RSJ Tampan Riau Siap Layani Caleg yang Alami Gangguan Jiwa

Berita Riau Hari Ini: RSJ Tampan Riau Siap Layani Caleg yang Alami Gangguan Jiwa

RSJ Tampan, Riau. [Foto: Istimewa]

Cekricek.id - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau mempersiapkan langkah proaktif untuk menghadapi dampak psikologis Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024. RSJ Tampan Riau, yang dikenal dengan komitmennya terhadap pelayanan kesehatan jiwa, akan memperkuat Poli Khusus sebagai upaya antisipasi terhadap kemungkinan depresi yang dapat dialami oleh calon legislatif (Caleg) di berbagai kabupaten kota se-Riau.

Direktur RSJ Tampan Provinsi Riau, Zainal Arifin, menjelaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk menyediakan poli konsultasi khusus bagi pasien yang mungkin mengalami gangguan jiwa, terutama setelah menghadapi kegagalan dalam Pileg.

"Poli khusus ini akan menjadi pusat konsultasi bagi mereka yang merasa bermasalah dengan kesehatan mental mereka akibat tekanan Pemilu. Penguatan ini merupakan langkah serius untuk meningkatkan kapasitas layanan kesehatan jiwa di RSJ Tampan," ujar Zainal pada Rabu (17/1/2024).

RSJ Tampan Riau saat ini telah mengontrak delapan dokter spesialis jiwa yang akan berfokus pada pelayanan di Poli Khusus ini. Langkah ini sejalan dengan visi RSJ Tampan Riau untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, termasuk Caleg yang mungkin memerlukan dukungan khusus dalam mengatasi dampak psikologis Pemilu.

Zainal menekankan bahwa persiapan ini bukan hanya sebagai respons terhadap momen Pileg, tetapi juga sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan jiwa. "Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik tanpa memandang situasi, dan Pileg memberikan kesempatan untuk terus meningkatkan standar kami," tambahnya.

Menanggapi pertanyaan tentang lonjakan pasien pasca-Pileg, Zainal menyatakan bahwa RSJ Tampan Riau telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan pelayanan optimal. "Kami mencatat bahwa tidak terlalu ada lonjakan pasien yang masuk setelah Pileg. Ini disebabkan oleh kerja keras tim medis kami dan kerjasama dengan pasien sebelumnya yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan," jelas Zainal.

Baca juga: Aldi Taher Makin Populer Usai Nyanyi Mars Perindo, Viewer-nya Kalahkan Video Caleg Artis PAN

Sebagai bagian dari langkah-langkah preventif, RSJ Tampan Riau juga mengingatkan dokter-dokter yang terlibat untuk lebih memahami dan peka terhadap kemungkinan depresi yang mungkin dialami oleh Caleg. Penguatan Poli Khusus ini diharapkan dapat memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan kepada mereka yang memerlukan perhatian khusus dalam menjaga kesehatan mental mereka selama periode Pemilu.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: RSJ Tampan Riau Bersiap Tangani Caleg yang Alami Gangguan Jiwa
Jumlah Pasien di RSJ Tampan Meningkat Pasca Pemilu 2024
Inilah 65 Caleg Terpilih di DPRD Riau Periode 2024-2029 Berdasarkan Rekapitulasi KPU
Inilah 65 Caleg Terpilih di DPRD Riau Periode 2024-2029 Berdasarkan Rekapitulasi KPU
Berita Riau Hari Ini: Pasien Gangguan Jiwa di RSJ Tampan Riau Melebihi Kapasitas
Pasien Gangguan Jiwa di RSJ Tampan Riau Melebihi Kapasitas
Berita Riau Hari Ini: RSJ Tampan Siap Tangani Caleg Stres
RSJ Tampan Siap Tangani Caleg Stres
Berita Riau Hari Ini: Bawaslu Merenti Rekomendasikan Penghitungan ulang di 28 TPS
Bawaslu Merenti Rekomendasikan Penghitungan ulang di 28 TPS
Dede Sunandar Jual 2 Mobil demi Nyaleg, Hasilnya Baru 10 Suara
Dede Sunandar Jual 2 Mobil demi Nyaleg, Hasilnya Baru 10 Suara