Bagaimana Cara Menebus Dosa Terhadap Orang yang Sudah Meninggal?

Cekricek.id - Meminta maaf merupakan hal berat untuk dilakukan orang. Tapu bagaimana cara menebus dosa pada yang telah meninggal dunia

Ilustrasi Menebus Dosa [Canva]

Cekricek.id - Meminta maaf merupakan hal yang dianggap berat untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Namun bagaimana jadinya, jika kita baru menyadari telah melakukan kesalahan kepada seseorang tetapi orang tersebut telah meninggal dunia. Tentu permintaan maaf saja tidak akan bisa langsung tersampaikan kepada orang yang dimaksudkan.

Hal ini juga lah yang menjadi pertanyaan banyak netizen. Kemudian coba ditanyakan langsung kepada ustadz Adi Hidayat, di channel YouTube pribadinya mengutip pada Jumat  (23/9/2022).

Cara Menebus Dosa Terhadap Orang yang Sudah Meninggal

Ada pertanyaan salah seorang netizen kepada ustaz Adi Hidayat apakah bisa kita meminta maaf sekaligus juga mendapat pengampunan jika melakukan kesalahan kepada seseorang yang telah meninggal dunia. Sebelum sempat meminta maaf secara langsung.

“Apa yang bisa dilakukan jika kita ingin dosa yang dilakukan kepada orang yang sudah meninggal bisa terhapus,” bunyi pertanyaan tersebut.

Mendengar pertanyaan ini, ustaz Adi Hidayat lantas menjelaskan bahwasanya memang ada hal yang bisa dilakukan untuk hal tersebut.

Tapi pertama-tama yang harus dilakukan oleh seorang hamba jika menyadari hal ini adalah istighfar. Sekaligus bertaubat kepada Allah selaku hakim yang paling tinggi.

“Secara singkat apa yang harus kita lakukan? Pertama bergegas untuk beristighfar dulu kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Memohon ampun ya karena pada akhirnya hakim yang tertinggi yang akan mengadili kita semua dalam kehidupan adalah Allah subhanahu wa ta'ala,” ucapnya.

Kemudian langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang manusia jika mengalami kejadian tersebut adalah melakukan introspeksi diri. Yaitu dengan menyadari di mana letak kesalahan dan sekaligus berusaha memperbaiki diri sendiri

“Seperti yang ada dalam Quran surat Ali Imran bergegaslah untuk introspeksi,” lanjutnya.

Cara Menebus Dosa Terhadap Orang yang Sudah Meninggal

Berikutnya jika introspeksi sudah dilakukan maka segera kunjungi ahli waris atau keluarga daripada almarhum. Dengan tetap memohon ampun maaf jika sekiranya ada hal yang dirasa masih mengganjal.

“Minta ampunan kepada Allah ya minta pemaafan pada Allah. Kalau ada ahli warisnya kunjungi kemudian bangun silaturahim ya hadir kita di sekitarannya sampaikan secara umum.”

Jika semua hal tersebut telah dilakukan maka seorang muslim bisa menyerahkan atau bertawakal kepada Allah dengan berharap agar dosa tersebut.

“Setelah itu tawakal kepada Allah. Cirinya jika dosa itu telah diampuni oleh Allah maka munculnya dalam diri kita perasaan lapang,” tambahnya.

Baca juga: Bolehkah Membaca Al-qur'an Hanya Terjemahannya Saja? 

Jika memang merasa hati dan pikiran terasa lebih lapang ini bisa saja menandakan bahwasanya permintaan maaf kepada orang yang telah meninggal tersebut diterima.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cekricek.id - Bagaimana jika sekiranya seorang suami justru mencari nafkah dengan cara yang tidak halal dalam ajaran Islam?
Bagaimana Jika Suami Mencari Nafkah yang Tidak Halal?
Cekricek.id - Hukum Menikahi 2 Kakak Beradik dalam Islam
Bagaimana Hukum Menikahi 2 Kakak Beradik dalam Islam?
Cekricek.id - Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an dan Cara Agar Tidak Lupa
Begini Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an Serta Tak Mudah Lupa
Cekricek.id - Ustaz Adi Hidayat memberikan paparannya mengenai cara menyikapi hujatan yang datang kepada kita. Segala jenis hujatan baik secara langsung ataupun hujatan netizen haruslah kita sikapi dengan tenang dan lapang hati. Kita juga harus bisa mengintrospeksi diri dahulu untuk mengetahui alasan orang lain mencela kita.
Bagaimana Sih Cara Menyikapi Hujatan Netizen? Ini Tips dari Ustaz Adi Hidayat
Cekricek.id - Muslim sangat dianjurkan untuk sedekah sebagai bentuk pembersihan harta, bagaimana dengan menghadiahkan pahala sedekah?
Pahala Sedekah Apakah Bisa Dihadiahkan?
Cekricek.id - Adanya tanda hitam bekas sujud atau bekas pada wajah seorang muslim sering ditanyakan oleh berbagai kalangan.
Apakah Maksud Tanda Bekas Sujud di Wajah?