Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya

Kantung mata

Berikut cara mudah menghilangkan kantung mata. [Foto/ Ist]

Cekricek.id - Kantung mata yang terlalu jelas terlihat tentu akan sangat mengganggu penampilan dan bahkan membuat sebagian besar wanita tidak percaya diri. Munculnya kantung mata ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti bertambahnya usia hingga kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari.

Namun tak usah khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kantung mata yang bisa dilakukan di rumah tanpa perlu ke dokter. Namun jika kantung mata belum juga hilang, Anda perlu konsultasi ke dokter untuk menghilangkan kantung mata secara permanen.

Berikut beberapa cara menghilangkan kantung mata di rumah tanpa perlu ke dokter.

1. Memakai krim untuk mata

Penuaan biasanya mengakibatkan dehidrasi pada kulit karena kekurangan kolagen. Untungnya, ada banyak krim mata yang tersedia, baik yang dijual maupun dibuat dari bahan alami.

Anda bisa membuat krim untuk mata dengan mencampurkan bahan-bahan alami seperti minyak rosehip atau lidah buaya. Lalu, gunakan krim ini setiap malam sebelum tidur untuk mengatasi kantung hitam yang berada di bawah mata.

2. Kompres dingin

Salah satu cara menghilangkan kantung mata yang paling mudah yaitu mengompres mata dengan kompres dingin. Rasa dingin dari kompres bertujuan mengurangi peradangan dan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah.

Ada banyak jenis kompres dingin yang bisa dimanfaatkan, seperti kompres es, irisan timun yang dingin, atau sendok yang sudah didinginkan. Lalu, letakkan kompres di atas mata tertutup dan diamkan selama beberapa menit.

3. Makan makanan kaya akan kolagen

Kolagen merupakan protein yang paling banyak dijumpai dalam tubuh, terutama di otot, tulang, kulit, dan tendon. Protein ini berperan dalam memberikan kekuatan dan elastisitas kulit, serta mengganti sel kulit mati.

Tak heran bila kebutuhan kolagen perlu dipenuhi untuk mengatasi kantung mata. Ada pun sumber kolagen yang berasal dari makanan yang bisa Anda konsumsi, yaitu ayam, ikan, putih telur, jeruk, dan sayuran hijau.

4. Minum air yang cukup

Berat badan Anda terbentuk dari air sebanyak 60 persen. Tidak heran bahwa ketika dehidrasi bisa menyebabkan kantung di bawah mata. Oleh sebab itu, meningkatkan asupan air bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata.

Beberapa ahli merekomendasikan minum sekitar enam sampai delapan gelas air. Bila bosan, ganti air putih sesekali dengan air soda atau teh herbal tanpa kafein.

5. Membatasi alkohol

Pada dasarnya, konsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi yang akhirnya mungkin menimbulkan kantung mata hitam.

Tak ada salahnya bukan untuk membatasi hingga berhenti minum alkohol demi penampilan kulit yang lebih sehat? Jika Anda merasa kesulitan, tanyakan kepada dokter bagaimana cara memulai mengurangi konsumsi alkohol hingga berhenti dari kebiasaan ini.

6. Mengurangi asupan garam

Terlalu banyak makan makanan asin ternyata bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata. Pasalnya, garam memicu retensi cairan tubuh yang mungkin memicu pembengkakan, termasuk kulit di sekitar mata.

Maka dari itu, usahakan untuk mengurangi asupan garam dengan menghindari makan makanan olahan dan kemasan. Anda bisa menggantinya dengan nuah dan sayuran segar.

7. Mengubah posisi tidur

Tahukah Anda bahwa posisi tidur yang salah dapat berkontribusi terhadap kantung mata? Sebagai contoh, tidur telentang dapat mencegah gravitasi dari menyebabkan cairan di sekitar mata. Oleh sebab itu Anda harus mengubah posisi tidur kantung mata tidak muncul.

8. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Faktanya, senam wajah termasuk cara alami mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk pada area sekitar mata.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan guna menjaga kesehatan kulit di sekitar mata seperti yoga, gerakan aerobic, dan senam wajah.

9. Berhenti merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi bila rokok berbahaya bagi tubuh, termasuk kesehatan kulit di sekitar mata Anda. Merokok mengurangi cadangan vitamin C dalam tubuh yang menjadi vitamin penting untuk kolagen sehat pada kulit. Akibatnya, masalah kulit berkerut hingga lingkaran hitam di sekitar mata mungkin akan muncul.

Berhenti merokok bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata yang paling manjur karena membantu mencegah masalah kesehatan lainnya, seperti jantung dan diabetes.

10. Selalu hapus riasan sebelum tidur

Kebiasaan lain yang bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata yaitu selalu menghapus riasan sebelum tidur. Tidur dengan wajah yang masih ditempeli make-up, seperti maskara, ternyata bisa memicu reaksi alergi dan infeksi. Bahkan, kebiasaan ini bisa merusak kulit di sekitar mata.

Oleh karena itu, Anda perlu mencuci muka dan melakukan langkah-langkah perawatan kulit di malam hari agar kulit di sekitar mata tetap sehat.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita artis: Unik banget, Dinar Candy dan Ridho Ilahi yang baru berpacaran selama 7 bulan, tetapi sudah 6 kali putus nyambung.
Tujuh Bulan Pacaran, Dinar Candy Sudah Enam Kali Putus Dengan Ridho Illahi
Berita artis: keputusan Jess Amalia untuk tampil dalam kesehariaan dengan mengenakan hijab justru mendapat nyinyiran dari warganet.
Putuskan Berhijab Usai Biasa Tampil Seksi, Jess Amalia Malah Panen Hujatan
Berita artis: Setelah sekian lama jarang unggah foto di sosmed, penampilan Ariel Tatum saat berada di pantai dinilai sangat hot.
Lama Menghilang, Penampilan Ariel Tatum Kini Semakin Hot Saja
Berita artis: Sebulan lebih tante Ernie menghilang dari Instagram, penggemar setianya mengadu sangat rindu pada foto terbarunya.
Lama Menghilang, Tante Ernie Jawab Kerinduan Para Penggemar dengan Foto Ini
Tiger is Strong, Intip Foto Cantik Miskha Arrawfa Najma Putrinya Desta
Tiger is Strong, Intip Foto Cantik Miskha Arrawfa Najma Putrinya Desta
Berita artis: Tidak pernah mengacuhkan lawan bicara dan rasa peduli yang tinggi, Marshanda dijuluki netizen sebagai positif vibe.
Good Attitude, Marshanda Dijuluki Positif Vibe