WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

Wabah cacar monyet menjadi perhatian serius Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyebarannya disebut sebagai darurat kesehatan global

Foto [Reuters]

Wabah cacar monyet menjadi perhatian serius Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyebarannya disebut sebagai darurat kesehatan global.

Cekricek.id - Wabah cacar monyet yang menyebar dengan cepat merupakan keadaan darurat kesehatan global , Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan  bahwa hal ini menjadi tingkat kewaspadaan tertinggi Organisasi Kesehatan Dunia, Sabtu (23/7/22).

WHO telah membentuk tim "Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)"  yang dirancang untuk memicu respons internasional yang terkoordinasi dan dapat membuka pendanaan untuk vaksin dan perawatan.

Anggota komite ahli telah melakukan pertemuan pada hari Kamis untuk membahas deklarasikan darurat kesehatan masyarakat. Dari hasil deklarasi tersebut diketahui sembilan anggota menentang dan enam lainnya mendukung .

Beranjak dari hal tersebut, Tedros dalam konferensi pers menyebutkan bahwa wabah ini dapat menyebar melalui hubungan seks sesama jenis seperti pria dan pria, terutama bagi mereka yang memiliki banyak pasangan seksual.

Dia juga menambahkan bahwa  risiko cacar monyet  yang menyebar melalui kontak dekat dan cenderung menyebabkan gejala seperti flu dan lesi kulit telah menyebar secara global. Bahkan Eropa dianggap WHO sebagai tempat penyebaran dengan risiko yang tinggi.

Kasus Penyebaran Wabah Cacar Monyet Meningkat

Lampiran Gambar

Melansir dari Reuters, dalam setahun ini ada lebih dari 16.000 kasus cacar monyet di lebih dari 75 negara, dan lima kasus kematian telah terjadi di Afrika.

Pakar kesehatan menyambut baik keputusan WHO yang mengeluarkan deklarasi PHEIC yang selama ini hanya diterapkan pada pandemi virus corona dan upaya pemberantasan polio.

Josie Golding, kepala epidemi dan epidemiologi di Wellcome Trust menyebutkan bahwa keputusan tersebut akan membantu menahan penyebaran virus.

"Kita tidak bisa terus menunggu penyakit meningkat sebelum kita melakukan intervensi," katanya.

Sebelumnya, WHO dan pemerintah nasional telah mendapat desakan dari para ilmuwan dan pakar kesehatan  masyarakat. Mereka meminta agar WHO dan pemerintah segera mengambil tindakan lebih lanjut tentang penyebaran virus cacar monyet ini.

Pasalnya, kasus penyebaran virus ini telah meningkat sejak komite pertama kali mengadakan rapat pada akhir Juni. Saat itu kasusnya hanya ada sekitar 3.000 kasus.

Pada hari Jumat, Amerika Serikat mengidentifikasi bahwa ada dua kasus cacar monyet yang pertama terjangkit pada anak-anak.

Baca juga : Serangan Rudal Rusia Hantam Ukraina, Seorang Bocah Laki-laki Tewas

Sehubungan dengan hal tersebut, Pejabat WHO mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka sedang berdiskusi mengenai kemungkinan penyebaran virus melalui mode penularan baru.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Kebanyakan orang mengasosiasikan kanker payudara dengan benjolan di payudara. Tetapi tahukah kamu bahwa nyeri bahu juga bisa menjadi tanda peringatan dari kanker payudara tersebut? Meskipun gejala ini tidak umum, kanker payudara dapat menyebabkan nyeri pada bahu atau lengan atas.
Jangan Abai, Sering Merasa Nyeri di Bahu Bisa Menjadi Tanda Kanker Payudara
Pitted keratolysis atau dikenal dengan sebutan telapak kaki berlubang merupakan infeksi yang terjadi pada kulit akibat bakteri.
Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Kaki Bolong-bolong Seperti Rumah Rayap (Pitted Keratolysis)
Cekricek.id - Selama periode menstruasi, rahim wanita akan melepaskan lapisan endometrium yang memicu pelepasan prostaglandin. Prostaglandin menyebabkan rasa sakit, peradangan, kontraksi dan relaksasi otot polos. Kontraksi rahim saat melepaskan lapisannya menyebabkan kram menstruasi , biasanya terjadi di daerah perut dan pantat.
Kenapa Wanita Sering Mengalami Kram Pantat Saat Periode Menstruasi?
Pria Ini Hilang Ingatan Setelah Bangun Tidur Hingga Tak Kenali Istri dan Anak
Pria Ini Hilang Ingatan Setelah Bangun Tidur Hingga Tak Kenali Istri dan Anak
Momen Haru Bayi Kembar Siam Melakukan Kontak Mata Pertama Kalinya Setelah Operasi Pemisahan
Momen Haru Bayi Kembar Siam Melakukan Kontak Mata Pertama Kalinya Setelah Operasi Pemisahan
Squid Game yang merupakan series fenomenal asal Korea Selatan disebut-sebut akan tayangkan season 2 pada tahun 2024 mendatang.
Akan Rilis Season 2, Sutradara “Squid Game” Dilema Hidupkan Tokoh Yang Meninggal Di Season 1