Gempa M 6,2 di Pasbar Sumbar, Ribuan Warga Pasbar Sumbar Mengungsi, Butuh Bantuan Tikar, Selimut dan Bantal

yangmengguncang Pasbar Sumbar menyebabkan ribuan warga terpaksa mengungsi. Mereka butuh bantuan tikar, selimut dan bantal

Pengungsi yang berdesak desakan di tenda pengungsian [Foto: interes]

Berita Terbaru: Gempa yangmengguncang Pasbar Sumbar menyebabkan ribuan warga terpaksa mengungsi. Mereka butuh bantuan tikar, selimut dan bantal

Cekricek.id - Akibat gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Pasbar (Pasaman Barat), Sumbar, Jumat (25/2/2022) pagi, ribuan orang terpaksa harus mengungsi.

Mereka terpaksa mengungsi karena tempat mereka rusak karena gempa dan khawatir akan adanya gempa susulan yang terjadi.

Mengutip tempo, ada ribuan warga yang terpaksa harus mengungsi ke tenda darurat yang berada di halaman kantor Bupati Pasaman Barat.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan pihaknya akan menyediakan tempat bagi para pengungsi, dapur umum dan juga sarana air bersih bagi para warga yang mengungsi.

"Kami akan menyediakan kebutuhan bagi para pengungsi," katanya, Jumat (25/2/2022).

Hingga Sabtu dini hari, (26/2/2022) petugas masih terus melakukan evakuasi terhadap warga yang masih berada di daerah bencana.

Para pengungsi umumnya adalah para lansia, wanita dan juga anak-anak. Mereka terpaksa harus berdesak-desak karena tempat pengungsian yang tidak sanggup menampung jumlah warga yang mengungsi.

Mereka terpaksa harus tidur berdesakan bahkan ada yang terpaksa tidur dengan posisi duduk.

Amri, 4 tahun warga Jorong Timbo Abu Kajai, Kecamatan Talamau mengatakan mereka terpaksa mengungsi karena khawatir akan terjadinya gempa susulan.

Ia membawa istri dan ketiga anaknya ke tenda pengungsian.

Amri menjelaskan bahwa rumahnya mengalami kerusakan akibat guncangan gempa tersebut.

Saat ini para pengungsi membutuhkan sejumlah bantuan seperti tikar, selimut dan kasur. Karena mereka pergi mengungsi tidak membawa apa-apa.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa dengan kekuatan (Magnitudo) 6,2 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Gempa terjadi pada Jumat (25/2/2022) sekitar pukul 08.39 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Titik gempa berada di 0.15 Lintang Utara (LU) dan 99.98 Bujur Timur (BT) atau 17 km timur laut Pasaman Barat -Sumbar. Kedalaman gempa 10 km.

Baca Juga: 7 Orang Meninggal dan Puluhan Lainnya Luka-Luka Akibat Gempa M 6,2 di Pasbar Sumbar

Mengutip dari situs BMKG, gempa dengan magnitudo 6,2 tersebut tidak berpotensi menimbulkan stunami.

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id. Bergabung di Grup Telegram kami, klik link: Cekricek News Update, dan Grup Facebook, klik link: Sekilas Info.

Baca Juga

Berita terkini: Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan bahwa M 8,9 bukan prediksi gempa melainkan sebagai mitigasi bencana.
Gempa Nias Selatan, BMKG: M 8,9 Bukan Prediksi Gempa, Tapi Mitigasi Bencana
Berita Terbaru: Gempa tektonik dengan kekutan (magnitudo) 6,9 mengguncang wilayah Pantai Selatan Nias Selatan, Sumatera Utara
Penjelasan BMKG Terkait Gempa 6,9 yang Mengguncang Pulau Nias Sumut
Berita Terbaru: Gempa dengan kekuatan 6,9 mengguncang Pulau Nias Sumatra Utara (Sumut), guncangan gempa juga terasa kuat di Sumatra Barat (Sumbar)
Gempa Bumi Berkekuatan 6,9 Guncang Pulau Nias Sumatra Utara
nyebabkan 7 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya alami luka
1.736 Rumah di Pasaman Telah Terverifikasi Rusak Akibat Gempa, 4.831 Lainnya Masih Diverifikasi
Berita terbaru: Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh malam ini diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9. BMKG menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami
Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,9
nyebabkan 7 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya alami luka
Update Gempa di Sumbar: Korban Meninggal Bertambah Jadi 11 Orang, 4 Lainnya Masih Dinyatakan Hilang