Ini Dia 7 Tips Tamat Kuliah Langsung Dapat Kerja

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Berikut tips yang dapat kamu dilakukan agar setelah tamat kuliah dapat pekerjaan.

Ilustrasi. [Foto: Ist]

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Berikut ini tips yang dapat kamu lakukan agar setelah tamat kuliah segera dapat pekerjaan.

Cekricek.id - Mendapatkan pekerjaan biasanya jadi opsi utama yang diinginkan mereka yang tamat kuliah. Hal itu lantaran memang karena itulah tujuan seseorang sejak awal kuliah. Namun, dalam kehidupan ini tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar. Ada yang bahkan sudah tamat kuliah bertahun-tahun, namun tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Hal itu disebabkan berbagai banyak hal. Ada yang tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya, ada yang masukin lowongan pekerjaan, tapi tak kunjung ada panggilan, dan sebagainya. Tak sedikit kita temui mereka yang sudah kuliah tinggi-tinggi dengan jurusan bergengsi, namun tetap saja belum mendapatkan pekerjaan.

Tak sedikit juga kita temui para sarjana yang menganggur hingga bertahun-tahun lantaran belum dapat pekerjaan. Bahkan yang sudah tamat S2 pun juga ada yang masih menganggur.

Tips Cepat Mendapat Pekerjaan

Tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh banyak orang. Lantas, bagaimana caranya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar langsung dapat kerja setelah tamat kuliah, dilansir dari berbagai sumber.

1. Lakukan Update CV

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Berikut tips yang dapat kamu dilakukan agar setelah tamat kuliah dapat pekerjaan.
Ilustrasi. [Canva]

Tips cepat dapat pekerjaan yang pertama adalah segera membuah curriculum vitae atau CV. CV merupakan hal pertama yang akan dilihat perusahaan tentang bagaimana sebenarnya diri Kamu. CV menggambarkan sosok Kamu dan skill yang kamu miliki untuk terjun ke dunia pekerjaan. Tentunya hal ini harus kamu miliki. Bila sudah memiliki curriculum vitae atau CV, coba cek kembali apakah CV yang kamu buat sudah baik dan benar? Apakah sudah sesuai dengan kriteria CV yang perusahaan inginkan? Jika belum, coba perbaiki segera mungkin.

Pastikan data yang tercantum pada CV sudah benar alias tak ada yang data abal. Pada umumnya, data yang harus ada pada CV adalah mulai dari data pribadi, pendidikan, keahlian, pengalaman kerja hingga deskripsi pribadi. Untuk memudahkan kamu dalam membuat CV, tak ada salahnya lihat contoh CV yang baik dan benar agar sukses dilirik HRD. Selain itu, CV yang Kamu miliki sebaiknya update alias mengikuti perkembangan zaman. Tentunya hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi perusahaan untuk menerima Kamu di perusahaan tersebut.

2. Aktif Mengikuti Virtual Job Fair

Lampiran Gambar
Ilustrasi. [Canva]

Tips ini tak dapat Kamu remehkan. Mengikuti Virtual Job Fair penting sekali dalam mencari pekerjaan. Semenjak pandemi Covid-19, memang seluruh masyarakat diharuskan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah saja. Hal ini memang membuat kamu menjadi lebih banyak memiliki waktu luang. Namun, bukan berarti kamu bersantai tanpa ada kegiatan begitu saja. Isilah waktu luang menganggur dengan sering mengikuti Job Fair yang dilakukan berbagai penyelenggara.

Berhubung masih pandemi, sekarang ini job fair dilakukan secara virtual. Kamu bisa mencari beberapa acara virtual job fair di internet atau sosial media di beberapa penyelenggara job fair atau perusahaan-perusahaan tertentu. Ini sangat membatu Kamu segera mendapatkan pekerjaan yang bagus.

3. Manfaatkan Aplikasi Loker di Sosmed Seluas Mungkin

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Berikut tips yang dapat kamu dilakukan agar setelah tamat kuliah dapat pekerjaan.
Ilustrasi. [Canva]

Perkembangan zaman yang canggih ini dapat Kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan. Kamu masih bisa mencari dan melamar pekerjaan dengan mudah meski di rumah sekalipun, yaitu lewat aplikasi lowongan kerja. Saat ini banyak aplikasi lowongan kerja yang memudahkan kamu cepat dapat pekerjaan. Asalkan data-data yang dimasukkan dalam aplikasi tersebut benar dan lengkap.

