Video Harimau Mati Tertabrak di Tol Permai Ternyata Hoaks, Ini Faktanya

Berita Riau Hari Ini: Video Harimau Mati Tertabrak di Tol Permai Ternyata Hoaks, Ini Faktanya

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Pekanbaru, Cekricek.id - Beredar video dan foto seekor harimau mati tergeletak di jalan tol dengan kepala berdarah. Dalam video yang beredar luas di media sosial, lokasi kejadian tampak seperti di jalan tol, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa insiden ini terjadi di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai (Permai).

Menanggapi hal ini, Branch Manager Tol Permai, Jarot Seno Wibawa, pada Jumat (17/5/2024) memberikan klarifikasi. Jarot menegaskan bahwa insiden tersebut tidak terjadi di Tol Permai maupun di tol Pekanbaru - Bangkinang.

"Itu bukan di Tol Permai atau pun tol Pekanbaru - Bangkinang. Kami pastikan tidak benar," ujar Jarot.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pengecekan titik koordinat dan menelusuri berbagai pemberitaan terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa video berdurasi 28 detik tersebut sebenarnya terjadi di Malaysia.

"Kami sudah mengecek semuanya. Petugas di lapangan juga telah melaporkan bahwa tidak ada kejadian seperti yang disebutkan dalam video tersebut," jelas Jarot.

Hasil penelusuran oleh tim HK menemukan bahwa berita terkait harimau mati tersebut pertama kali dilaporkan oleh media Malaysia, Sinar Harian, tujuh hari sebelumnya. Dilaporkan bahwa seekor harimau belang jantan seberat 130 kilogram mati akibat ditabrak kendaraan di Lebuhraya Pantai Timur (LPT) di Kilometer 50.8 arah Kuala Lumpur pada Kamis.

Pengarah Jabatan Perlindungan Hidupan Liar dan Taman Negara (Perhilitan) Pahang, Rozidan Md Yasin, mengonfirmasi kejadian tersebut. Rozidan menyebutkan bahwa insiden terjadi sekitar pukul 1.23 pagi dan bangkai harimau tersebut telah diambil oleh pihak berwenang pada Kamis pagi.

"Berdasarkan perkiraan awal, hewan itu (dipercaya) berasal dari Hutan Simpanan Bukit Tinggi," ujar Rozidan kepada Sinar Harian.

Baca juga: Pasang 5 Kamera Trap, BBKSDA Riau Awasi Harimau Sumatera Penyerang Manusia

Dengan klarifikasi ini, diharapkan masyarakat tidak lagi menyebarkan informasi yang tidak benar dan lebih bijak dalam memverifikasi berita sebelum membagikannya. Penyebaran informasi yang tidak akurat dapat menimbulkan kebingungan dan keresahan di masyarakat.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Pasang 5 Kamera Trap, BBKSDA Riau Awasi Harimau Sumatera Penyerang Manusia
Pasang 5 Kamera Trap, BBKSDA Riau Awasi Harimau Sumatera Penyerang Manusia
Cekricek.id, Berita Inhu Hari Ini, Berita Riau Hari Ini: Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit di Inhu, Warga Diminta Waspada
Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit di Inhu, Warga Diminta Waspada
Cekricek.id – Harimau sumatera yang dipelihara oleh salah satu kebun binatang di Inggris, Chester Zoo, ini belum lama dikabarkan telah melahirkan dua ekor anak kembar. Bayi kucing besar yang terlihat menggemaskan itu sebenarnya lahir pada bulan Januari lalu tetapi baru sekarang mulai menjelajah dan menemukan dunia luar.
Harimau Sumatera di Kebun Binatang Inggris Lahirkan Dua Anak, Namanya Alif dan Raya
Harimau Sumatera adalah hewan buas yang pernah menguasai sebagian besar pulau Sumatera. Keberadaannya punah seiring arus modernisasi.
Begini Cerita Teror Harimau Sumatera Zaman Kolonial Belanda, Berujung Aksi Pembasmian
Pria dengan Kuku Sepanjang 1 Meter, Bergantung pada Istri untuk Aktivitas Sehari-hari
Pria dengan Kuku Sepanjang 1 Meter, Bergantung pada Istri untuk Aktivitas Sehari-hari
Berita Riau Hari Ini: Laksamana Muhammad Ali Dianugerahi Gelar Adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa
Laksamana Muhammad Ali Dianugerahi Gelar Adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa