Bolehkah Membaca Al-qur'an Hanya Terjemahannya Saja? 

Cekricek.id - Bagaimana hukumnya jika membaca Al-quran hanya terjemahan saja karena tidak bisa baca dan belum lancar tulisan arab

Membaca Al-qur'an [Canva]

Cekricek.id - Belajar untuk membaca Alquran telah dilakukan oleh seorang muslim sejak ia masih kanak-kanak. Tapi juga harus dibiasakan oleh kedua orang tuanya. Tetapi bagaimana dengan mualaf yang memutuskan untuk masuk Islam ketika beranjak dewasa.

Maka dari itu terkadang butuh waktu lebih lama untuk bisa membaca secara lancar. Karena memang huruf yang berbeda dengan abjad penggunaan bahasa Indonesia. Mengingat jika Alquran diturunkan di Arab pada zaman nabi Muhammad SAW.

Dengan tujuan untuk petunjuk bagi dirinya dan seluruh umat. Sebagaimana yang diutarakan oleh Ustaz Adi Hidayat dalam tayangan di channel YouTube pribadinya, mengutip Jumat (23/9/2022).

“Memang diwahyukan pada nabi dengan berbahasa Arab. Dengan dua tujuan pertama menghadirkan sifat keselarasan bagi masyarakat sekaligus menjadi objek dakwah,” ucapnya.

Hal tersebut juga membuat ada salah seorang netizen yang bertanya. Apakah diperbolehkan membaca Alquran hanya dengan terjemahannya saja.

Hukum Membaca Al-Qur'an Hanya Terjemahannya Saja

Dikarenakan seseorang belum bisa membaca huruf hijaiyah secara benar dan fasih.  Ketika mendengar pertanyaan ini ustadz Adi Hidayat lantas menjelaskan jika sebenarnya ini diperbolehkan oleh agama.

“Jadi sebenarnya baca dengan terjemahan itu boleh diperbolehkan silahkan,” jawabnya.

Tapi selain itu ada catatan yang harus diketahui terkait dengan hal tersebut. Bahwasanya selain bisa membacanya hanya berupa terjemahan tetapi seorang muslim juga harus belajar untuk menguasai membaca Alquran.

“Tetapi catatannya bersamaan dengan itu iringi dengan belajar baca Quran. Belajar baca tajwid dan saat belajar itu pahalanya dua kali lipat dibandingkan orang yang telah lancar,” jelasnya.

Diperbolehkan Dengan Satu Catatan

Lampiran Gambar

Hal ini dikarenakan orang yang sedang belajar untuk membaca Alquran akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Jika dibandingkan dengan seseorang yang telah fasih membaca Alquran tanpa terjemahan.

“Walau mengeja dan terbata-bata itu kata nabi dia mendapat pahala dua kali. Daripada orang lancar kalau misalnya orang biasa dapat 30 dia dapat 60.”

Hal tersebut dikarenakan Allah menilai sendiri ada dua pahala yang sedang dilakukan oleh seseorang ketika belajar baca Alquran. Pertama dari segi kesungguhannya untuk memperoleh pengetahuan dan juga kedua karena membaca Alquran.

“Karena ada pahala bacanya dan pahala kesungguhan dalam belajarnya.”

Baca juga: Simak Begini Ciri Mukmin di Mata Allah 

Jadi kini tak perlu lagi risau bagi orang yang masih belum lancar membaca Alquran. Walau hanya berpedoman pada terjemahan karena hal tersebut tidaklah salah dan tetap dihitung amal ibadah di sisi Allah.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Cekricek.id – Anak dan istri Deddy Cobuzier, Sabrina Chairunnisa dan Nada Tarina Putri, kompak saling mencium pipi anjing kecil peliharaan mereka dalam video terbarunya. Mungkin banyak yang bertanya-tanya karena di dalam Islam, anjing adalah hewan yang haram. Lalu, bagaimana hukumnya mencium anjing menurut Islam?
Istri Deddy Corbuzier Muslim Tapi Cium Anjing, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?
Cekricek.id - Bagaimana hukumnya, apakah harus menguburkan sebuah janin yang keguguran layaknya penguburan umat islam
Apakah Janin yang Keguguran Harus Dikubur?
Cekricek.id - Bagaimana hukumnya menikah dengan sepupu sendiri dalam pandangan Islam?. Berikut dijabarkan oleh Ustaz Adi Hidayat
Bagaimana Hukumnya Menikah dengan Sepupu dalam Islam?
Jika menemukan uang tak bertuan di jalan atau dimanapun, apa yang biasanya kamu lakukan? Menitipkan, menyimpan atau memakainya?
Nemu Uang di Jalan, Boleh Nggak Ya Kalau Dimiliki? Ini Hukumnya dalam Islam
Terdapat perbedaan pendapat ulama tentang hukum batal tidaknya wudhu sepasang suami istri yang bersentuhan secara sengaja ataupun tidak.
Tak Sengaja Menyentuh Istri, Apakah Wudhunya Batal?
Apa Sih Hukumnya Beli Mi Setan, Mi Iblis Sama Es Pocong? Ini Kata Buya Yahya
Apa Sih Hukumnya Beli Mi Setan, Mi Iblis Sama Es Pocong? Ini Kata Buya Yahya