Prakiraan Cuaca Riau 6 Januari 2024: Antisipasi Hujan Lebat dan Petir

Cekricek.id, Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Cekricek.id, Pekanbaru - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru merilis prakiraan cuaca terbaru untuk wilayah Riau pada Sabtu (6/1/2024). Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Riau.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Mia Vadilla, mengatakan bahwa hujan telah mengguyur Riau sejak pagi hari dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari. Namun, perlu ditekankan bahwa hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau.

Pagi hari ini, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi terjadi di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Bengkalis, Siak, dan juga Indragiri Hilir. Pada siang hingga sore hari, potensi hujan dengan intensitas serupa diperkirakan melanda hampir seluruh wilayah Provinsi Riau.

"Di malam hari, kita bisa mengantisipasi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru," ujarnya.

Untuk dini hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diharapkan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru.

BMKG memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Potensi ini bisa terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru, baik pada pagi, siang, sore, malam, atau dini hari.

Mia Vadilla juga menjelaskan bahwa suhu udara di Riau hari ini diprediksi berada di kisaran 22.0 – 30.0 °C, dengan kelembapan udara mencapai 60 – 100%. Arah angin diperkirakan berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut, dengan kecepatan antara 10 hingga 27 km/jam.

"Kami juga ingin memberitahukan bahwa prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50-1.25 m (Rendah)," tambahnya.

Dengan demikian, masyarakat Riau diharapkan untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan prakiraan cuaca terbaru guna mengantisipasi potensi cuaca ekstrem. Pastikan untuk selalu memperbarui informasi cuaca sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan pada 8 Januari 2024.

Baca Berita Riau Hari Ini hanya di Cekricek.id. Ikuti kami melalui WhatsApp Channel. Klik tautan untuk terhubung.

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau
Prakiraan Cuaca Riau 3 Maret 2023: Waspadai Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat
Cekricek.id - Prakiraan Cuaca Riau
Prakiraan Cuaca Riau 29 Februari 2024: Hujan Ringan Masih Berpotensi Guyur Riau Hari Ini
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau
Prakiraan Cuaca Riau 28 Februari 2024: Waspadai Hujan Lebat Pekanbaru
Cekricek.id, Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini
Prakiraan Cuaca Riau 27 Februari 2024: Hujan Lebat Disertai Petir Diperkirakan Guyur Riau Hari Ini
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau 26 Februari 2024: Berawan Disertai Hujan Ringan Sampai Sedang di Beberapa Wilayah
Prakiraan Cuaca Riau 26 Februari 2024: Berawan Disertai Hujan Ringan Sampai Sedang di Beberapa Wilayah
Berita Riau Hari Ini: Prakiraan Cuaca Riau 22 Februari 2024: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
Prakiraan Cuaca Riau 22 Februari 2024: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang