6 Olahragawan Terjun ke Politik, Ada Yang Jadi Wali Kota Bahkan Jadi Presiden

Inillah daftar olahragawan terkenal di dunia yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Siapa saja mereka, ada yang kenal?

Romario [Foto: Instagram]

Inillah daftar olahragawan terkenal di dunia yang memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Siapa saja mereka, ada yang kenal?

Cekricek.id - Menjadi olahragawan  terkenal di dunia dapat dijadikan modal dalam terjun ke dunia politik. Ia tidak perlu lagi melakukan kampanye untuk memperkenalkan diri karena sejak muda, sosoknya sudah punya banyak idola dan dikenali oleh masyarakat dunia.

Ada beberapa olahragawan yang setelah pensiun memanfaatkan popularitasnya untuk terjun ke politik.
Berikut orang-orangnya:

Damiano Tommasi

Tommasi dulunya adalah pemain AS Roma. Ia juga mencatatkan 25 penampilan buat timnas Italia. Tommasi baru pensiun dari sepak bola pada tahun 2019 lalu.

Setelah itu, ia memilih terjun ke politik. Tommasi baru kemarin ini, Rabu (29/6) dilantik menjadi Wali Kota Verona.

Tommasi yang dinilai masih pemain baru di kancah perpolitikan di Italia justru berhasil menumbangkan Wali Kota Verona Petahana, Federico Sboarina.

Keberhasilan Tommasi menjadi wali kota tentu angin segar bagi dua klub di kota tersebut, yakni Hellas Verona dan Chievo Verona. Karena pemain yang pernah membela Hellas itu akan memberikan perhatian khusus bagi sepak bola.

George Weah

Mantan olahragawan yang terjun ke politik yang paling sensasional adalah legenda AC Milan George Weah. Mantan peraih Ballon d'Or itu sejak tahun 2018 lalu hingga sekarang adalah Presiden Liberia.

Weah menang dalam Pilpres Liberia pada 2018 lalu setelah empat tahun menjadi senator. Weah adalah satu-satunya mantan pemain sepak bola di Afrika yang sukses menjadi kepala negara.

Kakha Kaladze

Kaladze juga merupakan mantan pemain sepak bola yang pernah membela Dynamo Kyiv dan AC Milan. Kaladze pensiun dari sepak bola sejak 2012 lalu.

Setelah itu dia bergabung dengan Partai Georgian Dream–Democratic Georgia. Tak lama setelah masuk partai, pria yang dulunya bermain sebagai bek itu berhasil terpilih sebagai anggota parlemen.

Tak hanya sampai di situ, ia juga diangkat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Energi di negaranya Georgia.

Dan pada 2017, ia meninggalkan kursi empuknya di Kementerian untuk bertarung di Pemilihan Wali Kota Tbilisi. Dan mantan rekan Paolo Maldini itu berhasil dan menang dan sampai sekarang masih menjabat sebagai Wali Kota Tbilisi.

Romario

Legenda Brasil, Romario, juga tidak terjun ke dunia kepelatihan begitu pensiun dari sepak bola. Pahlawan Brasil di Piala Dunia 1994 itu memilih karir di dunia politik.

Sejak 2010 lalu, Romario terpilih sebagai Chamber of Deputies  atau anggota DPR di Brasil. Romario tergabung dalam Partai Sosialis Brasil.

Romario menang telak pada pemilihan karena para pemilih tak ragu memberikan suaranya kepada pahlawan yang telah membawa Brasil juara Piala Dunia 1994 lalu.

Sol Campbell

Mantan pemain Arsenal dan Tottenham Hotspur ini pernah terjun ke dunia kepelatihan. Campbell pernah melatih klub Inggris, Macclesfield Town dan Southend United.

Tapi karirnya sebagai pelatih tidak sehebat waktu Campbell menjadi pemain. Karena itulah, mantan bek Inggris itu mencoba peruntungan di kancah politik.

Campbell bergabung dengan Partai Konservatif pada tahun 2014 dan mengumumkan bahwa dia akan mengajukan diri untuk nominasi dari Partai Konservatif untuk Walikota London. Tapi Campbell tidak berhasil memenuhi ambisinya menjadi Wali Kota karena ia kalah dalam konvensi dalam partai.

Vitali Klitschko

Penggemar tinju pasti kenal dengan nama ini. Klitschko adalah mantan pemegang gelar tinju kelas berat WBO.

Setelah tidak aktif lagi di ring tinju, adik kandung dari petinju Vladimir Klitschko ini ingin memberikan bakti kepada negaranya dengan menjadi politikus. Klitschko berhasil menang dalam pertarungan memperebutkan kursi Wali Kota Kiev pada 2014 lalu.

Baca Juga: Atlet Ini Kehilangan Rahang Setelah Minum 1400 Lebih Botol Air Radioaktif

Pada pemilihan tahun 2020, Vitali berhasil mempertahankan kursinya. Sampai sekarang Vitali masih menjadi orang nomor satu Kiev. Tapi tahun ini tantangan Vitali cukup besar karena kota yang ia pimpin menjadi sasaran amukan senjata tentara Rusia.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Tag:

Baca Juga

Pembalap Formula 1 tim Marcedes, Lewis Hamilton, mengatakan karirnya di F1 belum akan berakhir. Ia berambisi kalahkan rekor Schumacher.
Berambisi Kalahkan Rekor Schumacher, Lewis Hamilton Sebut Karirnya di F1 Masih Panjang
Belum Vaksin, Novak Djokovic Terancam Tak Bisa Ikut AS Terbuka
Belum Vaksin, Novak Djokovic Terancam Tak Bisa Ikut AS Terbuka
Rafael Nadal Tinggalkan Montreal Turnamen demi AS Open
Rafael Nadal Tinggalkan Montreal Turnamen demi AS Open
Pembalap Formula 1 asal Jerman, Mick Schumacher, terancam tidak memiliki tim tahun depan. Kontraknya bersama tim Haas-Ferrari berlaku sampai 2023 mendatang.
Tersingkir dari Haas Ferrari, Mick Schumacher Berpeluang Gantikan Vettel di Aston Martin
Keluarga Michael Schumacher Beli Villa Milik Presiden Madrid Senilai Rp 486 Miliar di Spanyol
Keluarga Michael Schumacher Beli Villa Milik Presiden Madrid Senilai Rp 486 Miliar di Spanyol
Bintang lapangan tenis asal Slovakia, Andrej Martin menerima sanksi larangan bermain karena diduga menggunakan doping berdasarkan hasil tes yang dilakukan federasi olahraga tersebut
Ketahuan Pakai Doping, Bintang Tenis Slovakia Ini Harus Rela Dihukum