Jalur Tol Bangkinang-Koto Kampar Siap Layani Pemudik Lebaran 2024

Berita Riau Hari Ini: Jalur Tol Bangkinang-Koto Kampar Siap Layani Pemudik Lebaran 2024

Jalur Tol Bangkinang-Koto Kampar Siap Layani Pemudik Lebaran 2024. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Ruas tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer (km) diproyeksikan mulai beroperasi pada Lebaran 1445 H/2024 M. Hal ini merupakan kabar gembira bagi para pemudik yang akan melintas di wilayah Riau.

Jalan tol yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) ini telah memasuki tahap akhir penyelesaian. Pada 21-23 Maret 2024 lalu, dilakukan Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima sementara pekerjaan lanjutan kepada anak usaha PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menyampaikan bahwa selama dua hari tersebut, Tim Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) melakukan pemeriksaan lapangan. Cakupannya mulai dari kelengkapan administrasi hingga kondisi fisik pekerjaan.

"Targetnya jalan tol ini dapat kita fungsionalkan pada Lebaran untuk mendukung mobilitas pemudik, khususnya di Provinsi Riau," ungkap Tjahjo pada Selasa (26/3/2024).

Setelah proses PHO selesai, ruas tol Bangkinang-Koto Kampar akan diajukan untuk Uji Laik Fungsi (ULF) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Apabila lolos, ruas ini akan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan 2024.

Dalam pembangunannya, Hutama Karya menerapkan beberapa teknologi konstruksi mutakhir, seperti Jembatan Unibridge. Teknologi ini memungkinkan efisiensi struktur pada kontur ekstrem serta desain ringan dengan bentang panjang, menghemat pondasi dan kolom.

Ruas tol Bangkinang-Koto Kampar memiliki mainroad sepanjang 24,7 km dengan konfigurasi 2x2 lajur. Kecepatan rencana 80 km/jam diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari semula 1 jam menjadi hanya 15-20 menit.

Fasilitas pendukung lainnya mencakup 8 jembatan, 9 box pedestrian dan box culvert, 3 overpass, 1 interchange, serta 2 gerbang tol. Selain memperlancar arus mudik, kehadiran jalan tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, seperti UMKM di lokasi pintu keluar/masuk tol dan membuka lapangan kerja baru.

Baca juga: Tarif Baru Tol Pekanbaru-Dumai Berlaku 18 Maret 2024

Hingga saat ini, PT Hutama Karya telah membangun sekitar 1.030 km Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), termasuk jalan tol dukungan konstruksi. Selain ruas Bangkinang-Koto Kampar, ruas lain yang ditargetkan beroperasi saat Lebaran 2024 adalah Indrapura-Kisaran Seksi Limapuluh-Kisaran.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Ribuan Lubang Jalan di Pekanbaru Ditutup Jelang Lebaran
Ribuan Lubang Jalan di Pekanbaru Ditutup Jelang Lebaran
Berita Riau Hari Ini: Penyesuaian Jadwal Kapal Ro-Ro Bengkalis-Sungai Selari di Hari Pertama Idulfitri
Penyesuaian Jadwal Kapal Ro-Ro Bengkalis-Sungai Selari di Hari Pertama Idulfitri
Berita Riau Hari Ini: Kapolda Riau Tinjau Arus Mudik di Bandara SSK II Pekanbaru, Minta Petugas Layani Pemudik dengan Baik
Kapolda Riau Tinjau Arus Mudik di Bandara SSK II Pekanbaru, Minta Petugas Layani Pemudik dengan Baik
Berita Riau Hari Ini: Arus Mudik Lebaran Padati Jalan Tol Trans Sumatera, Tembus 313.800 Kendaraan
Arus Mudik Lebaran Padati Jalan Tol Trans Sumatera, Tembus 313.800 Kendaraan
Berita Riau Hari Ini: Maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru Ajukan Extra Flight Selama Lebaran 2024
Maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru Ajukan Extra Flight Selama Lebaran 2024
Berita Riau Hari Ini: Kapolda Riau Tinjau Persiapan Arus Mudik, Cek Kelayakan Kendaraan dan Pastikan Keamanan Pemudik
Kapolda Riau Tinjau Persiapan Arus Mudik, Cek Kelayakan Kendaraan dan Pastikan Keamanan Pemudik