Simak Begini Ciri Mukmin di Mata Allah 

Cekricek.id -  Setiap muslim pastinya ingin menjadi hamba yang sholeh sekaligus juga diridhoi oleh Allah SWT selaku penciptanya.

Ilustrasi Ciri Mukmin [Instagram]

Cekricek.id -  Setiap muslim pastinya ingin menjadi hamba yang saleh sekaligus juga diridoi oleh Allah SWT selaku penciptanya. Maka dari itu banyak manusia terus khususnya umat Islam berlomba-lomba untuk mencapai rido Allah agar dicap sebagai Mukmin. Tapi ternyata ada berbagai ciri mukmin di mata Allah yang begitu mudah dikenali.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ustaz Adi Hidayat dalam tayangan di channel YouTube pribadinya  mengutip pada Selasa (20/9/2022).

Dari penyampaiannya ada 4 ciri utama seorang disebut mukmin dalam pandangan Allah. Dimana ciri pertama adalah melihat daripada bentuk fisik orang tersebut.

“Orang saleh itu ciri pertamanya adalah menjaga kesehatan fisik kalau makan yang dibutuhkan supaya sehat,” ucapnya.

Hal ini menandakan bahwa semua orang tersebut lebih mengutamakan kebutuhan daripada sekedar keinginan. Jadi hal apapun yang dikonsumsi tidak akan buang-buang rezeki.

Sementara ciri kedua melihat daripada sifat yang dimiliki oleh orang tersebut. Mengingatkan banyak sifat yang pastinya telah menjadi ciri khas sebagai seorang Mukmin sejati di mata Allah.

“Yang kedua itu badannya sehat kuat sifatnya juga harus baik. Karena kesehatan atau kebaikan daripada sifatnya itu disebut Khoir misalnya memiliki sifat sabar jujur rendah hati.”

Begitu juga halnya yang berkaitan dengan sikap yang dimiliki oleh seseorang. Selain harus memiliki sifat yang baik sikap menentukan bahwa tindakan yang ia lakukan. Walau telah memiliki berbagai sifat-sifat baik.

“Ketiga baik dalam bentuk sikap contohnya menolak ketika diajak berbuat hal-hal yang menjurus pada maksiat,” lanjut Ustaz Adi Hidayat.

Ciri Mukmin Dimata Allah

Lampiran Gambar

Jangan sampai seseorang yang telah memiliki berbagai hal-hal tersebut justru memiliki sikap tidak tegas. Sehingga bisa membuat dirinya terbawa dalam jurang maksiat.

Sementara untuk ciri Mukmin terakhir adalah daripada niatan yang ia lakukan berkaitan dengan semua atau apa saja yang ia lakukan memang diniatkan karena Allah.

“Menjadikan semua kegiatan untuk ibadah karena Allah contohnya saja bagi ibu rumah tangga yang merawat anak dikarenakan.”

Begitu juga halnya apabila seorang suami menyayangi dan bekerja untuk keluarga dalam mencukupi nafkah. Tetapi juga diniatkan karena Allah maka dari itu nilainya lebih.

Baca juga: Demi Selamatkan Nyawa, Bolehkah Dokter Tinggalkan Salat Saat Melakukan Operasi Pasien?

Sekaligus juga membuat seseorang memiliki ciri-ciri sebagai mukmin yang saleh di mata Allah. Mungkin berbagai hal tersebut terdengar sepele tapi jika diaplikasikan dalam kehidupan nyata pasti akan ada banyak tantangan terus cobaan yang menghadang.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Inilah tips yang dapat Kamu lakukan agar selalu tenang dalam menghadapi masalah, baik itu masalah kecil maupun masalah besar.
Tips Agar Selalu Tenang Menghadapi Masalah Ala Ustaz Hanan Attaki
Cekricek.id - Ternyata ada 2 cara mudah untuk bisa masuk dalam surga firdaus yang merupakan tingkatan surga paling tinggi.
Simak 2 Cara Agar Bisa Masuk Surga Firdaus
Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suami pada istri, inilah penjelasan dari Buya Yahya, Jumat (30/9/2022).
Jika Suami Melakukan KDRT, Menurut Buya Yahya Ini yang Bisa Dilakukan Istri
Cekricek.id - Kali ini Ustaz Adi Hidayat memberikan penjabaran apakah boleh mengulang salat fardu, karena merasa kurang khusyuk
Apakah Boleh Mengulang Salat Fardhu Apabila Merasa Tidak Khusyuk?
Cekricek.id - Apakah dosa dari seseorang yang telah bertaubat masih tersisa dalam dirinya, seperti kekhawatiran dari banyak pihak.
Masih Adakah Dosa Pada Diri Orang yang Sudah Bertaubat?
Seseorang yang telah melakukan dosa zina hendaknya menutup aibnya dan segera bertaubat kepada Allah SWT agar diampuni dosanya.
Terlanjur Berzina, Begini Cara Tobat Terbaik dari Dosa Zina