Tarif Murah, Bus Trans Metro Pekanbaru Jadi Primadona

Berita Riau Hari Ini: Tarif Murah, Bus Trans Metro Pekanbaru Jadi Primadona

Bus Trans Metro Pekanbaru. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Bus Trans Metro Pekabaru (TMP) terus mempertahankan daya tariknya sebagai pilihan transportasi utama di Kota Pekanbaru. Meskipun telah berlalu belasan tahun, tarif yang tetap stabil pada angka Rp4.000 menjadi keunggulan utama bus ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso, mengungkapkan hasil survei masyarakat transportasi Indonesia menunjukkan bahwa biaya transportasi dapat menjadi beban berat bagi rumah tangga. Oleh karena itu, pemerintah perlu turut campur tangan dengan memberikan subsidi ongkos transportasi kepada masyarakat.

Menurut Yuliarso, keunggulan utama bus TMP adalah tarif yang terjangkau, yaitu Rp4.000, sementara tarif normalnya berada di atas Rp8.000. Ia menjelaskan bahwa kenaikan tarif TMP bisa mengakibatkan penurunan minat masyarakat untuk menggunakan layanan ini.

"Keunggulan bus TMP terletak pada tarif yang terjangkau, yakni Rp4.000. Kenaikan tarif TMP dapat mengurangi minat masyarakat," ungkap Yuliarso.

Dalam upaya mendukung masyarakat, subsidi tarif diimplementasikan sebagai bentuk intervensi pemerintah. Subsidi ini juga berfungsi sebagai daya tarik agar masyarakat lebih memilih menggunakan bus TMP sebagai sarana transportasi sehari-hari.

"Bus TMP tidak hanya unggul dalam keterjangkauan tarif, tapi juga menawarkan kenyamanan dan keamanan. Fasilitas yang dimiliki bus TMP termasuk pendingin ruangan," tambah Yuliarso.

Sebelumnya, Dishub Pekanbaru meraih peringkat dua terbaik di Indonesia dalam kategori Penyelenggaraan Angkutan Umum Perkotaan. Penghargaan ini diterima dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai apresiasi terhadap konsistensi dalam mensubsidi operasional bus Trans Metro Pekanbaru.

"Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Perhubungan Darat (Dirhubda) Hendro Sugiatno sebagai pengakuan terhadap konsistensi Dishub dalam memberikan subsidi pada angkutan umum bus TMP," ujar Yuliarso.

Baca juga: Perluas Jangkauan, Pemko Pekanbaru Gelar Pasar Murah Tiga Kali Sepekan

Penghargaan ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kota Pekanbaru yang konsisten dalam mengalokasikan subsidi untuk angkutan umum perkotaan, mencerminkan komitmen terhadap program pemerintah pusat.

"Kami terus memberikan subsidi untuk moda transportasi masyarakat sejak 2008, ketika bus TMP mulai beroperasi di Pekanbaru," tambah Yuliarso.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Alih Kepemilikan 36 Jalan Ibu Kota Pekanbaru ke Provinsi Riau Diupayakan Rampung Maret 2024
Alih Kepemilikan 36 Jalan Ibu Kota Pekanbaru ke Provinsi Riau Diupayakan Rampung Maret 2024
Berita Riau Hari Ini: Harga Sembako di Pekanbaru Melonjak, Pemko Siapkan Subsidi Transportasi
Harga Sembako di Pekanbaru Melonjak, Pemko Siapkan Subsidi Transportasi
Berita Riau Hari Ini: Harga Cabai di Riau Naik, Polda Riau Ancam Tindak Penimbun
Harga Cabai di Riau Naik, Polda Riau Ancam Tindak Penimbun
Berita Riau Hari Ini: Pemko Pekanbaru Akan Susun PAD yang Realistis untuk APBD 2025
Pemko Pekanbaru Akan Susun PAD yang Realistis untuk APBD 2025
Berita Riau Hari Ini: Polandia Tawarkan Kerja Sama Infrastruktur ke Pekanbaru
Polandia Tawarkan Kerja Sama Infrastruktur ke Pekanbaru
Berita Riau Hari Ini: 1.756 Siswa MTs di Kota Pekanbaru Ikuti Asesmen Bakat Minat
1.756 Siswa MTs di Kota Pekanbaru Ikuti Asesmen Bakat Minat