10 Teknologi Paling Canggih di Dunia yang Dikembangkan oleh Cina

Teknologi canggih China

Berikut teknologi canggih China yang menakjubkan dunia. [Foto/Ist]

Berita Terbaru: Cina merupakan Negara yang dikenal dengan negeri sejuta inovasi, termasuk dalam hal teknologi

Cekricek.id - Cina merupakan Negara yang dikenal dengan negeri sejuta inovasi, termasuk dalam hal teknologi. Banyak temuan dan inovasi baru yang dikembangkan Cina untuk masa depan.

Berikut beberapa teknologi canggih Cina yang menakjubkan dunia dilansir dari kanal Youtube Fakta Populer.  

1. Jalan Tol Bertenaga Surya

Jalan tol ini akan difungsikan untuk mobil self driving dan kendaraan listrik. Sebagaimana kita tahu, di masa depan mobil-mobil akan memakai listrik sebagai bahan bakarnya.

Tak tanggung-tanggung, jalan canggih ini akan memiliki panjang 161 km yang akan menghubungkan Hangzhou di timur Cina ke pelabuhan dan pusat industri Ningbho di selatan timur.

2. Panel Tenaga Surya Apung

Pada tahun 2015 lalu Cina menghebohkan dunia dengan salah satu teknologinya yang luar biasa. Di Provinsi Anwui Cina telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Apung terbesar di dunia.

Fasilitas pembangkit listrik 40 Mega Watt ini dibangun di atas wilayah penambangan batubara yang banjir. Mereka memanfaatkan kondisi tersebut untuk membuat inovasi baru dan perubahan dalam penggunaan bahan bakar fosil.

3. Shenzhen East Waste To Energy Plant

Cina juga berencana akan membangun pembangkit limbah terbesar di dunia. Hal ini bertujuan untuk mengubah 5000 ton sampah menjadi plastik setiap harinya.

Pabrik ini akan dibangun di pusat industri Shenzen dengan lebar mencapai 1 mil.

4. Transit Elevated Bus

Dalam pameran teknologi tinggi internasional Beijing yang ke-19 pada April 2018, Cina membuat kagum dunia dengan inovasi teknologinya ini.

Transit Elevated Bus ini dirancang untuk mengakomodasikan 1200  penumpang dan akan menyusuri sepanjang jalan raya yang membentang di kota Kim Huang Daw Cina.

Bentuk bus yang memiliki ruang agar mobil lain bisa lewat di bawahnya menjadi solusi mengatasi kemacetan.  

5. Quantum Sais Satellite

Ilmuan Kepala Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, Pan Jianwe mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan eksperimen pertamanya dengan satelit quantum.

Satelit itu berfungsi untuk membangun komunikasi quantum dengan luar angkasa. Teknologi ini disebut akan berguna bagi manusia untuk transmisi datanya.

6. FAST

FAST adalah sebuah teleskop radio yang terletak di Depresi Daodang. Tempat ini merupakan sebuah lembah alami di Provinsi Ghuzou, Tiongkok Selatan. Di dalam lembah ini akan berdiri sebuah teleskop raksasa yang terdiri atas piringan raksasa yang terletak 500 meter atau 1.600 feet.

Teleskop FAST ini merupakan teleskop terbesar di dunia yang mulai dibangun sejak tahun 2011. Observasi pertamanya dilakukan pada 2016 lalu dan kini tengah dilakukan pengembangan. Teleskop ini disebut mampu menyaingi teleskop milik Rusia.

7. Perumahan 3D-Printed

Perumahan 3D-Printed itu dibangun oleh sebuah perusahaan Winsun Decoration Design Engineering. Perusahaan hebat ini telah mampu membuat 10 rumah cetak 3D di sebuah desa dalam satu hari.

Kerennya lagi, pada tahun 2015 lalu, perusahaan Winsun ini berhasil membuat rumah cetak 3D tertinggi di dunia.

8. Komputer Super Cepat

China telah menominasi daftar komputer tercepat dan tercanggih di dunia sejak lama. Lalu pada tahun 2016, China kembali mendapat apresiasi atas komputer super cepatnya yang bernama Sunway Taihulight.

Komputer ini sudah menggunakan prosesor buatan lokal, 100% China punya. Artinya, Negara tersebut sudah bisa membuat komputer super cepat sendiri tanpa bantuan teknologi Amerika.

9. Pesawat Tempur Siluman j-20

Gebrakan inovasi selanjutnya yaitu di bidang penerbangan, khususnya pesawat. Kabarnya mereka tidak mau kalah dari Prancis, Rusia, dan Amerika. Pesawat tempur siluman ini telah melakukan debut pertamanya pada 1 November 2016 lalu.

Di sana diluncurkan pesawat AG 600 yang disebut sebagai pesawat anvi terbesar di dunia. Pesawat ini memiliki panjang 37 meter dengan rentang sayap 38,8 meter.

10. Teknologi Digital 5G

Cina sudah siap-siap untuk menggunakan teknologi 5G yang dikenal dengan kemampuan ultra face mobile proud band. Cina diyakini bakal mendahului Amerika dan Eropa soal teknologi 5G ini dalam pasar global.

Baca Juga: Lawan Stigma di Masyarakat, Marshel Widianto Pernah Pacari Gadis Cina

Keren ya Negara China. Semoga Indonesia juga bisa mengembangkan inovasi teknologi canggih seperti Negara Tirai Bambu tersebut.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Tag:

Baca Juga

Berita artis: Rizky Febian dan Mahalini pasalnya sudah melakukan foto prawedding di Bali yang lengkap dengan pakaian adatnya, Kamis (12/5/2022).
Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Sudah Foto Prawedding, Siap Menikah Tahun Ini?
Berita artis: Rebecca Klopper unggah sebuah foto kebersamaan keluarga sinetron mermaid, netizen salfok ada Fadly Faisal.
Rebecca Klopper Silaturahmi Keluarga Mermaid, Netizen Salfok Ada Fadly Faisal
Berita artis: Unggah sebuah foto liburan bareng istri, Rey Mbayang dan Dinda Hauw dijuluki sebagai couple yang suka bikin baper.
Posting Foto Liburan, Rey Mbayang Dijuluki Couple Suka Bikin Baper
Berita artis: Jauh sebelum video Tri Suaka dan Zidan yang Lecehkan Andika Kangen Band, Charly ST 12 sudah ingatkan soal etika dan angkuh.
Peringatan Charly Eks ST12 Kepada Tri Suaka: Gak Ada Etika, Hancur Lo!
Berita artis: Kuasa hukum Andika Kangen Band sampaikan somasi terbuka pada Tri Suaka dan Zidan usai lecehkan lagu Andika yang hebohkan warganet.
Dianggap Menghina, Tri Suaka dan Zidan Disomasi Andika Kangen Band, Bakal Berakhir di Jeruji Besi?
Berita terbaru: Menjadi mualaf merupakan hal yang baik bagi umat Islam, namun apakah boleh jika mualaf dengan tujuan hanya ingin bisa menikah?
Apakah Boleh Mualaf karena Ingin Menikahi Orang Islam?