Jangan Salah, Diabetes Pada Pria dan Wanita Hadir dengan Cara yang Berbeda

Cekricek.id - Diabetes pada pria dan wanita ternyata hadir dalam cara yang cukup berbeda. Pria jauh lebih rentan terserang penyakit ini

Ilustrasi Diabets [Canva]

Cekricek.id - Diabetes pada pria dan wanita ternyata hadir dalam cara yang cukup berbeda. Jika diartikan diabetes ini merupakan suatu penyakit yang dapat mempengaruhi pada kemampuan tubuh untuk memproses gula darah. Secara umum kehadiran daripada penyakit tersebut justru memecah bagian glukosa yang merupakan sumber makanan dengan bantuan insulin.

Setiap orang juga ternyata mengalami perbedaan munculnya penyakit diabetes ini. Misalnya saja melihat daripada riwayat kesehatan kebiasaan diet hingga juga berat badan. Tapi tidak menutup kemungkinan berkaitan dengan pola tidur hingga juga jenis kelamin.

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi autoimun karena tidak mempunyai memproduksi insulin biasanya mempengaruhi pada anak-anak sekaligus juga remaja. Diabetes tipe 2 karena tubuh tidak mampu mengelola insulin sehingga juga membuat gula darah menjadi lebih tinggi.

Lalu bagaimana perbedaan antara diabetes yang dialami oleh pria dan wanita? simak penjelasan selengkapnya.

Pria Rentan Terserang Diabetes

Lampiran Gambar

Sebenarnya secara umum berbagai indikasi daripada penyakit diabetes ini selalu sama dialami oleh berbagai orang. Contohnya saja sering merasakan haus sering buang air kecil atau juga rasa pusing.

Atau hal lain yang juga dapat menurunkan berat badan terlepas dari apa saja jenis kelamin dari si penderita penyakit diabetes.

Namun perbedaan mendasar dari pada pria dan wanita untuk terkena penyakit diabetes adalah dikarenakan faktor risiko sekaligus juga komplikasinya. Berdasarkan hasil penelitian di tahun 2016 lalu, rupanya pria jauh lebih rentan menderita penyakit gula darah atau diabetes jika dibandingkan dengan wanita.

Terbukti daripada hasil di tahun 2013 saja 14 juta kali pria jauh lebih berkemungkinan tinggi mengalami penyakit diabetes.

Sementara untuk wanita yang memasuki masa menopause sekaligus juga memiliki permasalahan dalam bidang ovarium juga mungkin terkena diabetes tipe 2.

Lalu jika berbicara bagaimana cara untuk menjaga penyakit diabetes ini sebenarnya hampir sama untuk berbagai kalangan.

Agar dapat menurunkan kadar gula dalam darah diantaranya adalah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik dengan terus bergerak. Kemudian konsumsi sejumlah makanan dan juga mengandung sayur-sayuran jangan lupa untuk menghindari berbagai makanan dan minuman manis.

Baca Juga: Bisa Membuat Gula Darah Naik, Hindari 3 Jenis Buah Ini Bagi Penderita Diabetes

Lalu untuk wanita juga ditemukan sebuah fakta menarik bahwasanya jika menjalani terapi estrogen justru memiliki peluang dalam hal melawan gejala berbagai penyakit diabetes .

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental
Cekricek.id - Sejak dini sebenarnya setiap orang harus mewaspadai sejumlah gejala meningitis, yuk simak berbagai penjelasan lengkapnya
Wajib Waspadai 5 Gejala Meningitis yang Harus Diketahui Sejak Dini
Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Manusia Tidur untuk Apa Sih? Ternyata Ini Alasan Penting di Baliknya
Cekricek.id - Masalah kulit kering ternyata dapat diakibatkan oleh kebiasaan makan dan minum yang buruk. Untuk merawat kulit agar terjaga kelembabannya diperlukan usah ekstra dalam mengatasi kebiasaan makan dan minim yang tidak sehat itu.
Hati-hati, Kebiasaan Makan dan Minum Berikut Ini Bisa Bikin Kulit Kering dan Tak Sehat
Cekricek.id - Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa perut malah terasa keroncongan saat selesai makan, begini penjelasannya
Inilah Alasan Mengapa Perut Terasa Keroncongan Usai Makan 
Bahaya air kelapa
Air Kelapa Dipercaya Sebagai Minuman Pembersih Ginjal, Mitos Atau Fakta?