapat teratasi dengan cara alami tadi, maka sangat disarankan untuk berobat ke dokter. Pilihan pengobatan yang lebih intensif mungkin diperlukan untuk mengeringkan tuba eustachius yang tersumbat.

Baca juga: Begini Cara Mengeluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

Namun, jika kondisi ini sudah kronis, maka biasanya ditangani dengan jalan operasi.Salah satu prosedur yang membantu pengeringan tuba eustachius melibatkan memasukkan tabung telinga kecil ke dalam gendang telinga. Tabung ini memungkinkan cairan dari telinga mengalir keluar dari.

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Resep mie ayam istimewa bisa dijadikan salah satu menu andalan untuk santap keluarga. Tidak hanya bisa dibeli, para ibu di rumah juga bisa memasaknya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.
Resep Mie Ayam Istimewa, Rasanya Nggak Kalah Enak dari Buatan Warung
Cekricek.id - Bersyukur tak hanya sebagai upaya seseorang menerima keadaannya dengan lapang dada. Namun, perasaan ini juga memiliki banyak dampak posifit bagi tubuh baik secara fisik, mental, spiritual bahkan membuat seseorang dapat berumur panjang.
Cara Gampang Memperpanjang Umur Tanpa Ribet, Sering-sering Bersyukur
Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental
Cekricek.id - Film "Transformers: Rise of the Beasts," sudah merilis trailer teaser serta jadwal tayang perdananya di bioskop. Film produksi Paramount Pictures akan dibintangi oleh Anthony Ramos, Dominique Fishback dan Peter Cullen yang akan mengulangi perannya sebagai pengisi suara Optimus Prime.
Film Transformers: Rise of the Beasts, Berikut Jadwal Tayangnya
Cekricek.id - Ayam goreng saus Vietnam bisa dijadikan sebagai salah satu menu andalan makan siang di rumah. Bahan-bahan dan cara memasaknya pun cukup mudah untuk diikuti oleh para ibu rumah tangga.
Resep Ayam Goreng Saus Vietnam Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Jadi Menu Makan Siang Andalan
Cekricek.id - Sebenarnya ada sejumlah kiat atau cara untuk menghadapi orang tua yang memiliki sifat keras dan mengutamakan duniawi
Cara Menghadapi Orang Tua yang Keras dan Lebih Mengutamakan Urusan Duniawi