Penakut dan Suka Panik, Ini Cara Mengatasainya Menurut Ustaz Adi Hidayat

Ada orang yang takut bahkan berakhir pada panik yang berlebihan yang kadang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Ilustrasi. [Foto: Ist]

Cekricek.id - Setiap orang memiliki sifat dan karakternya masing-masing. Sifat dan karakter seseorang tersebut bermacam-macam. Di antara sifat-sifat yang ada pada manusia di antaranya ialah sifat takut dan panikan. Di zaman kini tak jarang mereka yang ditemui takut hingga panik akan suatu hal

Memiliki rasa takut merupakan suatu hal yang wajar bagi seseorang. Terutama takut ke pada Allah SWT yang tentunya wajib diterapkan dalam hidup.

Takut itu sendiri merupakan sebuah sifat yang wajar dimiliki seseorang dalam kehidupan. Misalnya takut pada binatang buas, takut pada hewan-hewan yang menggelikan, takut pada sesama manusia, dan takut lainnya.

Namun, terkadang rasa takut yang berlebihan dimiliki seseorang juga tidak baik. Misalnya saja takut ketiga adanya gempa bumi. Jika takut itu tak dapat dikontrol dan berakhir panik, maka itu bisa membuat hal yang tak diinginkan terjadi.

Mirisnya lagi ketika rasa takut dibarengi dengan rasa panik yang berlebihan. Hal itu dapat merugikan diri sendiri atau pun orang lain.

Memiliki rasa takut yang berlebihan kecuali kepada Allah SWT sesungguhnya tidaklah baik. Hal tersebut bisa diatasi agar perasaan takut dan panikan itu tidak berlebihan pada seseorang.

Lantas, inilah cara mengatasi rasa takut dan panik yang berlebihan menurut ustaz Adi Hidayat, yang dilansir dari kanal youtubenya AdiHidayatOfficial yang dilansir pada Senin (19/9/2022).

Sifat takut itu sendiri menurut ustaz Adi Hidayat ada yang mengarah ke positif dan ada yang mengarah ke sifat negatif. Sebagai umat muslim, tentunya sifat takut yang positiflah yang sebaiknya diterapkan dalam kehidupan.

Sifat takut positif itu sendiri menurut ustaz Adi Hidayat adalah sifat takut yang mengantarkan dia selalu dalam perlindungan Allah SWT. Kalau misalnya dia mau bicara, dia takar dulu apakah hal yang dibicarakannya itu menyakiti orang lain atau tidak. Sekalipun bercanda, maka carilah kata-kata yang tidak menyulitkan bagi lawan bicara.

Sementara sifat takut yang negatif, ialah sifat takut yang memberikan kegelisahan-kegelisahan, kekhawatiran yang berlebihan hingga muncul berbagai prasangka-prasangka buruk yang membuat seseorang panik hingga melakukan hal yang salah.

Menurut ustaz Adi Hidayat mereka yang gelisah berlebihan itu merupakan dorongan dari setan yang membuat seseorang jadi panik dan takut. Hal inilah yang sepatutnya segera di atas agar tidak terbujuk rayuan setan untuk bersikap takut, panik, hingga gelisah yang berlebihan.

Solusi untuk Orang yang Suka Panikan dan Juga Penakut

Lampiran Gambar

Solusinya menurut Ustaz Adi Hidayat ialah dengan cara mendekat kepada pilihan-pilihan dzikir. Pertama, membangun kekuatan dan keyakinan dengan Allah SWT. Dengan membacakan doa berlindung kepada Allah dari godaan setan.

Kedua, kita juga bisa mengatasinya dengan cara pilihan zikir Allah yang ada di dalam Al-Quran. Caranya yaitu dengan berwudu, menghadap kiblat, dan membaca Al-Quran untuk melatih kebiasaan yang baik.

Ketiga, cara untuk menghilangkan kegelisahan yaitu dengan melakukan salat wajib yang disertai salat sunnah. Setelah melaksanakan salat lalu berdoa dan meminta kepada Tuhan untuk dijauhkan dari kegelisahan-kegelisahan yang menambah kepada beban pikiran seseorang.

Baca juga: Jatuh Cinta karena Pelet, Emang Bisa?

Itulah cara yang dapat dilakukan dan juga mengatasi rasa penakut dan suka panik yang berlebihan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa rasa takut yang sebaiknya dimiliki seseorang ialah rasa takut yang mengarah ke positif.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Masjid merupakan sebaik-baiknya tempat yang ada untuk dapat menyelesaikan suatu masalah menurut Ustaz Adi Hidayat.
Kata Ustaz Adi Hidayat: Masjid Sebaik-baiknya Tempat Menyelesaikan Masalah
Ustaz Adi Hidayat beberkan bagaimana hukumnya bila seorang muslim percaya dan minta pertolongan dukun.
Apa Hukum Percaya Pada Dukun? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat
Berwudu
Bagaimana Hukum Berwudu di Toilet?, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat
Berita islam: Amalan utama Nabi Muhammad SAW saat memasuki bulan suci Ramadan, wajib ditiru bila ingin dapat banyak pahala.
Amalan-amalan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Memasuki Ramadan
Bolehkah wanita bekerja dalam islam selalu jadi pertanyaan banyak kalangan, ternyata diperbolehkan dengan 2 syarat ini.
Empat Keistimewaan Bulan Ramadan Menurut Ustaz Adi Hidayat
Berita terbaru hari ini: pernikahan tersingkat
Benarkah di Akhir Zaman Laki-laki Boleh Menikahi 50 Orang Wanita? Simak Selengkapnya