Selain itu, kamu juga harus pintar-pintar memilih perusahaan, sebab sekarang ini banyak perusahaan abal yang membuka lowongan kerja di aplikasi lowongan kerja tersebut yang hanya ingin memeras uang pencari kerja saja. Sebaiknya pilihlah aplikasi lowongan kerja yang bagus dan sudah terpercaya, seperti Linkelnd, karir.com, jobstreet, kormo dan sebagainya.

4. Jadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan

Lampiran Gambar

Sekarang ini hobi bukan hanya menjadi kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang saja, tapi bila kamu jeli melihat peluang, hobi yang kamu miliki bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Sekarang ini tak sedikit orang yang menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Bahkan, tanpa modal sekalipun hanya mengandalkan keahlian, hobi bisa memberikan uang yang jumlahnya lumayan besar.
Misalnya saja hobi fotografi dengan membuka jasa foto untuk acara-acara penting, foto prewedding dan wedding atau sebagainya maka uang yang diperoleh bisa mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per minggunya dari tarif yang kamu pasang.

5. Perluas Koneksi dengan Siapa Saja

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Berikut tips yang dapat kamu dilakukan agar setelah tamat kuliah dapat pekerjaan.
Ilustrasi. [Canva]

Nyatanya, koneksi memang sangat membantu seseorang dalam mendapatkan pekerjaan. Tak bisa dipungkiri, koneksi menjadi salah satu hal yang penting dalam mencari pekerjaan. Koneksi di sini, bukan berarti memakai orang dalam. Melainkan koneksi untuk memperluas jejaring Kamu hingga bisa mendapatkan pekerjaan yang Kamu sukai.

Selain itu, jangan sungkan untuk terbuka mengenai pekerjaan dengan teman-temanmu, siapa tahu di antara banyak teman yang kamu temui, ada satu atau dua orang yang bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan di perusahaannya.

6. Tunjukkan Kalau Kamu Punya Skill di Bidangnya

Lampiran Gambar
Ilustrasi. [Canva]

Saat kuliah, tentunya Kamu sudah memiliki skill dari jurusan yang Kamu tekuni. Sehingga sedikit banyaknya skill tersebutlah nanti yang akan Kamu aplikasikan di dunia kerja. Jika Kamu saat ini masih duduk di bangku kuliah, ada baiknya Kamu belajar yang rajin agar memiliki skill yang siap untuk bekerja nantinya. Bidang yang telah kamu ambil tersebut alangkah baiknya ditekuni dengan baik. Mereka yang banyak menganggur biasanya sering terhalang skill yang kurang. Oleh sebab itu, tunjukkan skill yang Kamu punya agar dapat bekerja dengan baik.

7. Tekun dan Barengi dengan Doa

Berita gaya hidup, kesehatan, dan tips terbaru hari ini: Berikut tips yang dapat kamu dilakukan agar setelah tamat kuliah dapat pekerjaan.

Tips yang terakhir agar kamu cepat dapat pekerjaan adalah tekun dan terus berdoa. Tekun dan Doa merupakan kunci kesuksesan dari apa pun yang Kamu kerjakan. Permasalahan bisa segera diatasi asalkan kamu mau berusaha dengan tekun mencari solusi yang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. Tak ada salahnya dengan melakukan semua solusi yang telah disebutkan di atas, siapa tahu satu diantaranya berhasil membuatmu dapat pekerjaan.

Nah, itu lah tips agar setelah tamat kuliah cepat dapat pekerjaan. Agar hasilnya maksimal dan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan selama ini, iringi dengan doa yang bersungguh-sungguh. Jangan patah semangat untuk terus mencoba!

Baca juga: Hati-hati, Jangan Umbar 4 Hal Ini Kepada Sesama Rekan Kerja

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Islam telah mengajarkan sejumlah cara agar bisa menjadi kaya. Tetapi masih banyak umat yang justru ingkar
Cara Menjadi Kaya Menurut Pandangan Islam
Cekricek.id - Setiap orang tua wajib memahami bahwasanya ada cara memberi nama anak yang baik. Hal tersebut sangat dianjurkan oleh nabi
Calon Orang Tua Wajib Paham, Ini Cara Memberi Nama Anak yang Baik
Cekricek.id - Belakangan ini nama selebgram cantik Vonny Felicia begitu digemari oleh netizen. Intip sejumlah potretnya yang mirip gadis korea
Intip Potret Cantik Vonny Felicia, Wajahnya Gadis Korea Banget
Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan