Misteri di Balik Tari Piring, Tarian Khas Sumatra Barat yang Memegang Dua Piring Tanpa Jatuh dan Menginjak-injak Pecahan Kaca Tanpa Melukai Penari

Tari Piring

tari piriang / piring, kaco/kaca ini merupakan sendra tari tradisi dari daerah minangkabau sumatra barat, tarian ini di pertunjukan pada saat acara adat serta kedatangan tamu tamu adat pada masa dulu nya, sekarang tari piring ini sudah menjadi aset pariwisata daerah dalam seni tari pertunjukan yang ditampilkan untuk penyambutan wisatawaan mancanegara yang datang berkunjung kedaerah minangkabau. [Foto: Wikimedia/Deni Dahniel]

Cekricek.id - Berkas pecahan kaca yang tertinggal di lantai apabila terinjak oleh kaki seseorang biasanya kaca tersebut akan melukai kaki orang tersebut.

Tak jarang seseorang akan merasa kesakitan saat menginjak pecahan kaca tersebut. Sekalipun hanya satu pecahan kaca yang terinjak. Bahkan ada yang sampai berlumuran darah saat tak sengaja menginjak satu pecahan kaca.

Namun, tidak dengan para penari piring di Sumatra Barat ini. Mereka menginjak ratusan pecahan kaca tanpa melukai telapak kaki mereka sedikit pun.

Bahkan mereka melompat-lompat ria sambil tersenyum di atas pecahan kaca yang telah disediakan. Tak terlihat darah sedikit pun yang memancar di telapak kaki mereka.

Padahal mereka menginjak piring tersebut dengan telapak kaki telanjang, alias tidak menggunakan alas kaki. Bahkan mereka juga memegang dua piring sambil menari dengan riang gembiranya.

Kedua piring yang dipegang itu juga tampak melekat di tangan penari, padahal tidak menggunakan lem sedikit pun.

Tak ayal, para penari juga kerap membolak-balikkan piring dengan lincahnya tanpa menjatuhkan piring tersebut dari tangannya.

Lantas, mengapa bisa demikian? Inilah uniknya tari piring, budaya Minangkabau yang mencuri perhatian wisatawan.

Uniknya Tari piring

Lampiran Gambar

Acara pijak piring dalam Tarian Piring tidak menggunakan ilmu magis. [Foto: Wikimedia/Malekhanif]

Tari Piring adalah seni tari tradisional Minangkabau yang menggunakan piring sebagai properti utama atraksinya. Dalam bahasa Minangkabau, tari ini disebut dengan tari piring.

Dua buah piring kaca diletakkan dikedua tangan penari sambil menari. Para penari akan mengayunkan piring di tangan dengan gerakan cepat dan teratur tanpa terlepas dari pegangan.

Bukan orang Minang namanya jika bukan memiliki maksud untuk menciptakan sebuah karya. Tari piring, memiliki makna yang mendalam pada setiap gerakan tari piring tersebut.

Menurut pemahaman penduduk Sumatera Barat gerakan tari piring melambangkan kerja sama ketika warga sedang berada di sawah.

Koreografinya meniru cara petani bercocok tanam dan juga menunjukkan rasa syukur saat mereka menuai hasil panen padi.

Gerakan-gerakan tari piring di antaranya gerak pasambahan, singanjuo lalai, mencangkul, mengiang, membuang sampah, memagar, menyemai, gerak mencabut benih, gerak bertanam, gerak melepas lelah, gerak mengantar juadah, gerak mengambil padi, menggampo padi, menganginkan padi, mengikir padi, membawa padi, menumbuk padi, gotong royong, menampih padi dan menginjak pecahan kaca.

Tari piring biasanya berjumlah ganjil, terdiri dari tiga hingga tujuh orang. Tarian diiringi oleh kombinasi alat musik talempong dan saluang.

Tempo alunan musik pada awalnya lembut dan teratur, namun lama kelamaan berubah lebih cepat. Hal itu yang berarti ita sebagai manusia tidak boleh lelet.

Halaman:

Dapatkan update berita terkini, berita selebriti, hot gosip, tips, info kesehatan, berita bola dan pertandingan, musik dan film setiap hari dari Cekricek.id di Google News.

Baca Juga

Tekad 3 Milenial Urban Kembangkan Kesenian Wayang Orang di Tengah Gempuran Budaya Luar
Tekad 3 Milenial Urban Kembangkan Kesenian Wayang Orang di Tengah Gempuran Budaya Luar
Berita terbaru hari ini: Karakter Orang Jawa dan Sifat Unik Lainnya
Karakter Orang Jawa dan Sifat Unik Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui
Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : beberapa makhluk mitologi yang erat dengan kepercayaan masyarakat Indonesia.
Tak Hanya Yunani, Indonesia Juga Punya 5 Hewan Mitologi
Berita trending terbaru dan berita viral terbaru : beberapa suku unik yang memiliki tradisi yang masih bertahan sampai saat ini.
5 Suku Unik yang Ada di Dunia
Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Bekas Camat Payakumbuh Yang Dicopot Berhasil Pansos Lewat Citayam Fashion Week, Kini Pengikut Instagram Puluhan Ribu
Sepasang suami istri viral di media sosial karena dianggap telah mempermainkan salat demi kontennya viral di media sosial.
Viral, Pasutri Permainkan Salat Demi Konten