5 Makanan dan Minuman Pemicu Timbulnya Jerawat

Cekricek.id – Jerawat dianggap menjadi permasalahan yang cukup mengganggu terutama di wajah. Meskipun pada umumnya jerawat ini merupakan kondisi yang sangat umum terjadi pada siapa saja.

Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat. Di antaranya adalah bakteri penyebab jerawat, hormon, pori-pori tersumbat, produksi sebum dan keratin, hingga peradangan. Selain itu, jerawat juga dapat muncul akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut makanan dan minuman penyebab munculnya jerawat yang sering kamu konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Minuman soda

Lampiran Gambar

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman soda dapat memicu terjadinya peradangan kulit. Menurut para ahli jerawat Amerika, kandungan gula yang tinggi berkaitan dengan indeks glikemik dan jerawat.

Selain itu, minuman bersoda menjadi penyebab turunnya pH kulit. Hal ini juga memicu wajah kamu menjadi jerawatan.

Baca juga: Ternyata Posisi Jerawat Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan Tubuh

Pizza

Pizza

Makanan pizza ini memang memiliki rasa yang enak, namun berdampak buruk bagi kulit. Menurut seorang pakar kecantikan di Eve Salon, Ellen Bischoff, pizza dapat mempengaruhi kualitas kulit akibat dari bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Bahan seperti susu dan rempah dalam pizza dapat merangsang kelenjar sebasea yang membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini tentunya akan memicu timbulnya jerawat.

Roti tawar

Lampiran Gambar

Roti tawar menjadi menu sarapan dipagi hari. Biasanya roti tawar dikonsumsi untuk mengganjal perut. Namun, sayangnya roti tawar ini memiliki kandungan gluten yang tinggi sehingga menimbulkan jerawat.

Ada baiknya mengganti roti tawar dengan roti gandum karena lebih membantu menyehatkan kulit. Para peneliti menemukan bahwa makanan dengan indeks glikemik rendaph dapat mengurangi beberapa jenis jerawat.

Daging merah

Daging merah

Mengonsumsi daging merah menyebabkan produksi sebum berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan produksi minyak yang menyebabkan kulit menjadi berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat. Selain itu, daging merah memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga perlu dihindari agar terhindar dari wajah yang berjerawat.

Minuman berenergi

Soda dan minuman manis

Minuman berenergi mengandung gula yang tinggi serta vitamin B yang dapat mengiritasi kulit. Minuman berenergi ini menjadi salah satu minuman yang dapat membuat wajah menjadi berjerawat. Untuk itu, gantilah minuman berenergi dengan minuman air putih karena lebih menyehatkan dari minuman energi ini. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Tag:

Baca Juga

Cekricek.id - Maudy Ayunda memberikan tips bagi siapa saja yang merasa kesulitan memulai suatu kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Dia membeberkan hal tersebut dengan cukup simpel sehingga mudah untuk dipahami.
Susah Memulai Kebiasaan yang Baik? Ini 4 Langkah Mudahnya dari Maudy Ayunda
Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Manusia Tidur untuk Apa Sih? Ternyata Ini Alasan Penting di Baliknya
Cekricek.id - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tak lama lagi akan melenggang ke pelaminan. Anak dan calon menantu presiden Joko Widodo itu bahkan telah memamerkan pas foto berlatar biru di media sosial.
Intip Potret Erina Gudono, Calon Istri Kaesang Pangarep yang Tampil Cantik dengan Baju Pengantin Gorontalo
Cekricek.id - Masalah kulit kering ternyata dapat diakibatkan oleh kebiasaan makan dan minum yang buruk. Untuk merawat kulit agar terjaga kelembabannya diperlukan usah ekstra dalam mengatasi kebiasaan makan dan minim yang tidak sehat itu.
Hati-hati, Kebiasaan Makan dan Minum Berikut Ini Bisa Bikin Kulit Kering dan Tak Sehat
Cekricek.id - Film horor terbaru, "Keramat 2: Caruban Larang" kini sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Dikemas dengan gaya mokumenter, film ini sukses mengambil hati banyak penontonnya.
Di Balik Film "Keramat 2: Caruban Larang", Sutradara Monty Tiwa Ucapkan Ini Sebelum Adegan Peti Mati
Cekricek.id - Nama Sisca Kohl dikenal sebagai seorang selebgram dan seleb Tiktok popular, anak sultan ini ternyata hobi menyetrika baju
Sesultan Sisca Kohl, Ternyata Punya Hobi Nyetrika Baju