Bagaimana Kualitas Hidup Seseorang, Ustaz Oemar Mita: Tergantung Kualitas Salatnya

Ustaz Oemar Mita

Ilustrasi salat. [Foto/Ist]

Ustaz Oemar Mita, Lc menyebut bahwa kualitas hidup seseorang tergantung bagaimana kualitas salatnya. Salat adalah ibadah utama yang paling diperhatikan Allah.

Cekricek.id – Salat adalah amalan pertama umat Islam yang kelak akan dihisab atau dihitung Allah di hari kiamat. Perihal salat adalah sesuatu yang tidak boleh dipermainkan apalagi sampai ditinggalkan.

Ustaz Oemar Mita, Lc dalam ceramahnya menyebutkan, syariat atau kewajiban tentang salat tidak dapat digugurkan bagaimanapun keadaan seseorang. Sekalipun ia sakit berat dan bahkan tak sanggup ergerak sekalipun, salat tidak boleh ditinggalkan.

“Kalau kamu tidak mampu salat berdiri, kamu solatnya duduk, kalau kamu tidak mampu duduk, kamu salatnya berbaring, kalau kamu tidak mampu berbaring, kamu salatnya dengan gerakan tanganmu, kalau tidak juga sanggup salat dengan gerakan tangan, maka salatlah walau hanya dengan isyarat matamu saja,” kata Ustaz Oemar Mita, Lc menegaskan bagaimana syariat melaksanakan salat tidak boleh ditinggalkan.

Ia lalu melanjutkan, syariat tentang kewajiban salat berbeda dari syariat ibadah lainnya yang bisa digugurkan dengan kondisi tertentu. Seperti misalnya ibadah puasa, jika seseorang sakit keras, tidak kuat puasa karena usia tua, atau perempuan yang hamil dan melahirkan, kewajiban berpuasa baginya bisa diganti dengan membayar fidyah.

Namun hal itu tidak berlaku paa syariat atas kewajiban melaksanakan salat. Ibadah satu itu tidak bisa digantikan apalagi sampai ditinggalkan.

Bahkan, kewajiban salat itu tetap harus dilakukan meski di medan perang. Nama salatnya yaitu salat khauf, yaitu salat yang dilakukan dalam kondisi takut mengingat bayangan kematian itu ada di depan mata.

Menurut Ustaz Oemar Mita, para ulama telah menetapkan bahwa dosa meninggalkan salat dengan disengaja sebagai dosa paling besar setelah berbuat kesyirikan kepada Allah. Artinya, dosa meninggalkan salat lebih besar dari dosa berzina dan membunuh sekalipun.

Ia menegaskan bahwa kualitas hidup seseorang akan terlihat dari cara orang tersebut menjaga kualitas salatnya. Jika merapikan kualitas salat saja tidak mampu, bagaimana bisa merapikan kualitas hidup.

Ustaz Oemar Mita, Lc lalu berpesan pada jamaahnya untuk tetap menjaga salat karena salat itulah yang akan menjaga dan membimbing hati mendapat hidayah dan berkah dari Allah. Jangan sampai salat diremehkan atau bahkan ditinggalkan karena malu atas dosa yang diperbuat.

Baca Juga: Jessica Mila Belajar Salat Trending di Media Sosial

“Tetap jaga salat karena salatlah yang akan menolongmu kelak,” ucapnya.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Mualaf
Demi Ketenangan Hati, Pria Ini Rela Tinggalkan Pekerjaan Dengan Gaji Rp100 Juta Per Bulan
Berwudu
Bagaimana Hukum Berwudu di Toilet?, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat
Habib Rifky Alaydrus
Jadi Regenerasi Islam, Anak Kecil Tak Boleh Dimarahi Saat Main di Masjid
Berita terbaru: Kisah cinta seseorang yang berakhir dengan sebuah pernikahan dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya dapat dicontoh dari kisah cinta para nabi.
Pelajaran dari Kisah Cinta Para Nabi yang Perlu Kamu Ketahui
Husnul khotimah
Meninggal Waktu Imami Salat Subuh, Pria Ini Didoakan Husnul Khatimah
Palestina
Temukan Uang Jatuh di Dekat Kakinya, Wanita Ini Tak Mau Mengambilnya: Bukan Hak Saya