Berbahaya! Jangan Sesekali Bagikan 5 Hal Ini di Media Sosial Kamu

Berita terbaru hari ini: Hal yang dilarang dibagikan diMedia Sosial

Ilustrais [Canva]

Berita terbaru hari ini: Jangan pernah membagikan 5 hal ini di media sosial, karena bisa membahayakan diri.

Cekricek.id – Dalam menggunakan media sosial, ada beberapa hal yang tidak perlu kamu umbar. Pasalnya, informasi atau sesuatu yang kamu umbar ke media sosial itu terkadang menimbulkan malapeteka untuk diri kamu sendiri.

Salah satunya adalah mengubar urusan pribadi ke akun media sosialnya. Banyak orang yang secara enteng dan remeh ketika mengubar ha tersebut dan tidak takut akan dampak yang terjadi setelah itu.

Padahal hal tersebut rentan terjadinya tindakan kriminal yang dilakukan oleh pelaku kejahatan siber atau bisa juga dilakukan oleh orang yang tidak menyukai kamu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 hal yang tidak boleh dibagikan di media sosial.

Informasi kehidupan pribadi

Tidak semua hal yang ada dalam kehidupan kamu perlu diumbar di media sosial. Hal itu tidak mendatangkan manfaat yang baik untuk kamu. Tetapi malah mendatangkan malapetaka untuk kehidupan kamu sendiri.

Kehidupan asmara, keluarga, hubungan antara teman, atau juga permasalahan di tempat kerja tidak perlu kamu bagikan di media sosial. Data-data pribadi tersebut akan memudahkan para pelaku tindak kejahatan siber dengan mudah merencanakan aksinya.

Tidak hanya itu, jika kamu mengumbar rasa tidak suka atau terkait dengan orang lain, akan memicu konflik pertengkaran antara kamu dengan orang tersebut. Bahkan, sesuatu yang tidak kamu inginkan juga dapat terjadi akibat hal ini.

Foto barang mewah

Kebiasaan ini harus kamu hindari dalam kehidupanmu. Tidak perlu memamerkan setiap barang mewah dan mahal yang kamu punya ke media sosial. Bukan memberikan keuntungan, namun sebaliknya akan memberikan kerugian kepada dirimu sendiri.

Saat kamu mengunggah barang mewah ke media sosial akan membuat orang lain merasa sengsara. Mereka akan berpikir bahwa kehidupannya tidak seberuntung dengan kamu. Hingga orang tersebut merasa iri dan berujung kesal kepada kamu.

Selain itu, foto barang mewah di media sosial akan berdampak buruk pada keselamatan kamu sendiri. Bisa jadi ada orang yang berniat mencuri atau memanfaatkan kamu saat melihat postingan barang mewah tersebut. Kamu akan menjadi target seseorang melakukan pencurian hingga penipuan.

Lokasi saat ini

Memposting foto di media sosial dengan menyertakan lokasi kamu saat ini juga harus kamu hindari. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh penjahat profesional dalam melakukan aksi kriminalnya. Apalagi kamu menggunakan geotagging yang bisa membuat orang yang ingin berbuat jahat kepada kamu melacak keberadaan kamu dengan mudah.

Nomor telepon

Perihal nomor telepon yang tersebar di media sosial juga jangan dianggap remeh. Bagi pelaku kejahatan siber, nomor telepon ini merupakan salah satu data paling berharga yang bisa didapatkan.

Penjahat di dunia maya mengumpulkan nomor telepon pengguna jejaring sosial dan menggunakan informasi yang dicurinya untuk mendaftarkan ulang ke layanan perbankan online. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan akses ke akun korban.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Smartfren Jika Lupa

Alamat rumah

Jangan sesekali kamu mempublikasikan alamat rumah dan juga alamat sekolah kamu di jejaring sosial media. Hal ini dikarenakan dapat mempermudah para perampok, pedofil, pengganggu, dan profil jahat lainnya menemukan kamu dengan mudah. [*/rik]

---

Baca berita terbaru hari ini hanya di Cekricek.id

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Seorang pria dibuat terkejut setelah menemukan catatan tersembunyi berusia 40 tahun di dinding bangunan tua di Wiltshire, Inggris.
Pria di Inggris Ini Temukan Catatan Tersembunyi Berusia 40 Tahun di Dinding Bangunan Tua
Seorang wanita menangis usai membukak paket kiriman yang dipesannya di aplikasi Tiktok secara online, Selasa (29/6/2022).
Viral, Wanita Tertipu Belanja Ponsel di Tiktok Diisi Pakai Papan Balok
Seorang perawat bernama Megan Rox yang bekerja di salah satu rumah sakit di Birmingham Inggris banting stir menjadi model majalah dewasa.
Perawat Cantik Ini Beralih Profesi Menjadi Model "Panas"
Atlet Ini Kehilangan Rahang Setelah Minum 1400 Lebih Botol Air Radioaktif
Atlet Ini Kehilangan Rahang Setelah Minum 1400 Lebih Botol Air Radioaktif
Bayi tewas karena narkoba
Polisi Tangkap DJ Perempuan Berinisial J, Pernah Jadi Model
Warganet suarakan boikot Serial The Umbrella Academy 3 karena dianggap melecehkan agama Islam dengan menuliskan Lafadz Allah di lantai.
Viral Lafadz Allah Ditulis di Lantai yang Tayang Dalam Film The Umbrella Academy 3 di Netflix