Kemenag Buka Pelunasan BPIH Tahap II Jemaah Haji Reguler

Berita Riau Hari Ini: Kemenag Buka Pelunasan BPIH Tahap II Jemaah Haji Reguler

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Cekricek.id - Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi membuka pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Tahap II bagi jemaah haji reguler tahun 1445H/2024. Pelunasan digelar mulai 13 hingga 26 Maret 2024 dengan kuota tersedia sebanyak 12.719 jemaah.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, menjelaskan bahwa pelunasan BPIH Tahap I untuk jemaah haji reguler telah ditutup pada 23 Februari 2024 lalu dengan total 200.601 jemaah yang melunasi. Dengan adanya sisa kuota, Kemenag membuka pelunasan Tahap II bagi empat kategori jemaah.

"Pelunasan BPIH Tahap II diperuntukkan bagi jemaah haji reguler yang masuk dalam empat kategori, yaitu jemaah yang gagal sistem pada Tahap I, pendamping jemaah lanjut usia, pendamping jemaah disabilitas, serta jemaah gabungan keluarga yang terpisah," terang Saiful kepada awak media, Rabu (13/3/2024).

Saiful menyebutkan, kuota haji Indonesia tahun ini mencapai 241.000 jemaah, terdiri dari 213.320 jemaah reguler dan 27.680 jemaah khusus. Kuota tersebut meningkat dari awal yang hanya 221.000 jemaah setelah mendapat tambahan 20.000 kuota dari pemerintah Arab Saudi.

Seperti halnya pelunasan Tahap I, jemaah yang akan melunasi BPIH pada Tahap II wajib memenuhi syarat istitha'ah kesehatan. Syarat tersebut meliputi serangkaian pemeriksaan seperti pendaftaran, pengukuran antropometri, pemeriksaan laboratorium, radiologi, EKG, dan pemeriksaan fisik.

"Daftar jemaah haji reguler yang berhak melunasi BPIH Tahap II 1445H dapat diakses melalui website www.haji.kemenag.go.id. Petugas Kemenag Kabupaten/Kota telah menginput usulan jemaah yang dapat melunasi pada tahap ini," pungkas Saiful.

Baca juga: 80 Persen Calon Jemaah Haji Riau Sudah Melunasi BPIH

Pelunasan BPIH Tahap II akan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB di kantor Kemenag setempat. Bagi jemaah yang terdaftar, pelunasan ini menjadi tahapan penting untuk mewujudkan niat beribadah haji di Tanah Suci pada musim haji mendatang.

Tag:

Baca Juga

Potret Mini Alexander Agung Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Denmark
Potret Mini Alexander Agung Berusia 1.800 Tahun Ditemukan di Denmark
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Terkini Riau.
Prakiraan Cuaca Terkini Riau, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Penelitian Terbaru Mengungkap Kemungkinan Tujuan Lain Penelitian Terbaru Mengungkap Kemungkinan Tujuan Lain Stonehenge
Penelitian Terbaru Mengungkap Kemungkinan Tujuan Lain Stonehenge
Berita Riau Hari Ini: Misteri Mayat Wanita Tanpa Busana Ditemukan Terlilit Kabel Listrik di Kampar
Misteri Mayat Wanita Tanpa Busana Ditemukan Terlilit Kabel Listrik di Kampar
Berita Riau Hari Ini: 34.271 Warga Riau Hafidz Al-Quran Berkat Program Satu Guru Hafidz Satu Desa
34.271 Warga Riau Hafidz Al-Quran Berkat Program Satu Guru Hafidz Satu Desa
Berita Riau Hari Ini: UIR Kukuhkan Tiga Profesor Baru, Tingkatkan Kualitas Akademik
UIR Kukuhkan Tiga Profesor Baru, Optimis Tahun 2041 Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia