USU Menggelar Car Boot Sale: Menghidupkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

Cekricek.id - USU Menggelar Car Boot Sale: Menghidupkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

Kegiatan Car Boot Sale USU. [Foto: Dok. USU]

Cekricek.id, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU), melalui Badan Pengembangan Riset Inovasi (BPRI), baru-baru ini mengadakan "Car Boot Sale USU Enterprise 2023" di Pendopo USU. Acara ini diadakan pada hari Kamis, (7/12/2023), sebagai sebuah langkah maju dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan di lingkungan akademik.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai pameran produk komersial ciptaan civitas akademika USU, tetapi juga sebagai ajang pembuktian bagi produk-produk dari Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Kewirausahaan.

Dengan terinspirasi oleh kurikulum Babson College AS, kegiatan ini membuka sepuluh kelas untuk mengasah kemampuan kewirausahaan mahasiswa.

Menariknya, Car Boot Sale ini memanfaatkan mobil sebagai stand pameran. Langkah ini tidak hanya efisien tetapi juga memberikan nilai estetika tersendiri, sekaligus memudahkan pengunjung untuk mengakses dan memahami nilai komersial serta manfaat produk-produk USU yang telah melewati serangkaian riset.

Dilansir halaman resmi USU, usu.ac.id, Rektor USU, Muryanto Amin, dalam mengatakn bahwa acara ini tidak hanya sekadar pameran tahunan, tetapi juga sebagai wadah uji pasar yang efektif. Selain itu, Car Boot Sale ini juga bertujuan menarik minat investasi eksternal untuk mendukung produk-produk inovatif dari USU.

Kepala BPRI USU, Buchari, menambahkan pentingnya MKWU Kewirausahaan dalam membentuk keahlian praktis para mahasiswa. Menurutnya, proses pembelajaran ini menggabungkan teori dan praktek, dimana mahasiswa tidak hanya diajarkan konsep, tetapi juga dilibatkan langsung dalam pembuatan dan pemasaran produk.

Menyambung hal tersebut, Ami Dilham, Manager Kewirausahaan dan Pengembangan Karir, mengusulkan agar kegiatan ini diadakan dua kali setahun untuk menarik partisipasi lebih luas dan meningkatkan jumlah peserta, yang akan berkontribusi pada perkembangan pelaku usaha.

Sementara itu, Dany Sitompul, Head Mentor BPRI, berharap agar kegiatan ini dapat membentuk ekosistem kewirausahaan yang solid di USU. Ia menekankan pentingnya peningkatan jumlah wirausaha muda, terutama dari kalangan mahasiswa, untuk mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas.

Dany juga memberikan apresiasi tinggi terhadap produk-produk mahasiswa yang dihasilkan dari pembelajaran semesteran dalam berbagai program studi.

Baca juga: Satu-satunya di Indonesia, UI Menembus 1000 Universitas Terbaik Dunia

Acara ini, yang berpusat pada inovasi dan kreativitas mahasiswa, menandai langkah besar USU dalam mendorong semangat kewirausahaan di kalangan akademis. Dengan Car Boot Sale, USU tidak hanya mempromosikan produk-produk inovatif mahasiswa, tetapi juga memperkuat ekosistem kewirausahaan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi komunitas akademik dan masyarakat luas.

TAGS

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Stok Beras Bulog Riau Aman Hingga Lebaran, Capai 21 Ribu Ton
Stok Beras Bulog Riau Aman Hingga Lebaran, Capai 21 Ribu Ton
Berita Riau Hari Ini: Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Malaysia, Incar Peluang Ekspor dan Investasi
Meranti Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan Malaysia, Incar Peluang Ekspor dan Investasi
Berita Riau Hari Ini: Stok Beras Premium di Riau Stabil Meski Harga Naik
Stok Beras Premium di Riau Stabil Meski Harga Naik
Berita Riau Hari Ini: Harga Sawit Swadaya Riau Alami Penurunan
Harga Sawit Mitra Swadaya Riau Alami Penurunan
Berita Riau Hari Ini: Harga Sawit Mitra Plasma Riau Naik, Berikut Rinciannya
Harga Sawit Mitra Plasma Riau Naik, Berikut Rinciannya
Berita Riau Hari Ini: Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi
Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi