PLTA Koto Panjang Umumkan Peningkatan Bukaan Pintu Waduk Menjadi 5x40 Cm untuk Mengatasi Kenaikan Inflow

Berita Riau Hari Ini: PLTA Koto Panjang Umumkan Peningkatan Bukaan Pintu Waduk Menjadi 5x40 Cm untuk Mengatasi Kenaikan Inflow

PLTA Koto Panjang. [Foto: Istimewa]

Kampar, Cekricek.id - Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang mengumumkan langkah signifikan dengan menambah tinggi bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) pada Kamis (18/1/2024) pukul 10.00 WIB pagi. Penambahan ini menjadi respons terhadap kenaikan inflow yang menyebabkan elevasi Waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, mengalami kenaikan.

Cecep Sofhan Munwar, Manager PLTA Koto Panjang, telah menyampaikan informasi terkait tindakan tersebut pada Selasa (9/1/2024). Menurutnya, "PLTA Koto Panjang telah menambah bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate). Sebelumnya, pintu ini memiliki pembukaan sebesar 5x30 Cm, dan sekarang ditingkatkan menjadi 5x40 cm."

Penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan seiring dengan meningkatnya debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang. Dengan peningkatan ini, total bukaan pintu pelimpah PLTA Koto Panjang menjadi 5x70 Cm.

Cecep menjelaskan rincian data terkait perubahan ini, "Outflow Turbine mencapai 246.38 m3/s, Outflow Spillway 5x30 Cm sebesar 262.06 m3/s, Total Outflow mencapai 508.44 m3/s, dan Inflow Waduk mencapai 1123.61 m3/s."

Langkah ini diambil untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan Waduk PLTA Koto Panjang di tengah fluktuasi kondisi alam. Dengan menyesuaikan bukaan pintu pelimpah, PLTA Koto Panjang berupaya mengoptimalkan penanganan kenaikan inflow agar tetap berada dalam batas yang aman.

Peningkatan bukaan pintu pelimpahan menjadi 5x40 Cm diharapkan dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh PLTA Koto Panjang akibat perubahan kondisi alam. Langkah ini juga sejalan dengan komitmen PLTA Koto Panjang dalam menjaga keberlanjutan operasional dan keamanan infrastruktur waduk.

Baca juga: Antisipasi Banjir, PLTA Koto Panjang Kembali Kurangi Elevasi Air 40 Cm Hari Ini

Dalam konteks ini, PLTA Koto Panjang mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap perubahan situasi terkait waduk. Informasi terkini dan pembaruan akan terus disampaikan secara berkala untuk memastikan transparansi dan kejelasan informasi terkait kondisi PLTA Koto Panjang.

Baca Berita Riau Hari Ini setiap hari di Cekricek.id.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi
Harta Karun Migas Baru Ditemukan di Kampar, Riau: Potensi 87,09 BCF Gas Bumi
Berita Riau Hari Ini: Polisi Grebek Rumah Pengedar Narkoba di Kampar Kiri, Sabu dan Uang Tunai Disita
Polisi Grebek Rumah Pengedar Narkoba di Kampar Kiri, Sabu dan Uang Tunai Disita
Berita Riau Hari Ini: Debit Air Meningkat, PLTA Koto Panjang Kembali Buka Pintu Waduk Jadi 3 x 50 Cm
Debit Air Meningkat, PLTA Koto Panjang Kembali Buka Pintu Waduk Jadi 3 x 50 Cm
Berita Riau Hari Ini: Bocah 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang Kampar Ditemukan Meninggal Dunia
Bocah 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang Kampar Ditemukan Meninggal Dunia
Berita Riau Hari Ini: Bocah 5 Tahun Tenggelam di Sungai Kampar Saat Naik Sampan Bersama Orang Tua
Bocah 5 Tahun Tenggelam di Sungai Kampar Saat Naik Sampan Bersama Orang Tua
Berita Riau Hari Ini: Bocah Berusia 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang, Tim Basarnas Lakukan Pencarian
Bocah Berusia 10 Tahun Tenggelam di Sungai Subayang, Kampar