173 Mahasiswa Unri Terima Bantuan UKT dari Zakat

Berita Riau Hari Ini: 173 Mahasiswa Unri Terima Bantuan UKT dari Zakat

173 Mahasiswa Unri Terima Bantuan UKT dari Zakat. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Sebanyak 173 mahasiswa Universitas Riau (UNRI) menerima bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui kerja sama antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau dan Unit Pengumpul Zakat Universitas Riau (UPZ UNRI), dalam acara penyerahan yang diselenggarakan di Ruang Kunto Darussalam Gedung Rektorat UNRI, Rabu (24/01/2024) .

Pada Semester Genap 2023/2024, bantuan UKT senilai Rp 248.250.000 diserahkan kepada mahasiswa penerima manfaat zakat. Prof. Padil, Ketua UPZ UNRI, mengapresiasi kerjasama yang berkesinambungan dengan Baznas Provinsi Riau dalam mendukung mahasiswa UNRI.

Padil menyampaikan terima kasih kepada Baznas yang konsisten memberikan bantuan setiap semester. Ia menyoroti ketidakseimbangan antara zakat yang terkumpul dan jumlah penerima, sehingga UPZ UNRI selalu menghadapi defisit anggaran.

Menanggapi hal ini, Padil menekankan perlunya arahan atau kebijakan dari Pimpinan Universitas terkait pengumpulan zakat di UNRI untuk memastikan pertumbuhan yang lebih baik.

Wakil Ketua I Baznas Provinsi Riau, Yahanan, menyambut baik ide pemotongan zakat bagi dosen dan pegawai di UNRI jika diatur melalui kebijakan atau edaran dari Pimpinan UNRI. Ia berharap UNRI dapat menjadi percontohan dalam pengembangan pengumpulan zakat.

Rektor UNRI, Prof. Sri Indarti, turut memberikan apresiasi kepada Baznas yang secara rutin menyalurkan bantuan UKT. Dalam sambutannya, Rektor menyatakan bahwa pemberdayaan zakat pada program pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada UPZ UNRI yang ikhlas mengkoordinir pengumpulan dan penyaluran zakat di UNRI. Ia berharap penyebaran informasi dan sosialisasi zakat di UNRI terus dilakukan agar jumlah zakat yang dikumpulkan UPZ UNRI semakin meningkat.

Baca juga: Pekan Raya Biologi Unri: Membangun Generasi Muda Tangguh Hadapi Tantangan Global

Saat berhadapan dengan perwakilan mahasiswa penerima bantuan UKT, Rektor memberikan pesan agar mahasiswa memanfaatkan bantuan dengan baik dan berkomitmen untuk memberikan zakat kepada orang lain di masa depan. Hadir juga dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Sofyan Husein Siregar, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Hermandra, dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Dessy Riasari.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Unri Luncurkan Taman Bisnis Srikandi, Pertemukan Dosen, Pengusaha, dan Penggiat Vokasi
Unri Luncurkan Taman Bisnis Srikandi, Pertemukan Dosen, Pengusaha, dan Penggiat Vokasi
Berita Riau Hari Ini: Upaya UNRI Tingkatkan Pendapatan lewat Optimalisasi Layanan Non-Akademik
Upaya UNRI Tingkatkan Pendapatan lewat Optimalisasi Layanan Non-Akademik
Berita Riau Hari Ini: Universitas Riau Gelar Pelatihan Strategi Meningkatkan Dedikasi Pegawai
Universitas Riau Gelar Pelatihan Strategi Meningkatkan Dedikasi Pegawai
Berita Riau Hari Ini: Pekan Raya Biologi Unri: Membangun Generasi Muda Tangguh Hadapi Tantangan Global
Pekan Raya Biologi Unri: Membangun Generasi Muda Tangguh Hadapi Tantangan Global
Berita Riau Hari Ini: Pekan Raya Biologi Unri: Menyalurkan Potensi Peserta Didik untuk Membangun Generasi Intelektual
Pekan Raya Biologi Unri: Menyalurkan Potensi Peserta Didik untuk Membangun Generasi Intelektual
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya
Peramal India Kushal Kumar Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Profilnya