Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Kapolda Riau Sampaikan Sejumlah Imbauan

Berita Riau Hari Ini: Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Kapolda Riau Sampaikan Sejumlah Imbauan

Kapolda Riau, Irjen Iqbal. [Foto: Istimewa]

Pekanbaru, Cekricek.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Iqbal, menyampaikan sejumlah imbauan keselamatan dan keamanan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran. Imbauan tersebut disampaikan dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus mudik yang diprediksi akan membludak di wilayah Riau.

Dalam sambutannya pada Selasa (26/3), Iqbal mengimbau masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk mudik agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan perwakilan Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) setempat.

"Masyarakat yang akan melakukan mudik nanti agar menitipkan rumahnya kepada tetangga atau kepada Pak RT atau RW. Lalu pastikan aliran listrik yang tidak diperlukan dalam kondisi mati," ujar Iqbal.

Selain itu, Kapolda Riau juga mengingatkan para pemudik untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan memprioritaskan keselamatan saat berkendara. Menurutnya, faktor kelalaian pengendara masih menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Patuhilah rambu lalu lintas dan perhatikan etika dalam berkendara seperti jangan ugal-ugalan. Gunakan alat keselamatan berupa helm bagi sepeda motor, sabuk pengaman bagi pengendara mobil, bawa surat kendaraan dan jangan melanggar rambu jalan," tegas Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal menekankan pentingnya menghindari muatan kendaraan yang berlebihan serta menjaga kecepatan berkendara dalam batas aman. "Muatan dan penumpang berlebihan akan mempersulit akselerasi berkemudi, khususnya roda dua," jelasnya.

Tidak hanya itu, Kapolda Riau juga mengimbau para pemudik untuk beristirahat secara berkala jika mengalami kelelahan saat berkendara dalam jarak jauh. "Jadi jika ngantuk saat berkendara, istirahat. Jangan paksakan biar selamat sampai tujuan," tegasnya.

Baca juga: Jalur Tol Bangkinang-Koto Kampar Siap Layani Pemudik Lebaran 2024

Iqbal menegaskan bahwa pihak kepolisian akan terus melakukan pengawasan dan pengawalan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran di wilayah Riau. Upaya ini dilakukan untuk memastikan kelancaran arus mudik dan keselamatan para pemudik hingga tiba di tujuan.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Ribuan Lubang Jalan di Pekanbaru Ditutup Jelang Lebaran
Ribuan Lubang Jalan di Pekanbaru Ditutup Jelang Lebaran
Berita Riau Hari Ini: Penyesuaian Jadwal Kapal Ro-Ro Bengkalis-Sungai Selari di Hari Pertama Idulfitri
Penyesuaian Jadwal Kapal Ro-Ro Bengkalis-Sungai Selari di Hari Pertama Idulfitri
Berita Riau Hari Ini: Kapolda Riau Tinjau Arus Mudik di Bandara SSK II Pekanbaru, Minta Petugas Layani Pemudik dengan Baik
Kapolda Riau Tinjau Arus Mudik di Bandara SSK II Pekanbaru, Minta Petugas Layani Pemudik dengan Baik
Berita Riau Hari Ini: Arus Mudik Lebaran Padati Jalan Tol Trans Sumatera, Tembus 313.800 Kendaraan
Arus Mudik Lebaran Padati Jalan Tol Trans Sumatera, Tembus 313.800 Kendaraan
Berita Riau Hari Ini: Maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru Ajukan Extra Flight Selama Lebaran 2024
Maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru Ajukan Extra Flight Selama Lebaran 2024
Berita Riau Hari Ini: Kapolda Riau Tinjau Persiapan Arus Mudik, Cek Kelayakan Kendaraan dan Pastikan Keamanan Pemudik
Kapolda Riau Tinjau Persiapan Arus Mudik, Cek Kelayakan Kendaraan dan Pastikan Keamanan Pemudik