Cara Membuat dan Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan

Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan

Macaron. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Apakah kamu mau mencoba resep Macaron, kue khas dari Prancis? Macaron adalah sebuah kue tradisional Perancis yang terkenal akan keunikannya. Kue ini terdiri dari dua bagian kue yang berbentuk bulat dan pipih, yang ditempelkan bersama dengan sebuah lapisan isian yang manis dan lembut. Bagian luar kue ini memiliki tekstur yang renyah dan crunchy, sementara bagian dalamnya lembut dan sedikit lembab.

Macaron dibuat dari gabungan tepung almond, gula halus, dan putih telur yang dikocok hingga mengental. Pewarna makanan juga dapat ditambahkan untuk memberikan warna yang menarik. Kemudian adonan dituangkan ke dalam piping bag dan ditekan ke atas baking sheet untuk dibentuk menjadi bulatan-bulatan yang sama. Setelah mengering selama beberapa menit, kue ini kemudian dipanggang dalam oven hingga matang.

Isian dari macaron bervariasi, namun yang paling umum adalah ganache, yang terdiri dari coklat dan krim, atau buttercream yang dibuat dari mentega dan gula halus. Beberapa varian lain yang populer adalah macaron dengan isian seperti marmelade, jelly, atau pasta buah.

Macaron dikenal sebagai salah satu kue yang paling rumit dan sulit untuk dibuat, namun hasil akhirnya sangat indah dan lezat. Kue ini sering dijadikan sebagai kue pernikahan atau kue ulang tahun karena kemewahannya. Macaron juga menjadi salah satu kue yang paling digemari oleh para pencinta kuliner di seluruh dunia.

Kali ini kami akan membagikan resep macaron untuk anda. Selamat mencoba:

Resep Macaron

Resep Macaron, Kue Enak dan Lezat yang Bikin Ketagihan
Kue Macaron. [Foto: Canva]

Berikut resep macaron:

  • 200 gr gula halus
  • 100 gr tepung almond
  • 100 gr tepung kue
  • 110 gr putih telur
  • 25 gr gula pasir
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat Macaron

  1. Kocok putih telur hingga mengental, kemudian tambahkan gula pasir secara bertahap sambil terus di kocok hingga mencapai konsistensi keras.
  2. Campur tepung almond dan tepung kue, lalu sift bersama-sama ke dalam adonan putih telur yang sudah dikocok. Aduk dengan spatula hingga rata.
  3. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera (opsional), lalu aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam piping bag yang sudah dilengkapi dengan nozzle yang ukurannya sesuai selera.
  5. Piping adonan di atas baking sheet yang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau ditaburi tepung kue.
  6. Biarkan macaron mengering selama 30 menit sampai 1 jam, atau sampai permukaannya kering dan tidak lengket ketika disentuh.
  7. Panaskan oven hingga 150-160 derajat celcius, lalu panggang macaron selama 15-20 menit sampai matang.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum digunakan atau disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Catatan

  • Pastikan putih telur yang digunakan sudah benar-benar bersih dan tidak tercampur dengan kuning telur, karena hal ini akan mempengaruhi hasil akhir.
  • Pada tahap pengocokan putih telur, pastikan mixer tidak terlalu cepat, karena hal ini dapat menyebabkan putih telur tidak tercampur dengan sempurna dengan gula pasir.
  • proses pembuatan macaron ini sangat rawan dengan kondisi cuaca dan suhu dapur, jadi harus diperhatikan dengan baik

Baca juga: Resep Tom Yam Rumahan, Makanan Khas Thailand yang Nggak Bikin Ribet

Nah, itulah resep macaron dari Prancis. Selamt mencoba.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Perasaan nyeri pada area payudara apakah menjadi tanda bagi kanker payudara?. Apalagi terasa nyeri membakar
Apakah Nyeri Seperti Terbakar di Payudara Merupakan Tanda Kanker Payudara?
Cekricek.id – Saat kecil, kita pasti terbiasa dengan minum susu setiap harinya. Bahkan sampai usia balita, minuman hangat tersebut berhasil menjadi favorit anak-anak di masa tersebut. Namun perlu diingat bahwa kita juga tidak boleh berlebihan mengonsumsinya.
Anak Minum Susu Terlalu Banyak, Bisa Bikin Gemuk
Cekricek.id – Perempuan yang memiliki rambut pendek tetap bisa menatanya mereka dengan cara mencepol alias disanggul. Bahkan ada berbagai macam model yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal tersebut.
3 Inspirasi Model Sanggul untuk Wanita Rambut Pendek, Sederhana Tapi Tetap Cantik
Dulu Dianggap Tumbuhan Liar, Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Bisa di jual dengan Harga Selangit
Ini Manfaat Buah Ciplukan yang Dulu Tumbuhan Liar, Kini Dijual dengan Harga Selangit
Cekricek.id - Belakangan ini operasi lasik identik untuk memperbaiki serta mengatasi berbagai masalah mata, tapi tidak untuk jenis penyakit ini
Masalah Mata yang Tidak Dapat Dikoreksi dengan Operasi Lasik
Cekricek.id – Mempertahankan hubungan dengan pasangan yang sering merasa insecure memang tidak mudah. Pasangan tersebut, perlu memiliki cara yang ampuh untuk membuat dirinya dan si dia bisa terus berjalan awet dan tidak saling membelenggu satu sama lain.
4 Cara Pertahankan Hubungan dari Pasangan yang Mudah Insecure