Kamu Harus Tahu, Ini 6 Hobi yang Dilarang Agama Islam

Inilah hobil yang tidak diperbolehkan dalam agama Islam, dari memanjangkan kuku hingga tidur dengan posisi tengkurap.

Kolase. [Foto: Ist]

Cekricek.id, Portal Islam -  Semua orang tentunya memiliki hobi atau kegemaran yang ingin dilakukan di kehidupannya. Namun, dalam Islam ada beberapa hobi yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Beberapa hobi tersebut ternyata sudah populer di kalangan umat Islam, bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka.

Apa saja hobi yang dilarang agama Islam tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini enam hobi yang dilarang dalam agama Islam.

Memanjangkan Kuku

Lampiran Gambar

Memanjangkan kuku dalam Islam tidak diperbolehkan. Hal ini didasari oleh ketika kuku dibiarkan memanjang melebihi jari jemari, dapat menghalangi masuknya air wudhu ke dalam sela kuku bagian dalam. Selain itu, menurut para ahli memanjangkan kuku ternyata menyimpan kemudharatan atau bahaya bagi kesehatan.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW hanya memberikan waktu selama 40 hari untuk memelihara kuku panjang dan harus dipotong jika sudah lama.

“Kami diberi tenggat waktu untuk memotong kumis, memotong kuku, mencukur rambut ketiak, dan mencukur rambut kemaluan, yaitu hendaknya tidak dibiarkan lebih dari 40 hari,” (HR. Muslim).

Bertato

Lampiran Gambar

Tato adalah gambar yang dilukis di kulit tubuh. Hukum tato dalam Islam adalah haram. Hal ini didasarkan pada hadist Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allah melaknat orang yang disanggul, meminta disanggul, menggambar tato, dan meminta digambar tato,” (HR. Bukhari Muslim).

Tato haram dalam Islam karena merubah bentuk ciptaan Allah SWT. Selain itu, proses menato tubuh dengan benda tajam dinilai dapat menyakiti diri sendiri.

Mencela Makanan

Lampiran Gambar

Mencela makanan adalah perilaku yang tidak baik. Mencela makanan merupakan bentuk rasa tidak syukur kita atas nikmat dan razeki yang telah Allah SWT berikan. Barangkali, di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan makanan serta berjuang untuk bertahan hidup. Larangan mencela makanan pernah dijelaskan dalam sebuah riwayat Bukahri Muslim dari Abu Hurairah ra, beliau berkata:

“Nabi Muhammad SAW tidak pernah sama sekali menghina dan mencela semua jenis makanan. Apabila beliau suka beliau memakannya, apabila beliau tidak suka, beliau meninggalkannya,”.

Operasi plastik

Lampiran Gambar

Operasi plastic sejatinya dilakukan untuk mengoreksi kecacatan pada bagian tubuh, seperti cacat bawaan atau karena kecelakaan. Namun kini, banyak orang yang melakukan operasi plastic untuk menambah kecantikan wajah serta memiliki tubuh ideal.

Dalam Islam operasi plastik diharamkan karena mengubah bentuk ciptaan Allah SWT dan tidak menghadirkan alasan yang benar seperti hanya mempercantik atau memperindah wajah ataupun tubuh.

Percaya kepada Ramalan Bintang

Lampiran Gambar

Percaya kepada ramalan bintang atau zodiak sudah menjadi kebiasaan banyak kalangan terutama remaja. Mereka membaca nasibnya lewat ramalan bintang seperti nasib percintaan, keuangan, serta keberuntungan mereka. Akan tetapi, dalam Islam kebiasaan tersebut dilarang keras dan termasuk amalan jahiliyah.

Percaya kepada ramalan bintang berarti terdapat ketergantungan pada selain Allah. Semua jenis ramalan dalam Islam masuk kategori syirik.

Tidur Tengkurap

Lampiran Gambar

Posisi tidur tengkurap merupakan posisi yang dinilai paling buruk dalam Islam. Tidur tengkurap dalam banyak hadis yang disebutkan bahwa Nabi SAW melarang tidur dengan posisi tersebut.

“Nabi lewat dihadapanku saat aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kakinya. Beliau bersabda: Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka,” (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga: Tahu Film Pirates of the Caribbean? Rupanya Terinspirasi Dari Kisah Pelaut Islam ini

Selain itu, posisi tidur dengan keadaan tengkurap berdampak buruk bagi kesehatan tubuh yakni bisa sebabkan tulang belakang bermasalah, sakit leher, dan berbahaya bagi ibu hamil.

Dapatkan update berita seleb dan berita artis setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung dengan kami di WhatsApp Group. Caranya klik link Cekricek News Update.

Tag:

Baca Juga

Cekricek.id, Portal Islam – Ziarah kubur merupakan salah satu tradisi yang rutin dijalakan umat muslim sebelum datangnya bulan Ramadhan. Kebiasaan yang sudah turun-temurun ini pun bagi sebagian orang sudah dianggap sebagai suatu keharusan.
Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan, Doa, Adab dan Tata Caranya
Cekricek.id, Portal Islam - Hukum Menggosok Gigi Saat Menjalankan Ibadah Puasa
Hukum Menggosok Gigi Saat Menjalankan Ibadah Puasa
Suami tidak boleh membunuh hewan saat istri hamil. Dalam pandangan Islam ternyata keyakinan tersebut tidaklah benar, begini penjelasannya.
Saat Istri Hamil Suami Tidak Boleh Membunuh Hewan, Bagaimana Pandangan Islam?
Inilah tiga amalan pokok yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.
Tiga Amalan Pokok di Bulan Ramadan Untuk Tingkatkan Keimanan
Cekricek.id, Portal Islam - Benarkah Hari Jumat Ada Sunnah Rasul?
Benarkah Hari Jumat Ada Sunnah Rasul?
Cekricek.id, Portal Islam - Bikin Merinding, Ini 5 Azab Bagi Pelaku Zina dan Suka Selingkuh
Bikin Merinding, Ini 5 Azab Bagi Pelaku Zina dan Suka Selingkuh