Jembatan Sumatera-Bengkalis Akan Menjadi Terpanjang di Indonesia, Butuh Biaya Berapa?

Berita Riau Hari Ini: Jembatan Sumatera-Bengkalis Akan Menjadi Terpanjang di Indonesia, Butuh Biaya Berapa?

Ilustrasi. [Foto: Diciptakan dengan AI oleh Kreator Cekricek.id]

Bengkalis, Cekricek.id - Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis berencana membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Bengkalis. Jembatan ini diklaim akan menjadi yang terpanjang di Indonesia, dengan panjang 6,1 kilometer.

Anggaran proyek jembatan ini diperkirakan mencapai Rp7 triliun. Pemerintah berharap agar pembangunan jembatan ini bisa masuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) pada tahun 2025-2029. Hal ini bertujuan agar lebih mudah mendapatkan pembiayaan dari APBN.

Tujuan dari dibangunnya jembatan ini yaitu untuk mempermudah akses transportasi dan mobilitas masyarakat. Saat ini, satu-satunya akses transportasi dan mobilitas masyarakat, barang dan jasa dari Pulau Bengkalis hanya mengandalkan kapal roro Sungai Selari-Air Putih.

Dosen Teknik Sipil Universitas Riau (Unri) Muhammad Ikhsan menyambut baik rencana pembangunan jembatan tersebut. Ia menyampaikan pandangannya terkait efisiensi biaya pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Sungai Pakning dengan Pulau Bengkalis.

Menurut Ikhsan, pembangunan jembatan yang diperkirakan memerlukan dana hingga Rp7 triliun lebih itu, bisa diefisiensikan kontruksinya, hingga hanya menghabiskan dana separuh dari dana awal yang diperkirakan.

"Jadi terkait dengan lebar jembatan, barangkali masih bisa diefisiensikan. Desain awal studi kelayakannya itu lebar jembatannya 30 meter, mungkin bisa diperkecil, karena volume lalu lintas yang juga tidak sebesar itu, jika lebarnya dibuat 10 meter itu sudah cukup," ujar Ikhsan saat menemui Gubri Edy Nasution di Taman Gembira Duri Lengkeng, Pekanbaru, Selasa (30/1/2024).

"Jadi masukan yang kita berikan agar lebih efisien, lebih hemat anggaran, dan realistis. Sehingga rencana pembangunan jembatan ini lebih cepat terealisasi," imbuhnya.

Gubri Edy Nasution menyambut baik saran dan masukan yang disampaikan Ikhsan. Menurutnya, dengan adanya pandangan-pandangan seperti itu, dapat memperkaya argumentasi, terkait dengan rencana pembangunan jembatan.

Baca juga: Struktur Perekonomian Bengkalis: Sektor Pertambangan, Industri Pengolahan, dan Pertanian menjadi Andalan

"Dengan adanya diskusi seperti ini, tentu akan memperkaya dan memperkuat argumentasi kita tentang pembangunan jembatan ini. Sehingga dengan adanya argumentasi yang kuat, harapannya cita-cita yang sudah dinanti terhadap pembangunan jembatan ini dapat segera terwujud," pungkasnya.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Channel Cekricek.id.

TAGS

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Pemerintah Bengkalis Siapkan Anggaran Rp10 Miliar untuk Program Pasar Murah Menjelang Pemilu dan Bulan Ramadhan
Pemerintah Bengkalis Siapkan Anggaran Rp10 Miliar untuk Program Pasar Murah
Berita Riau Hari Ini: Kapal Terbalik di Perairan Pulau Rupat Bengkalis, 3 ABK Selamat
Kapal Terbalik di Perairan Pulau Rupat Bengkalis, 3 ABK Selamat
Berita Riau Hari Ini: Pemkab Bengkalis Bersihkan Sungai Siak Kecil untuk Atasi Banjir
Pemkab Bengkalis Bersihkan Sungai Siak Kecil untuk Atasi Banjir
Berita Riau Hari Ini: Bupati Kasmarni Sambangi Dusun Terpencil Bengkalis Bawa Bantuan dan Janji Bangun Pustu
Bupati Kasmarni Sambangi Dusun Terpencil Bengkalis Bawa Bantuan dan Janji Bangun Pustu
Berita Riau Hari Ini: 13 Puskesmas di Bengkalis Raih Akreditasi Paripurna Kemenkes
13 Puskesmas di Bengkalis Raih Akreditasi Paripurna Kemenkes
Berita Riau Hari Ini: 140 Pejabat Struktural dan Fungsional di Pemkab Bengkalis Resmi Dilantik, Bupati Kasmarni: Fokus pada Percepatan Pembangunan
140 Pejabat Struktural dan Fungsional di Pemkab Bengkalis Resmi Dilantik, Bupati Kasmarni: Fokus pada Percepatan Pembangunan