Apakah Doa Anak yang Tidak Saleh Diterima dan Dikabulkan Allah?

Cekricek.id - Lupa adalah sifat dasar kita sebagai seorang manusia. Ada kalanya kita terlupa mengucap rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Begitu teringat, kita cenderung memanjatkan rasa syukur tersebut dalam kondisi yang sudah terlambat. Namun, apakah rasa syukur tersebut masih diterima?

Ilustrasi berdoa. [Foto: Canva]

Cekricek.id- Sebagai umat muslim kita pasti percaya bahwa salah satu hal yang bisa membantu menyelamatkan dari siksa setelah kematian adalah doa dari anak yang saleh. Namun, pernahkan kalian pertanyakan bagaimana dengan doa dari anak yang tidak saleh? Apakah meski dia berdoa kebaikan untuk orang tuanya tak akan dikabulkan?

Dalam ceramahnya, Buya Yahya menjelaskan tentang hal itu. Ternyata menurut beliau, istilah doa anak saleh itu merupakan sebuah imbauan bagi para orang tua. Sama halnya dengan santri yang belajar di pesantren, mereka akan diingatkan tentang amalan-amalan baik yang akan berguna serta bisa menyelamatkan mereka kelak dari siksa neraka.

Begitu juga dengan istilah doa anak yang saleh untuk kedua orang tuanya. Ketika sepasang orang islam menikah dan berkeluarga, tentu mereka akan memilki anak dari pernikahan itu. Sebagai pengingat akan tanggung jawab besar yang akan diemban kedua orang tua itu, maka diserukanlah imbauan tentang doa anak yang saleh tadi.

Dengan begitu, para orang tua akan mendidik anaknya sebaik mungkin untuk menjadi anak yang soleh dan solehah. Supaya kelak, mereka akan menuai hasilnya dari doa-doa anak soleh yang sudah mereka didik dan besarkan selama ini.

“Jadi maksudnya adalah bagi orang tua hendaknya perhatian kepada anaknya agar dia menjadi anak yang terus mendoakan di saat kita menghadap kepada Allah,” tutur Buya Yahya kepada para jemaahnya.

Doa Anak yang Tidak Saleh Untuk Orang Tuanya

Di dalam kesempatan yang sama, Buya Yahya menyebut bahwa betapa ruginya para orang tua jika anak mereka tak mendoakan mereka. Oleh karena itu, penting bagi orang tua mendidik anak supaya menjadi sosok anak yang rajin mendoakan kebaikan kepada kedua orang tuanya.

Menyambung pertanyaan tentang doa anak yang tidak soleh, Buya Yahya menekankan pada hal lain. Menurut penuturan beliau yang dipermasalahkan dalam situasi itu bukanlah anak saleh atau tidaknya. Tapi, bagaimana cara anak tersebut mendoakan kedua orang tuanya.

Apakah cara yang dilakukan untuk berdoa sudah benar atau tidak. Sebab, dalam berdoa juga ada syarat yang membuat diterimanya doa. Salah satunya adalah jenis makanan yang dimakan halal atau tidak.

Jadi, meskipun anak tersebut tidak soleh, asalkan dia mau mendoakan kedua orang tuanya dengan tulus dan cara yang benar maka insyaallah akan sampai kepada Allah STW.

“Kalau anak yang tidak soleh mendoakan (orang tua) kalau cara doanya adalah benar, ya nyampe kepada kita. Yang paling mengerikan bukan itu, (anak yang) tidak mendoakan itu yang membuat kita rugi yang membuat orang tua sengsara.” jelas Buya.

Baca juga: Cara Menata Hati dan Menjadi Wanita Solehah Ala Buya Yahya

Oleh karena itu, Buya Yahya sekali lagi menekankan agar orang tua lebih peduli pada anaknya supaya mendoakan yang terbaik untuk mereka nantinya.

Selain dari doa anak, ada amalan lain yang bisa membantu kita setelah kematian tiba. Amalan tersebut adalah yang terus mengalir meski kita sudah menghadapi kematian, di antaranya sedekah jariah, mendidik anak, menyebarkan ilmu yang bermanfaat.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Jodoh, maut dan rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Manusia tak semestinya merisaukan hal tersebut dan harus yakin pada ketentuan Allah.
Jangan Risau, Ini Cara Allah Mendekatkan Jodohmu yang Tak Kamu Ketahui
Cekricek.id - Saat ini mengadopsi anak menjadi pilihan bagi sebagian kalangan, bagaiana hukum mengadopsi anak dalam pandangan islam
Hukum dan Cara Adopsi Anak dalam Islam
Cekricek.id - Begini hukumnya jika seorang suami mencontohkan kalimat talak kepada istrinya, walau tidak berniat serius saat mengucapkannya
Bagaimana Hukum Suami Mencontohkan Kalimat Talak ke Istri?
Cekricek.id - Bagaimana hukumnya, apakah harus menguburkan sebuah janin yang keguguran layaknya penguburan umat islam
Apakah Janin yang Keguguran Harus Dikubur?
Inilah hukum wudu bagi wanita atau pun pria yang memiliki make up tebal di wajahnya, apakah salatnya akan sah atau tidak?
Hukum Wudu Pada Wanita yang Memakai Make Up Tebal
Kalimat bismillah ternyata sangat dahsyat jika diaplikasikan dengan baik di dalam kehidupan sehari-hari yang membuat dekat dengan Allah.
Jangan Disepelekan, Inilah Dahsyatnya Kalimat Bismillah