Pernah Alami Gusi Gatal? Ini Alasan dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Cekricek.id - Kita mungkin pernah merasa gatal yang tiba-tiba di beberapa bagian tubuh. Namun, di antara banyaknya kemungkinan mungkin tak pernah terpikir bahwa kita akan mengalami rasa gatal itu di gusi. Meskipun rasa gatal pada gusi tidak selalu perlu dikhawatirkan, dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat mengindikasikan adanya kondisi kesehatan tertentu.

Ilustrasi Gusi Gatal. [Foto: Health Digest]

Cekricek.id - Kita mungkin pernah merasa gatal yang tiba-tiba di beberapa bagian tubuh. Namun, di antara banyaknya kemungkinan mungkin tak pernah terpikir bahwa kita akan mengalami rasa gatal itu di gusi. Meskipun rasa gatal pada gusi tidak selalu perlu dikhawatirkan, dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat mengindikasikan adanya kondisi kesehatan tertentu.

Melansir Health Digest, alasan yang menyebabkan gusi gatal relatif sedikit. Gusi gatal mungkin diakibatkan oleh perkembangan sariawan yang menjengkelkan atau goresan yang terjadi di dalam mulut.

Beberapa orang mungkin mengalami gusi gatal karena mengalami perubahan hormonal alami, seperti selama kehamilan atau menopause. Atau pada kondisi tertentu mungkin kamu juga mengalami rasa sakit yang cukup parah.

Para ahli mengatakan bahwa, kadang-kadang, saat gigi bungsu kita tumbuh, gusi yang gatal terkadang bisa menyertai pertumbuhan ini. Sebaliknya, beberapa orang mengalami rasa gatal pada gusi setelah pencabutan gigi bungsu.

Namun, lebih sering daripada tidak, para ahli di Definitive Dental mengatakan bahwa gusi yang gatal biasanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Jika kita tidak rutin menyikat gigi, flossing, atau pergi ke dokter gigi untuk membersihkan gigi secara rutin, hal ini dapat berdampak pada kesehatan gigi dan gusi kita.

Gusi Gatal Tanda Apa?

Jika kita tidak menjaga kebersihan mulut dengan benar, kita mungkin mulai mengalami penumpukan plak di gigi. Selanjutnya, kombinasi sisa makanan, lendir, dan bakteri dapat semakin memperburuk akumulasi plak sehingga menyebabkan gusi gatal. Dalam beberapa kasus, penumpukan plak dapat berkembang menjadi penyakit gusi, termasuk gingivitis.

Pernah Alami Gusi Gatal? Ini Alasan dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Ketika memakai gigi palsu atau perangkat gigi lain yang tidak dipasang dengan benar ke mulut kita, hal ini juga dapat menyebabkan gusi menjadi gatal. Partikel makanan dapat tersangkut di ruang antara gigi dan permukaan gusi, sehingga memudahkan pertumbuhan bakteri. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan gusi gatal, atau lebih buruk lagi, infeksi.

Bagi sebagian orang, gusi yang gatal mungkin merupakan gejala reaksi alergi terhadap sesuatu yang dimakannya. Dalam permasalahan ini, para ahli di TeethTalkGirl mengatakan bahwa seseorang kemungkinan akan merasa gatal di beberapa area mulut mereka, termasuk lidah, pipi, gusi, dan banyak lagi. Mereka yang memiliki alergi makanan yang parah mungkin berisiko mengalami syok anafilaksis dan memerlukan perhatian medis segera.

Baca juga: Awas! Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Dampak Sering Menggertakkan Gigi

Meski mengganggu, rasa gatal pada gusi paling sering bersifat sementara. Seperti yang dinyatakan melalui Definitive Dental , iritasi gusi sementara terjadi pada banyak orang dewasa karena berbagai alasan.

Kabar baiknya adalah, apa pun yang menyebabkan ketidaknyamanan di gusi, itu mungkin adalah sesuatu yang dapat diatasi dengan menjaga kebersihan gigi yang lebih baik dan dukungan profesional yang tepat.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Cekricek.id – Mungkin sebagian wanita pernah menyadari bahwa mereka memiliki bentuk payudara yang asimetri atau berbeda. Bisa jadi salah satunya terlihat sedikit lebih besar dari yang lain, atau satu areolanya tampak lebih kecil atau lebih terpusat daripada yang lain, atau hal semacam itu.
Apakah Normal Memiliki Ukuran Payudara yang Berbeda? Ini Kata Ahli
cara hapus akun Facebook
Bosan dengan Facebook, Ingin Menghapus Akun Secara Permanen, Ini Caranya
Cekricek.id – Penting untuk mengetahui gebetan yang kamu taksir tertarik atau tidak denganmu. Meski, cukup mudah untuk mengetahuinya, namun terkadang kita harus berhadapan dengan si “dia” yang memiliki sifat tertutup dan lebih pendiam. Oleh karena itu, kamu harus mengenali tanda-tandanya.
Mau Nembak Tapi Masih Ragu? Ini 7 Tanda Gebetan Tidak Tertarik denganmu
Mengubah kebiasaan hidup yang tidak sehat menjadi sehat merupakan keinginan banyak orang, inilah beberapa tips yang dapat dilakukan.
Tips Ubah Kebiasaan Buruk Agar Hidupmu Bisa Jadi Lebih Sehat
Bagi Kamu yang kurus dan terlihat cacingan dapat melakukan tujuh kebiasaan ini agar berat badan naik dan dapatkan hidup sehat.
6 Kebiasaan Ini Ampuh Menaikkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat
Tidak Lepas Ikat Rambut Saat Tidur Ternyata Bahaya
Sering Ketindihan 'Hantu' Saat Tidur, Ini Cara Mengatasinya