Memperingati HUT Kota Padang ke-354: HBT Adakan Operasi Katarak Gratis

Memperingati HUT Kota Padang ke-354: HBT Adakan Operasi Katarak Gratis

Ketua Pelaksana, Dadang Gozali kegiatan Operasi Katarak Gratis HBT. [Ist]

Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Padang menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi masyarakat dalam rangka HUT Kota Padang ke-354 dan HUT RI ke-78.

Cekricek.id, Padang - Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Kota Padang tidak tinggal dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang yang ke-354. Mereka mengambil langkah nyata dengan menggelar operasi katarak secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Aksi ini merupakan bagian dari kepedulian terhadap sesama dan sudah menjadi agenda rutin HBT di berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan Berarti dengan Tema Menggugah

Operasi katarak gratis ini mengangkat tema "Awak Mancaliak Tarang," yang berarti "Ingin Melihat Terang." Terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya, aksi ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan.

"Tujuan dari operasi katarak ini dalam rangka HUT RI ke-78 sekaligus memperingati HUT Kota Padang. Kehadiran HBT dirasa perlu untuk membantu masyarakat," ungkap Ketua Pelaksana, Dadang Gozali, Kamis (3/8/2023).

Pencapaian dan Rencana Pelaksanaan

HBT, sebagai organisasi sosial yang berkomitmen tinggi, telah sukses melakukan operasi katarak di berbagai daerah lain seperti Jakarta, Papua, Nusa Tenggara, dan beberapa daerah di Pulau Jawa.

"Operasi katarak ini untuk targetnya tidak terbatas, kita akan menyesuaikan dengan kemampuan dokter, jadi dokter akan bekerja dimulai jam 8 hingga malam. Biasanya bisa ditangani sekitar 150 atau 200 orang bahkan lebih," terang Dadang.

Dadang juga menyebutkan bahwa operasi katarak ini akan didukung oleh dokter spesialis mata dari luar Sumatra Barat, seperti Jakarta dan Pekanbaru. Pelaksanaannya akan diawali dengan screening (pemeriksaan awal) pada 5-6 Agustus di Gedung Himpunan Bersatu Teguh, Jalan Klenteng, yang dimulai pukul 09.00 pagi.

Tak berhenti sampai di situ, lanjutan operasi mata akan dilaksanakan di UPTD Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Sumbar pada 12 Agustus mendatang yang dimulai pukul 08.00 pagi. Selain itu, pemeriksaan pascaoperasi (Post Op) akan dilakukan pada 13 Agustus mendatang di Gedung Himpunan Bersatu Teguh yang dimulai pukul 09.00 pagi.

Kegiatan bakti sosial ini menjadi bukti nyata dari komitmen HBT Kota Padang dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Melalui operasi katarak gratis ini, HBT berupaya memberikan harapan dan kebahagiaan baru kepada mereka yang mengalami masalah penglihatan. Inisiatif ini semoga menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berbagi dan peduli dengan sesama.

Temukan berita Padang terbaru hari ini dan terkini seputar peristiwa, politik, hukum, kriminal, budaya, sejarah, hiburan, dan gaya hidup hanya di Cekricek.id.

Baca Juga

Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Kadin Sumbar Ingatkan Pemprov Agar Komprehensif Menyusun RPJP dan RTRW
Cekricek.id - HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
HK Targetkan Jalan Tol Riau - Sumbar Selesai Tahun 2024
Cekricek.id - Panduan Memilih Sewa Mobil di Padang: Tips Penting Sebelum Anda Menyewa Kendaraan
Panduan Memilih Sewa Mobil di Padang: Tips Penting Sebelum Anda Menyewa Kendaraan
Cekricek.id - Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Seorang Warga Tanah Datar Disambar Petir, Kini Dirawat Intensif di RSUD Batusangkar
Cekricek.id - Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres - Iqbal Sholihin
Menggali Logika Pemilih Sumbar dalam Pilpres
Cekricek.id - Kerusakan Jalan Payakumbuh-Lintau: Gubernur Sumbar Tangguhkan Perbaikan Hingga Solusi Tambang Ditemukan
Kerusakan Jalan Payakumbuh-Lintau: Gubernur Sumbar Tangguhkan Perbaikan Hingga Solusi Tambang Ditemukan