Warga Pangkalan Kuras Terluka Akibat Serangan Gajah Liar

Berita Riau Hari Ini: Warga Pangkalan Kuras Terluka Akibat Serangan Gajah Liar

Ilustrasi. [Foto: Canva]

Pelalawan, Cekricek.id - Situasi mencekam menyelimuti Dusun Tuo, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau, ketika seekor gajah Sumatera liar memasuki area permukiman warga dan menyerang seorang penduduk setempat pada Minggu (24/3/2024).

Insiden ini memuncak setelah upaya pengusiran mandiri yang dilakukan oleh warga justru memancing amarah sang gajah.

Menurut Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman Suhefti Hasibuan, peristiwa mengejutkan ini bermula ketika gajah liar tersebut memasuki area perkebunan warga.

Dalam upaya untuk mengusir, seorang warga melakukan penggiringan secara mandiri. Namun, aksi ini justru memicu respon agresif dari gajah, yang kemudian mengejar dan menyerang warga tersebut.

"Awalnya, warga mencoba melakukan pengusiran mandiri saat gajah tersebut memasuki area perkebunan. Sayangnya, upaya ini justru memancing amarah gajah, yang kemudian mengejar dan menyerang warga yang melakukan penggiringan," jelas Genman, Senin (25/3/2024).

Akibat serangan tragis ini, korban mengalami luka robek parah di bagian punggung. Untuk penanganan medis yang lebih lanjut, korban segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Pihak BBKSDA Riau menduga bahwa gajah liar yang menyerang berasal dari Kantong Gajah Tesso, sebuah kawasan konservasi gajah di Riau.

Menanggapi situasi darurat ini, tim khusus dari BBKSDA Riau bergegas menuju lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi, berkoordinasi dengan pihak terkait, serta melakukan sosialisasi dan upaya mitigasi guna mencegah insiden serupa di masa mendatang.

"Tim BBKSDA Riau telah diperintahkan untuk segera menuju ke lokasi kejadian, melakukan identifikasi, berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat, dan mengambil langkah-langkah mitigasi yang diperlukan, termasuk sosialisasi kepada masyarakat," tegas Genman.

Baca juga: Cara Gajah Berkabung dan Menguburkan Anaknya yang Mati

Insiden ini kembali menyoroti pentingnya upaya konservasi dan perlindungan habitat bagi satwa liar, serta perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berinteraksi dengan satwa yang terancam punah seperti gajah Sumatera. Pemerintah dan pihak berwenang diharapkan dapat mengambil tindakan cepat dan efektif untuk menjamin keselamatan warga sekaligus melindungi keberadaan satwa liar yang terancam.

Tag:

Baca Juga

Berita Riau Hari Ini: Kini Listrik Hidup 24 Jam di Desa Pangkalan Terap, Pelalawan
Kini Listrik Hidup 24 Jam di Desa Pangkalan Terap, Pelalawan
Berita Riau Hari Ini: Pemkab Pelalawan Siapkan Rp15,9 Miliar untuk Santunan Anak Yatim
Pemkab Pelalawan Siapkan Rp15,9 Miliar untuk Santunan Anak Yatim
Berita Riau Hari Ini: Pemerintah Kabupaten Pelalawan Salurkan Anggaran Miliaran Rupiah untuk Bantu 5.300 Anak Yatim Setiap Tahun
Pemerintah Kabupaten Pelalawan Salurkan Anggaran Miliaran Rupiah untuk Bantu 5.300 Anak Yatim Setiap Tahun
Berita Riau Hari Ini: Dua Pelajar SMP Tewas Tenggelam di Sungai Kualo Pelalawan, Diduga Akibat Arus Deras
Dua Pelajar SMP Tewas Tenggelam di Sungai Kualo Pelalawan, Diduga Akibat Arus Deras
Berita Pelalawan Hari ini, Cekricek, Berita Riau Hari Ini: Banjir Melanda Jalur Lintas Timur, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup
Banjir Melanda Jalur Lintas Timur, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup
Cekricek.id Berita Pelalawan Hari Ini dan Berita Riau Hari Ini: Tingkat Inflasi Kabupaten Pelalawan Terendah se-Provinsi Riau
Tingkat Inflasi Kabupaten Pelalawan Terendah se-Provinsi Riau