Tips Diet, 8 Makanan Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Memperhatikan pola makan adalah hal yang penting dalam proses diet. Pemilihan makanan yang sehat menjadi salah satunya.

Foto [Canva]

Memperhatikan pola makan adalah hal yang penting dalam proses diet. Pemilihan makanan yang sehat menjadi salah satunya.

Cekricek.id – Memiliki tubuh yang indah adalah impian bagi setiap wanita. Tubuh yang kurus banyak dijadikan sebagai standar kecantikan di berbagai Negara. Dikarenakan hal tersebut, banyak wanita yang insecure ketika bentuk tubuh mereka jauh dari kata ideal.

Kekhawatiran akan bentuk tubuh yang tidak ideal membuat para wanita berusaha keras untuk mendapatkan tubuh yang indah. Menjalani diet adalah salah satunya.

Dalam hal diet, tentunya pola makan adalah kunci utama. Para ahli menyebutkan bahwa  80 persen kunci sukses penurunan berat badan ada pada makanan, 20 persennya lagi di dibarengi oleh olahraga.

Oleh karena itu, pemilihan makanan yang tepat menjadi poin yang sangat penting. Para pejuang tubuh ideal harus memperhatikan makanan apa saja yang dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mudah.

Seorang ahli gizi, Paul Crouch menyebutkan bahwa selama ini banyak kesimpangsiuran dalam pemilihan makanan saat sedang menjalani diet.

Ada yang menyebutkan bahwa makanan berlemak harus dihindari. Saat diet Cuma boleh konsumsi serat dan protein. Padahal sebenarnya konsep tersebut salah. Kombinasi makanan yang seimbang adalah kunci sukses turunnya berat badan.

Dalam makanan yang sehat, harus mengandung setidaknya protein, karbohidrat, lemak dan serat. Bukan hanya salah satunya.  Seseorang yang sedang menjalani diet harus tetap memperhatikan keseimbangan keempat komponen makanan tersebut.

Selanjutnya, meningkatkan asupan protein dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot, sekaligus mencegah kerusakan otot dan meningkatkan pemulihan setelah berolahraga.

Makanan Mengandung Protein Untuk Diet dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Lampiran Gambar
Tips Diet, 8 Makanan Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Untuk itu, berikut adalah rekomendasi makanan mengandung protein yang dapat dikonsumsi selama proses penurunan berat badan

Putih Telur

Tak perlu khawatir, memilih putih telur malah dapat membantu meningkatkan asupan protein tanpa tambahan lemak. Hal ini dikarenakan putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi dengan jumlah kalori yang sangat sedikit. Jadi, pas banget bagi seseorang yang sedang menjalani deficit kalori.

Skim Milk

Skim milk merupakan jenis susu rendah lemak yang sudah melewati proses penghilangan kadar lemak yang cukup signifikan. Dikarenakan kandungan lemaknya yang cukup sedikit, banyak orang yang mongkonsumsi susu ini ketika melakukan diet.

Kacang-kacangan

Ahli nutrisi menyebutkan bahwa  kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat untuk menambahkan protein ke makanan karena kadar lemaknya yang sedikit. Selain itu, kacang - kacangan juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah kelelahan.

Ikan putih

Dibandingkan dengan ikan salmon dan teri, ikan putih memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan protein yang lebih tinggi.

Kacang panggang

Meski terdengar tidak sehat, banyak ahli yang menyebutkan bahwa kacang panggang adalah sumber protein yang bagus untuk diet. Selain karena rendah lemak, mengonsumsi kacang panggang juga membuat kita kenyang lebih lama.

Tenderloin

Bagi para pemakan daging, Paul mengatakan bahwa daging tenderloin apa pun adalah tambahan yang bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan daging tenderloin mengandung banyak protein tanpa lemak tambahan.

Tahu sutra

Pilihan lain yang bagus untuk vegetarian atau vegan adalah tahu sutra. Tahu sutra mengandung protein tinggi, dan lebih rendah lemak daripada jenis tahun lainnya. Tahu sutra juga dikemas dengan asam amino yang membangun otot dan mencegah penyakit.

Baca juga : Awas, Diet yang Salah Dapat Berujung Kematian

Bayam

Dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, bayam juga sangat rendah lemak, dan rendah kalori. Dimakan mentah atau dimasak, bayam juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan energi hingga mendukung kesehatan tulang dan kesehatan jantung.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan secara tidak sengaja ternyata dapat merusak jam kerja tubuh atau body clock.
Waspada, 4 Kebiasaan Buruk Ini Mengganggu Jam Kerja Tubuh Alias Body Clock
Nastusha Olivia Alinskie harus mengenakan kacamata untuk proses belajar di sekolah karena mengidap penyakit mata plus atau rabun dekat.
Mengenal Mata Plus yang Diidap Nastusha Olivia, Anak Chelsea Olivia
Menjadi seorang model tak selalu menyenangkan. Menurut cerita Galagea INTM, ada sisi gelap yang dijalani model untuk bisa tampil sempurna.
Gak Seindah Ekspektasi, Galagea INTM Ungkap Metode Diet Ekstrim Model
Wabah cacar monyet menjadi perhatian serius Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyebarannya disebut sebagai darurat kesehatan global
WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global
Awas, Diet yang Salah Dapat Berujung Kematian
Awas, Diet yang Salah Dapat Berujung Kematian
Telah dilakukan beberapa survei laporan gejala menstruasi yang tidak biasa terhadap wanita setalah melakukan vaksinasi Covid-19
Temuan Baru, Vaksinasi Covid-19 Mempengaruhi Pola Menstruasi