4 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dan Ampuh

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 Cara dengan bahan alami ini bisa digunakan mengobati sakit gigi secara ampuh.

Ilustrasi. [Canva]

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 Cara dengan bahan alami ini bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi secara ampuh.

Cekricek.id - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi ini sungguh sangat menyiksa penderitanya. Di mana orang yang sakit gigi sangat sulit untuk berbicara, kehilangan nafsu makan, hingga mengganggu semua aktivitas yang ada.

Sakit gigi merupakan rasa nyeri yang muncul pada sekitar gigi dan rahang. Tidak hanya itu, sakit gigi bisa juga menyebabkan sakit di bagian kepala, nyeri pada gusi, hingga sakit di bagian pipi.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang sakit gigi. Di antaranya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, kurang menjaga kebersihan gigi dengan baik, akumulasi sisa-sisa makanan di antara gigi, pembengkakan gusi, hingga infeksi pada akar gigi atau gusi.

4 Cara atau Bahan Alami untuk Mengobati Sakit Gigi

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gigi yang sakit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi.

1. Es Batu

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: 4 Cara dengan bahan alami ini bisa digunakan mengobati sakit gigi secara ampuh.

Cara pertama untuk menghilangkan rasa sakit di gigi adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Es batu berguna untuk meredakan rasa tidak nyaman dan perasaan sakit dengan mematikan saraf pada gigi.

Jika menggunakan es batu jangan langsung mengoleskannya ke daerah gigi yang sakit karena dapat membuat gangguan bertambah parah. Ada baiknya kamu membungkus es batu dengan kain tipis terlebih dahulu sebelum menempelkan langsung pada daerah gigi yang sakit.

2. Bawang Putih

Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat untuk meredakan sakit gigi. Dalam bawang putih terdapat senyawa allicin dengan sifat anti bakteri yang dapat membantu membunuh bakteri yang ada dimulut penyebab gigi kamu menjadi sakit.

Caranya dengan menghaluskan sepotong bawang putih dan tambahkan garam. Setelah itu, letakkan di area gigi yang sakit.

3. Bawang Merah

Dalam bawang merah terdapat senyawa anti mikroba dan anti septik yang dapat membantu mengendalikan rasa nyeri. Jadi, bawang merah bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan jika menggunakan bawang merah untuk meredakan sakit gigi.

Pertama, dengan mengunyah bawang merah secara langsung untuk meredakan rasa sakit pada gigi. Usahakan air dari bawang merah masuk ke dalam gigi yang sakit. Kedua, dengan menghaluskan bawang merah dan menempelkannya di bagian yang sakit.

4. Jahe

Jahe menjadi bahan alami untuk meredakan sakit gigi. Jahe mengandung anti biotik yang dapat membunuh kuman dalam mulut, termasuk di bagian gigi.

Caranya dengan menumpuk satu siung jahe, kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Kamu juga bisa meminum wedang jahe tanpa tambahan gula untuk kumur-kumur agar merendamkan rasa sakit pada gigi.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 4 Makanan Penghilang Sakit Gigi

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Kesehatan mata
Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata
Nafsu makan
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat
Ibu menyusui
Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar
Menghilangkan cegukan
Sangat Menganggu Saat Puasa, Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Air
Mengatasi kolesterol tinggi
Tujuh Buah Ini Cocok Atasi Kolesterol Tinggi dalam Darah