Artefak Wittenham Clumps: Menyelami Sejarah Tersembunyi

Artefak Wittenham Clumps: Menyelami Sejarah Tersembunyi

Earth Trust Centre. [Foto: Istimewa]

Cekricek.id - Artefak adalah peninggalan sejarah yang berharga. Mereka memberikan wawasan tentang kehidupan dan budaya masa lalu. Salah satu situs arkeologi yang menarik adalah Wittenham Clumps di Oxfordshire, Inggris. Situs ini merupakan pemukiman Zaman Besi yang berusia 2.700 tahun.

Beberapa waktu lalu, artefak-artefak dari pemukiman ini akan dipamerkan untuk pertama kalinya di Pusat Earth Trust.

Pemukiman Zaman Besi di Wittenham Clumps

Wittenham Clumps adalah sebuah bukit kecil yang terletak di Oxfordshire, Inggris. Pada tahun 2018 hingga 2020, tim arkeolog dari DigVentures melakukan penggalian di situs ini. Melalui metode penanggalan karbon, mereka menemukan bahwa pemukiman ini berasal dari tahun 771-515 SM, segera setelah penggunaan besi pertama kali diperkenalkan di Britania Raya sekitar tahun 800 SM.

Selama penggalian, tim arkeolog menemukan bangunan pandai besi, struktur internal, lapisan perapian, nozzle yang disebut tuyere, dan bahkan serpihan-serpihan kecil logam yang terlempar ketika palu digunakan. Artefak-artefak ini memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan sehari-hari dan keterampilan kerajinan logam pada zaman itu.

Festival Discovery: Membawa Sejarah Tersembunyi ke Tengah Masyarakat

Pada akhir pekan ini, Earth Trust Centre akan menjadi tuan rumah Festival Discovery. Festival ini akan menampilkan lebih dari 15.000 artefak, termasuk semua komponen dari sebuah bengkel pandai besi. Jayne Manley, salah satu anggota Earth Trust, mengatakan bahwa ini adalah kesempatan untuk membagikan pengetahuan dan menghidupkan kembali sejarah yang terkubur.

Festival Discovery juga akan menampilkan berbagai kegiatan, seperti lokakarya kerajinan logam, ceramah tentang sejarah Wittenham Clumps, dan tur arkeologi. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk belajar dan merasakan sejarah yang tersembunyi di Wittenham Clumps.

Menyelami Pemukiman Zaman Besi

Pemukiman Wittenham Clumps menawarkan wawasan yang unik tentang kehidupan di Zaman Besi. Dalam penggalian, tim arkeolog menemukan berbagai jenis artefak yang memberikan gambaran tentang kehidupan sehari-hari dan keterampilan kerajinan pada masa itu.

Bangunan Pandai Besi

Salah satu temuan yang paling menarik adalah bangunan pandai besi. Bangunan ini merupakan tempat di mana pandai besi bekerja untuk menciptakan berbagai produk logam. Dalam penggalian, tim arkeolog menemukan struktur internal bangunan ini, termasuk lapisan perapian yang digunakan untuk memanaskan logam.

Nozzle Tuyere

Artefak lain yang menarik adalah nozzle yang disebut tuyere. Nozzle ini digunakan untuk mengarahkan aliran udara ke dalam perapian agar logam dapat dipanaskan dengan lebih efisien. Temuan ini menunjukkan tingkat keahlian dan pengetahuan yang dimiliki oleh pandai besi pada masa itu.

Serpihan Logam

Selama proses pembuatan logam, serpihan-serpihan kecil logam sering terlempar ketika palu digunakan. Tim arkeolog berhasil menemukan serpihan-serpihan ini di situs Wittenham Clumps. Meskipun kecil, serpihan-serpihan ini memberikan bukti langsung tentang kegiatan kerajinan logam yang dilakukan di pemukiman ini.

Pameran Artefak pada Pusat Earth Trust

Pameran artefak dari Wittenham Clumps akan berlangsung di Pusat Earth Trust. Pengunjung akan dapat melihat lebih dari 15.000 artefak yang dipamerkan dengan rapi. Pameran ini mencakup berbagai jenis artefak, mulai dari alat-alat kerajinan logam hingga artefak sehari-hari seperti pot dan perhiasan.

Pusat Earth Trust juga menyelenggarakan tur arkeologi yang dipandu oleh para ahli. Tur ini akan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan artefak Wittenham Clumps. Selain itu, akan ada juga lokakarya kerajinan logam di mana pengunjung dapat mencoba tangan mereka sendiri dalam menciptakan produk logam.

Baca juga: Artefak Mistis 400 Tahun Ditemukan di Rute Ziarah Menuju Mekkah

Pemukiman Zaman Besi di Wittenham Clumps adalah penemuan arkeologi yang menarik. Artefak-artefak yang ditemukan memberikan wawasan tentang kehidupan dan keterampilan kerajinan pada masa lalu. Melalui Festival Discovery dan pameran artefak di Pusat Earth Trust, masyarakat dapat merasakan dan belajar tentang sejarah tersembunyi di Wittenham Clumps. Inilah kesempatan untuk menelusuri jejak masa lalu dan menghargai warisan budaya yang kita miliki.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Channel Cekricek.id.

Tag:

Baca Juga

Potret Mini Alexander Agung Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Denmark
Potret Mini Alexander Agung Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Denmark
Penelitian Terbaru Mengungkap Kemungkinan Tujuan Lain Penelitian Terbaru Mengungkap Kemungkinan Tujuan Lain Stonehenge
Penelitian Terbaru Mengungkap Kemungkinan Tujuan Lain Stonehenge
Penemuan Menakjubkan! Reruntuhan Romawi Abad ke-3 di Atas Mata Air Suci Neolitikum
Penemuan Menakjubkan! Reruntuhan Romawi Abad ke-3 di Atas Mata Air Suci Neolitikum
Penemuan Perkemahan Prasejarah Berusia 8.200 Tahun Menggemparkan Pangkalan Udara AS di New Mexico
Penemuan Perkemahan Prasejarah Berusia 8.200 Tahun Menggemparkan Pangkalan Udara AS di New Mexico
Seorang Petani di Peru Menemukan Gua Makam Alien: Ada Mumi Berkepala Lonjong dan Cuma Punya 3
Seorang Petani di Peru Menemukan Gua Makam Alien: Ada Mumi Berkepala Lonjong dan Cuma Punya 3
Jejak Dinosaurus dan Seni Ukiran 9.000 Tahun Ditemukan di Brasil
Jejak Dinosaurus dan Seni Ukiran 9.000 Tahun Ditemukan di Brasil