2023 Diprediksi sebagai Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah

Cekricek.id - 2023 Diprediksi sebagai Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Sebelum tahun ini berakhir, para pakar iklim telah memprediksi bahwa tahun 2023 akan mencatatkan diri sebagai tahun terpanas dalam sejarah yang tercatat. Penelitian terkini menunjukkan bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia merupakan faktor dominan di balik fenomena ini.

Menurut laporan terbaru dari Copernicus Climate Change Service (C3S) yang merupakan bagian dari program luar angkasa Uni Eropa, musim gugur boreal tahun ini, yang berlangsung dari September hingga November di Belahan Bumi Utara, tercatat sebagai yang terpanas sejak pencatatan dimulai pada tahun 1940. Suhu rata-rata mencapai 0.6 derajat Fahrenheit (0.32 derajat Celsius) lebih tinggi daripada sebelumnya.

Tahun 2023 telah menghadirkan musim panas terpanas dalam catatan, sebagian disebabkan oleh gelombang panas yang memecahkan rekor dengan tiga hari terpanas yang pernah tercatat secara global. Selama tahun ini, enam bulan terpisah juga mencatatkan rekor suhu global, berdasarkan data dari C3S. Selain itu, es laut di Antartika mencapai tingkat terendah sejak pencatatan dimulai.

Rata-rata suhu global tahun ini meningkat 2.6 F (1.46 C) lebih tinggi dari era pra-industri dan 0.2 F (0.13 C) lebih tinggi dari periode Januari hingga November pada tahun 2016, yang saat ini merupakan tahun terpanas dalam catatan, menurut C3S.

Samantha Burgess, wakil direktur C3S, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa suhu "luar biasa" ini menandakan bahwa tahun 2023 akan menjadi "tahun terpanas dalam sejarah yang tercatat."

Para peneliti juga mencatat bahwa musim gugur boreal yang tidak biasa hangat ini sebagian disebabkan oleh peristiwa El Niño terbaru — sebuah fenomena di mana air yang lebih hangat dekat khatulistiwa memicu peningkatan suhu udara global — yang resmi dimulai pada bulan Juni. El Niño diperkirakan akan berlanjut hingga tahun depan, yang berarti tahun 2024 kemungkinan akan sama panasnya dengan 2023.

Selama tiga tahun terakhir, suhu global dipertahankan oleh peristiwa La Niña triple-dip, yang memiliki efek berlawanan dengan El Niño. Namun, tanpa La Niña, suhu permukaan laut telah meningkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Beberapa ahli lainnya menyebutkan bahwa letusan gunung berapi bawah laut Tonga pada Januari 2022, yang memompa tingkat uap air rekor ke atmosfer, mungkin sebagian bertanggung jawab atas panas rekor tahun ini dengan menahan lebih banyak panas di atmosfer. Namun, klaim ini telah sebagian besar dibantah oleh para peneliti.

Meskipun ada beberapa faktor ini, penyebab utama peningkatan suhu adalah pemanasan global akibat emisi gas rumah kaca yang tidak terkendali, yang telah menahan lebih dari 25 miliar energi bom atom dalam atmosfer kita selama 50 tahun terakhir, tulis para peneliti. Energi berlebih ini tidak hanya menyebabkan suhu udara melonjak, tetapi juga membuat peristiwa ekstrem seperti El Niño menjadi lebih tak terduga dan berpotensi merusak.

Dan masalah ini semakin memburuk. Pada 4 Desember, para ilmuwan di Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP28) mengumumkan bahwa emisi karbon global mencapai tingkat tertinggi baru tahun ini.

Carlo Buontempo, direktur C3S, mengatakan dalam pernyataan bahwa "Selama konsentrasi gas rumah kaca terus meningkat, kita tidak bisa mengharapkan hasil yang berbeda dari yang terlihat tahun ini."

Efek pemanasan global semakin jelas. Pada tahun 2023, penelitian mengungkapkan bahwa perubahan iklim menyebabkan kota-kota besar di AS tenggelam dan lebih dari setengah danau dan waduk terbesar di dunia menyusut. Studi juga memprediksi bahwa Arus Teluk, yang memainkan peran vital dalam sirkulasi laut, bisa runtuh paling cepat pada tahun 2025, dan bahwa kenaikan permukaan laut bisa merendam garis pantai AS pada tahun 2050.

Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa kita masih memiliki waktu untuk mencegah bencana lebih lanjut.

Baca juga: Bumi Menghadapi Ancaman Kritis Perubahan Iklim Global

Michael Mann, pakar perubahan iklim terkemuka dan direktur Pusat Ilmu Pengetahuan, Keberlanjutan, dan Media di Universitas Pennsylvania, baru-baru ini menulis dalam sebuah opini untuk Live Science bahwa "kita masih bisa menghentikan efek terburuk dari perubahan iklim" jika kita berhenti mengeluarkan gas rumah kaca sesegera mungkin.

Masih ada waktu untuk mempertahankan apa yang kita miliki sekarang, tulis Mann. "Tetapi jendela peluang semakin sempit."

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau, 18 Februari 2024: Waspadai Guyuran Hujan Lebat
Prakiraan Cuaca Riau, 18 Februari 2024: Waspadai Guyuran Hujan Lebat
Cekricek.id - Krisis Iklim Mengkhawatirkan, Peleburan Glasier Greenland Meningkat Tajam
Krisis Iklim Mengkhawatirkan, Peleburan Glasier Greenland Meningkat Tajam
Cekricek.id - Perubahan Iklim Bikin Bumi Menghadapi Kondisi Atmosfer Mirip 14 Juta Tahun Silam
Perubahan Iklim Bikin Bumi Menghadapi Kondisi Atmosfer Mirip 14 Juta Tahun Silam
Cekricek.id - Masa Depan Bumi Terancam, Krisis Iklim Berpotensi Berlangsung 50 Ribu Tahun
Masa Depan Bumi Terancam, Krisis Iklim Berpotensi Berlangsung 50 Ribu Tahun
Cekricek.id - Bumi Menghadapi Ancaman Kritis Perubahan Iklim Global
Bumi Menghadapi Ancaman Kritis Perubahan Iklim Global
Cekricek.id - Menguak Sejarah Iklim Tersembunyi California: Analisis Cincin Pohon 600 Tahun Ungkap Kekeringan dan Banjir Masa Lalu
Menguak Sejarah Iklim Tersembunyi California: Analisis Cincin Pohon 600 Tahun Ungkap Kekeringan dan Banjir Masa Lalu