Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata

Jenis makanan ini baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. [Foto/Ist]

Berita Terbaru: Beberapa jenis makanan berikut ini baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Cekricek.id – Tak dapat dipungkiri, mata adalah organ paling penting dalam hidup manusia. Dengan matalah manusia bisa melihat bagaimana indahnya dunia dan bebas melakukan setiap aktivitas tanpa hambatan apapun.

Coba bayangkan jika mata sudah tidak berfungsi lagi. Tentunya dunia akan terasa begitu gelap dan segala aktivitas yang ingin dilakukan akan terasa sulit lantaran tidak bisa melihat.

Oleh sebab itu kesehatan mata perlu sangat dijaga. Bisa dengan cara menjaga pola aktivitas hidup yang sehat hingga mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan suplemen yang menunjang kesehatan mata.

Terkait makanan, kesehatan mata akan terjaga dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan. Beberapa jenis antioksidan yang diperlukan mata antara lain lutein, zeaxanthin, vitamin A, C, dan E, beta karoten, asam lemak omega 3, dan seng.

Mau tahu apa saja jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata?

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi dikutipdari berbagai sumber.

1. Sayuran Hijau

Lampiran Gambar
Sayuran hijau. [Foto/Ist]

Sayuran hijau dipercaya mengandung lutein dan zeaxanthin, jenis antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Jenis sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi di antaranya brokoli, bayam, kangkung, selada, kacang panjang, dan zucchini.

2. Wortel

Lampiran Gambar
Wortel. [Foto/Ist]

Tentu kamu tidak asing lagi dengan sayur dan buah satu ini. Wortel memang banyak dikonsumsi masyarakat demi menjaga kesehatan mata.

Wortel mengandung beta karoten, yaitu jenis vitamin A yang membantu memelihara kesehatan retina dan fungsi mata lainnya.

Kamu bisa mengolahnya menjadi sayuran ataupun memblendernya menjadi jus yang nikmat diminum.

3. Buah-buahan

Lampiran Gambar
Buah-buahan. [Foto/Ist]

Tidak hanya sayur, buah juga merupakan makanan dengan sumber vitamin dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan mata.

Buah dengan kandungan vitamin A dan C baik dikonsumsi demi kesehatan mata.

Peran vitamin A adalah meningkatkan fungsi retina, kornea, serta menjaga kelembapan mata. Sementara vitamin C berfungsi membentuk dan mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen yang terdapat di kornea mata.

Vitamin A banyak ditemukan pada buah-buahan berwarna oren, seperti labu, mangga, dan pepaya. Sementara vitamin C bisa ditemukan pada buah jeruk, lemon, jeruk nipis, serta stroberi.

4. Ikan

Lampiran Gambar
Ikan. [Foto/Ist]

Ikan juga termasuk dalam makanan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega-3.

Tak selamanya lemak membawa pengaruh buruk pada tubuh. Kenyataannya, asam lemak omega-3 berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mata.

Manfaat dari asam lemak omega-3 di antaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memelihara sel, serta menjaga sistem saraf dalam tubuh. Selain itu, omega-3 juga baik untuk fungsi air mata sehingga kamu akan terhindar dari risiko mata kering.

Jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 meliputi ikan salmon, tuna, makarel, halibut, serta ikan asin.

5. Telur

Lampiran Gambar
Telur. [Foto/Ist]

Kandungan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta seng yang ada dalam kuning telur sangat baik untuk kesehatan mata.

Telur sendiri merupakan jenis makanan yang banyak disukai masyarakat. Kamu bisa menyajikannya dengan cara direbus, digoreng, atau mencampurnya dengan makanan lain.

6. Kacang dan Biji-bijian

Lampiran Gambar
Kacang dan biji-bijian. [Foto/Ist]

Tak banyak yang tahu, kacang dan biji-bijian mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E yang tinggi. Jenis antioksidan ini  bermanfaat untuk kesehatan mata.

Vitamin E mampu melindungi sel-sel mata dari radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan.

Radikal bebas dapat menyebabkan gangguan pada jaringan mata yang sehat hingga berisiko terjadinya degenerasi macula yang meningkat.

Baca Juga: Gak Pede karena Kantung Mata? Ini Cara Mudah Menghilangkannya

Selain itu, vitamin E juga dapat memperlambat pembentukan katarak. Jenis kacang dan biji-bijian yang dapat kamu konsumsi di antaranya kacang almond, hazelnut, kedelai, kacang tanah, biji bunga matahari, serta sereal.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

WHO mengidentifikasi cacar monyet telah menyebar ke lebih dari 50 negara di dunia. Namun kondisi ini belum ditetapkan sebagai pandemi.
Cacar Monyet Telah Menyebar ke-50 Negara, Akan Menjadi Pandemi Baru?
Gula pasir
Apakah Gula Pasir Bikin Kecanduan? Ini Kata Ustaz Zaidul Akbar
Nafsu makan
Gak Mau Makan? Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat
Ibu menyusui
Ibu Menyusui Gak Boleh Makan Pedas? Ini Faktanya
Minum di waktu makan
Ternyata Minum di Waktu Makan Tidak Baik Untuk Kesehatan, Ini Penjelasan Ustaz Zaidul Akbar
Menghilangkan cegukan
Sangat Menganggu Saat Puasa, Berikut Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Air