Gak Semuanya Kaharingan, Ini 8 Kelompok Suku Dayak Beragama Islam

Cekricek.id, Objek Wisata - Gak Semuanya Kaharingan, Ini 8 Kelompok Suku Dayak Beragama Islam

Suku Dayak [Instagram]

Cekricek.id, Objek Wisata - Selama ini masyarakat Suku Dayak dikenal umumnya memiliki kepercayaan Kaharingan. Tapi ternyata ada sejumlah kelompok Suku Dayak yang juga menganut agama Islam. Sebagaimana mengutip dalam tayangan di channel YouTube channel Cah Solo pada Jumat (3/3/2023).

Suku Dayak merupakan salah satu suku yang mendiami pulau Borneo alias Kalimantan yang umum juga dihuni oleh sejumlah masyarakat Banjar serta Melayu. Dari segi kepercayaan atau agama yang dianut umumnya masyarakat Dayak beragama kaharingan.

Suku Dayak Beragama Islam

Hal tersebut ternyata ada sekelompok masyarakat suku Dayak yang beragama Islam. Walau juga banyak dari masyarakat yang tetap beragama Kristen atau kepercayaan leluhurnya. Maka untuk itu berikut beberapa penjelasan lengkapnya.

Suku Dayak Paser

Cekricek.id, Objek Wisata -  Gak Semuanya Kaharingan, Ini 8 Kelompok Suku Dayak Beragama Islam

Suku Dayak pertama yang memilih untuk beragama Islam adalah kelompok suku Dayak Paser. Mendiami bagian tenggara pulau Kalimantan utamanya di kota Balikpapan hingga wilayah Paser dan Kutai Barat dan Kartanegara.

Hal ini karena zaman dulunya wilayah Dayak Paser memiliki daerah kesultanan atau kerajaan sadurangas yang berdiri awal abad ke-16.

Dayak Bakumpai 

Cekricek.id, Objek Wisata -  Gak Semuanya Kaharingan, Ini 8 Kelompok Suku Dayak Beragama Islam

Berikutnya sebagai golongan Suku Dayak yang beragama Islam adalah Dayak Bakumpai yang taat dalam menganut agama Islam. Mendiami kawasan tepian daerah aliran sungai Barito serta di daerah Kalimantan tengah.

Populasinya sendiri mencapai 7,5% dari total penduduk di provinsi Kalimantan Tengah. Secara budaya dan hukum adat termasuk dalam Dayak Banjar tetapi memiliki perbedaan dari segi bahasa dan keturunan.

Dayak Berangas

Berikutnya yaitu masih dalam sub etnis Dayak Ngaju bernama Dayak Barangas juga mayoritas beragama Islam termasuk taat. Serta mendiami wilayah hilir sungai Barito umumnya di daerah Kalimantan Selatan.

Namun sayangnya kini untuk bahasa dari Dayak Barangas sendiri sudah hampir punah terutama dari segi dialek justru lebih cenderung pada dialek Banjar. 

Dayak Sampit 

Selanjutnya untuk kelompok Suku Dayak yang beragama Islam yaitu Dayak Sampit. Menghuni wilayah tepian daerah aliran sungai di daerah Kotawaringin Timur provinsi Kalimantan tengah.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Dayak Sampit yang juga masih termasuk rumpun Dayak.

Dayak Suku Tidung

Berikutnya ada suku Tidung yang juga mayoritas beragama Islam kini masuk pada bagian wilayah Kalimantan Utara. Serta negara bagian Sabah Malaysia.

Dulunya terdapat sebuah kerajaan Tidung namun hancur karena adanya adu domba Belanda. Ini merupakan salah satu keturunan dari 7 suku besar yang ada di Kalimantan.

Suku Kutai 

Cekricek.id, Objek Wisata -  Gak Semuanya Kaharingan, Ini 8 Kelompok Suku Dayak Beragama Islam

Berikutnya ada suku Kutai yang juga masuk dalam golongan dayak yang beragama Islam. Termasuk dalam rumpun Dayak Otdanum yang mendiami wilayah provinsi Kalimantan Timur. Suku Kutai sendiri merupakan asimilasi antara suku Banjar dan suku Melayu.

Dayak Senganan 

Berikutnya ada suku Dayak senganan yang merupakan sebutan bagi Dayak Iban. Telah masuk Islam yang tersebar di daerah Kapuas, Sintang hingga Sekadau di daerah Kalimantan Barat.

Dayak Melanau 

Terakhir yang merupakan kelompok suku Dayak beragama Islam adalah Dayak Melanau. Merupakan suku asli daerah Serawak yang merupakan penduduk paling awal dari daerah tersebut.

TAGS

Baca Juga

Tips Berwisata di Era Digital: Hal-hal yang Harus Dilakukan
Tips Berwisata di Era Digital: Hal-hal yang Harus Dilakukan
Ini Tips untuk Memilih Tempat Liburan Keluarga
Ini Tips untuk Memilih Tempat Liburan Keluarga
Cekricek.id, Wisata - Keragaman satwa atau hewan yang ada di dunia ini sangat beragam, termasuk sejumlah burung paling cantik di dunia
Menarik Banget, Ini 5 Burung Paling Cantik yang Ada di Dunia
Cekricek.id - Negeri Sakura, Jepang menyimpan sejumlah pesona keindahan menarik termasuk wilayah Hokkaido. Simak rekomendasinya
Rekomendasi Tempat Wisata di Hokkaido Jepang, Yang Satu Ini Wajib Kamu Kunjungi
Potret Surga Tersembunyi di Fatumnasi Nusa Tenggara Timur
Potret Surga Tersembunyi di Fatumnasi Nusa Tenggara Timur
Pola Konsumsi Serupa Puasa Bantu Tunda Proses Penuaan
Pola Konsumsi Serupa Puasa Bantu Tunda Proses Penuaan