3 Selir Raja yang Mampu Mengubah Sejarah Dunia

Selir raja yang mengubah sejarah dunia - Aspasia Miletus, Lola Montez, dan Barbara Palmer

Aspasia Miletus, Lola Montez, dan Barbara Palmer. [Foto: Istimewa]

3 selir raja ini punya pengaruh besar yang mampu mengubah sejarah dunia. Mereka adalah Aspasia Miletus, Lola Montez, dan Barbara Palmer.

Cekricek.id – Diane de Poitiers, perempuan kelahiran 3 September 1499 ini menjadi selir kesayangan Raja Prancis yaitu Raja Henry II. Raja lebih mencintai Diane daripada sang istrinya, Catherine de’ Medici. Umur Henry dan Diane terpaut 20 tahun, di mana Diane yang lebih tua daripada Henry. Hal tersebut tidak menjadi penghalang cinta yang tumbuh di antara mereka.

Diane dikenal sebagai perempuan yang cantik, cerdas, dan karismatik. Bahkan, Diane merupakan sosok perempuan yang selalu berdiri di belakang Henry II saat dirinya naik tahta pada 1547.

Diane banyak memberikan nasihat kepada Henry II, termasuk soal politik. Dalam beberapa surat resmi kerajaan dibubuhkan tanda tangan HenriDiane. Tidak sampai di situ, sosok Diane bahkan diabadikan dalam sebuah koin.

Kejayaan Diane berakhir setelah Raja Henry II meninggal dunia akibat kecelakaan dalam bertempur di atas kuda pada tahun 1559. Catherine, istri dari mendiang Raja Henry II mengusir Diane dari istana. Diane terpaksa tinggal di desa hingga ajal menjemputnya di usia 66 tahun.

Selain Diane de Pointiers, ada juga beberapa selir atau wanita simpanan raja yang kisahnya melegenda karena dapat mampu mengubah dunia. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut.

Baca juga: Identitas Fir'aun yang Ditenggelamkan dalam Laut Merah

Aspasia Miletus

Aspasia Miletus

Aspasia Miletus. [Foto: Istimewa]

Aspasia, wanita yang dilahirkan di Miletus, Yunani Timur ini memulai kehidupannya di Athena pada tahun 450 SM. Di Athena, Aspasia awalnya menjadi hetaera yaitu wanita penghibur atau Geisha yang tugasnya menemani pria-pria kaya raya.

Aspasia dikenal sebagai sosok perempuan yang cantik dan cerdas sehingga ia membuka sebuah sekolah filsafat dan retorika di Athena. Plato pernah mengatakan bahwa yang mengajari dirinya tentang teori cinta adalah Aspasia.

Saat di Athena, Aspasia bertemu dengan Pericles, seorang politisi yang memiliki pengaruh politik yang besar pada masanya. Pericles membawa Aspasia pergi dan mereka juga dikaruniai seorang putra.

Aspasia yang merupakan orang asing membuat pemerintah Athena tidak mengizinkan Pericles menikahi Aspasia secara resmi. Hingga akhir hayatnya, Pericles begitu sangat mencintai Aspasia.

Aspasia ini menjadi sosok perempuan yang berpengaruh dalam sikap politik Pericles. Hal ini terbukti saat Pericles bersama dengan Aspasia ia mencapai masa kejayaannya. Bahkan, Pericles dapat menciptakan era emas demokrasi di bawah kedua tangannya berkat bantuan Aspasia.

Lola Montez

Lola Montez - Selir Raja mengubah dunia

Lola Montez. [Foto: Istimewa]

Eliza Rosanna Gilbert dengan nama panggungnya Lola Montez digambarkan sebagai sosok perempuan yang terlahir cantik. Perempuan yang lahir di Irlandia pada tahun 1818 ini melakukan debut sebagai penari Spanyol di panggung London.

Lola menjadi selir raja Jerman yang sudah tua bernama Ludwig I dari Bavaria. Raja Jerman menjadikan dirinya sebagai bangsawan. Tidak sampai di situ, Ludwig juga mendirikan istana dan membarikan Lola tunjangan hidup yang besar.

Lebih dari satu tahun, Lola memegang kekuasaan Bavaria dengan keras, memata-matai, serta menghancurkan hidup para pengkritik. Tindakannya tersebut memicu pergerakan revolusioner besar. Hingga pada tahun 1848, Ludwig I harus turun tahta.

Barbara Palmer

Barbara Palmer - Selir Raja mengubah dunia

Barbara Palmer. [Foto: Istimewa]

Barbara Palmer menjadi selir Raja Charles II. Saat itu, Barbara masih berstatus istri orang. Namun, suaminya Barbara tidak dapat berbuat apapun ketika sang istri dibawa oleh Raja Charles II ke kerajaan.

Meskipun menjadi selir Raja, Barbara memiliki kontrol pemeritahan yang begitu kuat. Posisinya yang menjadi Lady of the Bedchamber membuat Barbara memiliki akses khusus dan kuat dipengadilan. Barbara menjadi perantara bagi rakyat yang ingin mendapatkan bantuan dari kerajaan. [*/rik]

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terbaru: Seorang wanita mendapatkan uang Rp 500 juta dari ibu pacarnya yang diminta untuk putus dan menjauhi anaknya, Senin (16/5/2022).
Hubungannya Tak Direstui, Wanita ini Sogok Pacar Anaknya untuk Putus
Berita terbaru: Seorang mempelai pria tak dapat menahan air matanya saat bertemu dengan mantan di atas pelaminan, Minggu (15/5/2022).
Viral, Mempelai Wanita Nangis Ketemu Mantan di Pelaminan, Ekspresi Mempelai Pria Jadi Sorotan
Berita Terbaru: Seorang pria di India minta cerai lantaran tidak tahan karena sang istri tidak pernah mandi setiap hari.
Istri Tak Pernah Mandi, Pria ini Merasa Jijik dan Minta Cerai
Berita terbaru: Seorang emak-emak adu mulut dengan seorang anak muda di dalam pesawat, emak-emak tersebut mengatakan bahwa wanita muda tidak beretitude.
Viral, Emak-emak Adu Mulut dengan Wanita Muda di Pesawat, Sampai Keluar Kata 'Bacot'
Berita terbaru: Kisah haru pengantin pria yang ditinggal selamanya oleh sang istri yang meninggal dunia saat merayakan pernikahannya, Sabtu (14/5/2022).
Viral, Pengantin Wanita Meninggal di Hari Pernikahan, Diduga Kelelahan
Mesjid terapung
Viral, Masuk Masjid Terapung di Painan Sumbar Bayar Rp5.000