Langsung Mandi Setelah Berolahraga Dapat Menyebabkan Serangan Jantung, Benarkah?

Berita terbaru hari ini: Bahaya mandi setelah olahraga

Ilustrasi: Mandi. [Canva]

Berita terbaru hari ini: Bila mandi setelah berolahraga dapat menyebabkan serangan jantung, apakah hal itu benar?

Cekricek.id – Saat selesai melakukan olahraga, keringat bercucuran membasahi tubuh dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Tak ayal, banyak orang yang memilih untuk langsung membersihkan dirinya setelah berolahraga dengan cara mandi.

Mandi setelah olahraga boleh-boleh saja dan hal itu memang dianjurkan untuk menghindari perkembangan jamur dan bakteri di kulit akibat keringat.

Namun, kamu perlu memberikan jeda waktu antara olahraga dan mandi. Jangan sampai setelah olahraga kamu langsung mandi karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Saat seseorang melakukan olahraga, jantung lebih banyak memompa darah yang kaya oksigen ke otot. Hal ini tentunya membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat.

Ketika suhu tubuh kamu yang masih panas dan langsung disiram dengan air dingin, maka kamu akan mengalami serangan jantung. Akibat, dari serangan air dingin yang membuat pembuluh darah melebar.

Tidak hanya itu, langsung mandi setelah olahraga akan membuat fungsi kelenjar keringat terganggu yang pada akhirnya membuat kinerjanya menjadi menurun.

Hal ini karena saat berolahraga pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan keringat sampai suhu tubuh kembali normal.

Ada baiknya kamu tidak langsung mandi setelah olahraga. Beri jeda sekitar 20 – 30 menit setelah olahraga untuk bisa mandi. Biarkan keringat kamu kering terlebih dahulu dan suhu tubuh kembali normal.

Selama menunggu kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk mengembalikan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi.

Kamu bisa membersihkan diri dengan menggunakan air hangat ataupun air dingin untuk mandi. Hal ini bertujuan untuk mencegah nyeri otot setelah olahraga.

Gunakan juga sabun antibakteri saat mandi untuk mencegah iritasi kulit dan tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan bau badan.

Baca juga: 5 Pekerjaan Nyeleneh dengan Gaji yang Tinggi, Ada yang Minat?

Usahakan untuk membersihkan tubuh kamu dengan sempurna. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki agar tubuh terbebas dari kuman yang menempel.

Mandi setelah berolahraga dengan memberikan jeda waktu di antaranya dapat membuat tubuh kembali menjadi segar dan bisa menjalankan aktivitas selanjutnya dengan semangat. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

WHO mengidentifikasi cacar monyet telah menyebar ke lebih dari 50 negara di dunia. Namun kondisi ini belum ditetapkan sebagai pandemi.
Cacar Monyet Telah Menyebar ke-50 Negara, Akan Menjadi Pandemi Baru?
Anda perlu mengetahui tanda-tanda WhatsApp yang anda miliki dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, anda perlu mengenali ciri-ciri berikut ini.
Kenali, Ini Tanda-tanda WhatsApp Anda Dibajak
Gula pasir
Apakah Gula Pasir Bikin Kecanduan? Ini Kata Ustaz Zaidul Akbar
Farah Quinn membagikan 10 tips menjadi wanita yang elegan dan disegani banyak orang. Tidak hanya ketika di luar rumah, di rumah pun wanita harus tampil elegan.
Ini 10 Tips Menjadi Wanita Elegan Menurut Farah Quinn
Tips terbaru: Jika kamu membeli mobil bekas, maka kamu perlu memperhatikan 4 Dampak yang Diperhatikan Mobil Bekas dengan Kilometer Tinggi
Kenali Dampak Mobil Kilometer Tinggi Sebelum Beli Mobil Bekas
Berikut 4 Cara Tepat Merawat Mobil dengan langkah paling tepat yang dilakukan pemilik kendaraan untuk mobil kesayangan
Cara Tepat Merawat Mobil Agar Selalu Prima Saat Digunakan