Apakah Gula Pasir Bikin Kecanduan? Ini Kata Ustaz Zaidul Akbar

Gula pasir

Ilustrasi. [Foto/Ist]

Ustaz Zaidul Akbar menyebut bahwa gula pasir berbahaya bagi tubuh manusia. Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula pasir akan membuat kecanduan.

Cekricek.id – Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula pasir lumrah dan menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat. Gula pasir dianggap baik dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ada beragam jenis makanan dan minuman yang diolah memakai gula pasir. Seperti misalnya teh manis, kopi manis, roti, kue, dan sebagainya. Makanan dan minuman yang mengandung gula pasir itu banyak dijumpai di tengah masyarakat.

Namun pada kenyataannya, gula pasir jauh lebih membahayakan dari kokain sekalipun. Ustaz Zaidul Akbar dalam ceramahnya menyebutkan, mengonsumsi gula pasir yang berlebihan membuat seseorang akan kecanduan, bahkan pengaruhnya delapan kali lebih kuat dari bahan pembuat rokok, atau kokain.

“Kalau gak makan gula, gak bisa dia, sakau kalau kata orang,” ujar Ustaz Zaidul Akbar.

Selain itu, mengonsumsi gula pasir secara rutin akan membuat gula darah meningkat dan dopamin juga ikut naik. Dopamin sendiri merupakan hormon yang membuat seseorang itu bahagia karena pengaruh gula pasir tersebut.

Tak hanya itu, hal yang akan terjadi selanjutnya ketika seseorang sudah kecanduan gula pasir, insulin dalam tubuh akan naik dan membuat lemak yang harusnya masuk dalam aliran darah akan masuk dalam ruang penyimpanan tubuh.

Oleh sebab itulah, Ustaz Zaidul Akbar menjelaskan bahwa faktor terbesar yang membuat seseorang gemuk bukanlah lemak, tetapi gula.

Ia lalu berpesan agar masyarakat mulai mengurangi konsumsi gula pasir yang berlebihan. Bahkan dalam ilmu kesehatannya, gula pasir hanya boleh dikonsumsi 1 sendok teh sehari, tidak boleh lebih.

Baca juga:Konsumsi Jenis Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ustaz Zaidul Akbar lalu menyarankan masyarakat untuk mengganti gula pasir dengan sesuatu yang lebih sehat, seperti air tebu, madu, dan kurma.

“Jumlah mengonsumsinya pun sewajarnya saja, tidak usah berlebihan, begitu juga soal makan sehari-hari,” kata Ustaz Zaidul Akbar.

Dapatkan update terkini dari Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Dampak Negatif Kurang Tidur, Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Mental
Cekricek.id - Sejak dini sebenarnya setiap orang harus mewaspadai sejumlah gejala meningitis, yuk simak berbagai penjelasan lengkapnya
Wajib Waspadai 5 Gejala Meningitis yang Harus Diketahui Sejak Dini
Cekricek.id - Tidur adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan orang setiap harinya. Normalnya, jam tidur yang baik adalah ketika malam hari sebelum jam sebelas sampai pagi hari hingga total waktu delapan jam. Namun, pernahkan kamu tahu kenapa makhluk hidup terutama manusia harus tidur?
Manusia Tidur untuk Apa Sih? Ternyata Ini Alasan Penting di Baliknya
Cekricek.id - Masalah kulit kering ternyata dapat diakibatkan oleh kebiasaan makan dan minum yang buruk. Untuk merawat kulit agar terjaga kelembabannya diperlukan usah ekstra dalam mengatasi kebiasaan makan dan minim yang tidak sehat itu.
Hati-hati, Kebiasaan Makan dan Minum Berikut Ini Bisa Bikin Kulit Kering dan Tak Sehat
Cekricek.id - Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa perut malah terasa keroncongan saat selesai makan, begini penjelasannya
Inilah Alasan Mengapa Perut Terasa Keroncongan Usai Makan 
Bahaya air kelapa
Air Kelapa Dipercaya Sebagai Minuman Pembersih Ginjal, Mitos Atau Fakta?