Ustaz Adi Hidayat Larang Berpuasa di Bulan Ramadhan Jika Tidak Memenuhi 3 Syarat Ini

Berita Terbaru: Ustaz Adi Hidayat menyampaikan bahwa ada tiga ketentuan yang harus diketahui saat akan berpuasa di bulan Ramadhan.

Ustas Adi Hidayat. [Foto: Youtube]

Berita Terbaru: Ustaz Adi Hidayat menyampaikan bahwa ada tiga ketentuan yang harus diketahui saat akan berpuasa di bulan Ramadhan.

Cekricek.id - Salah satu bulan yang ditunggu oleh umat muslim ialah bulan Ramadhan. Pada bulan yang penuh berkah ini umat Islam dapat beribadah lebih banyak dan mendekatkan diri pada Yang Maha Pencipta.

Bulan Ramadhan identik dengan berpuasa. Di mana di bulan ini umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan.

Seluruh umat muslim di bulan Ramadhan wajib untuk melaksanakan puasa di siang hari. Namun rupanya tidak semua orang wajib melakukan puasa di bulan Ramadhan.

Ada juga larangan untuk mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan jika tidak memenuhi tiga ketentuan pokok ini.

Hal itu sala satunya disampaikan oleh ustad Adi Hidayat di kanal youtubenya Adi Hidayat Official yang berjudul "Syahnya Puasa Ramadhan Tergantung Syarat Berikut!"

Pada video tersebut ustaz Adi menyampaikan ada tiga syarat pokok yang harus dipenuhi umat muslim agar puasanya diterima.

Lantas, inilah tiga ketentuan pokok yang harus diketahui agar dapat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Pertama, terkait dengan syarat wajib puasa. Mereka yang wajib puasa ialah mereka yang memenuhi syarat wajib puasa ini. Jika tidak memenuhi ketentuan tersebut maka mereka tidak wajib berpuasa.
Mereka yang sudah sampai pada batas baligh. Wanita ditandai dengan datangnya masa haid atau laki-laki sudah mimpi basah.

Kendati demikian, mereka yang belum baligh dibolehkan berpuasa untuk melatih diri agar setelah baligh nantinya mereka terbiasa untuk menjalankan ibadah puasa.

Selanjutnya karena adanya kemampuan muslim untuk berpuasa. Mereka yang mampulah yang dapat menjalankan ibadah puasa. Namun bagi mereka yang terkena penyakit tertentu yang tidak membolehkan berpuasa maka tidak wajib bagi mereka untuk berpuasa.

Ustaz Adi menyampaikan bahwa Islam sangat toleransi dengan kondisi manusia. Kendati demikian, kita wajib mengganti puasa di bulan lain atau pu membayar dengan cara lain. Misalnya bersedekah atau yang lainnya sesuai syarat dan ketentuan.

Syarat syah selanjutnya untuk merek yang wajib bepuasa ialah mereka yang muslim. Misalnya, ada nonmuslim yang ingin mengetahui puasa, maka mereka belum wajib untuk menjalankan puasa. Hal tersebut karena mereka belum memeluk Islam dan belum menjadi seorang muslim.

Telah tiba masuknya waktu siang. Secara teknis mulai waktu Ramadhan dihitung berdasarkan pergerakan bulan. Puasa dilakukan mulai fajar hingha datang Magrib untuk wajib berbuka.

Terakhir yang wajib diketahui agar puasa diterima ialah niat. Niat menjadi hal yang penting saat berpuasa. Jia niat berpuasa memang karena menunaika ibadah, maka puasa seseorang akan diterima. Sebaliknya jika hanya ingin mendapatka pujian dari orang sekitar makal puasanya tidak sah.

Sementara, ustaz Adi Hidayat juga menyampaikam bahwa adanya gabungan antara syarat wajib dan syarat sah dalam berpuasa.

Baca juga: Apa Boleh Percaya Ramalan? Begini Penjelasan Quraish Shihab

Pertama, ialah mereka yang berakal sehat. Ini wajib bagi mereka yang tidak ada halangan untuk tidak berpuasa. Mereka yang tidak sehat secara logika (terganggu akalnya), maka mereka tidak wajib berpuasa.

Kedua, bagi wanita yang tiba masa hadinya. Wanita yang dalam keadaan tidak suci itu diharamkan untuk berpuasa. Kendati demikian, wanita wajib mengganti masa haidnya itu dengan berpuasa di bulan lain.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Berwudu
Bagaimana Hukum Berwudu di Toilet?, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat
Berita islam: Amalan utama Nabi Muhammad SAW saat memasuki bulan suci Ramadan, wajib ditiru bila ingin dapat banyak pahala.
Amalan-amalan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Memasuki Ramadan
Berita artis: Ustaz Abdul Somad menjelaskan bagaimana hukumnya seorang suami mencium istrinya di saat bulan Ramadhan, apakah bata puasanya?
Apa Hukum Hukum Mencium Istri di Bulan Puasa? Ini Jawaban Ustaz Abdul Somad
Berita terkini, terbaru, dan berita pilihan hari ini: Ustaz Adi Hidayat berpendapat jika transgender meninggal dunia, maka harus dimakamkan sesuai dengan fitrahnya lahirnya. Ia pun memberikan penjelasan 3 cara membantu mereka yang sudah terlanjut menjalani operasi transgender.
Empat Keistimewaan Bulan Ramadan Menurut Ustaz Adi Hidayat
Berita artis: Ustaz Husain mengungkapkan ternyata ada solusi bagi Kamu yang belum mempu mengganti hutang puasa di bulan Ramadan lalu.
Masih Punya Hutang Puasa Padahal Sudah Mau Puasa Lagi, Ini Solusi Dari Ustaz Husain
Berita terbaru hari ini: pernikahan tersingkat
Benarkah di Akhir Zaman Laki-laki Boleh Menikahi 50 Orang Wanita? Simak Selengkapnya