Raden Eddy Martadinata

Raden Eddy Martadinata adalah salah satu pahlawan Angkatan Laut Indonesia. Ia pernah menjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut masa Presiden Sukarno pada 1959.

Raden Eddy Martadinata. [Foto: Istimewa]

Siapa Raden Eddy Martadinata?

Raden Eddy Martadinata adalah salah satu pahlawan Angkatan Laut Indonesia. Ia pernah menjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut masa Presiden Sukarno pada 1959.

Pemilik nama lengkap Raden Eddy Martadinata lahir di Bandung, 29 Maret 1921. Ia bersekolah di sekolah pelayaran milik pemerintah Hindia Belanda, Zeevaart Technische School pada 1941. Namun, ia tidak lulus dan mengikuti pendidikan pelayaran Militer Jepang sehingga menjadi Nahkoda Kapal Latih Dai 28 Sakura Naru (1943-1944).

Karier di Angkatan Laut dimulai pada Agustus 1945. Pada awal tahun 1950-an R.E. Martadinata turut memadamkan pemberontakan Andi Aziz di Sulawesi Selatan. Peran Karier kelautan meningkat setelah mengikuti pendidikan United States Navy Post Graduate School di Amerika Serikat.

Tak lama setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965, ia mengundurkan diri sebagai Menteri/Panglima Angkatan Laut pada Februari 1966. Selanjutnya pada tahun yang sama ia diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa RI untuk Pakistan dan tewas dalam kecelakaan pesawat helikopter di Riung Gunung, Bogor.

Referensi: Kamus Sejarah Indonesia.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Rachmat Muljomiseno adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi dan politik di Indonesia. Ia dilahirkan di Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 9 Juni 1919. Dalam kariernya, Rachmat Muljomiseno pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada masa kepemimpinaan Presiden Sukarno.
Rachmat Muljomiseno
Rasuna Said adalah seorang perintis kemerdekaan asal Sumatra Barat yang aktif dalam perjuangan melalui Sarekat Rakyat. Ia juga dikenal aktif dalam Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Rasuna Said dikenal sebagai seorang orator ulung dan kritis. Berkat keberaniannya, ia pernah ditangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Penjara Semarang.
Rasuna Said
Pranoto Reksosamodra adalah mantan Pelaksana tugas Menteri Panglima Angkatan Darat. Ia lahir pada tahun 1965, meninggal dunia pada tanggal 9 Juni 1992, merupakan seorang tokoh militer yang berpengaruh dalam sejarah Indonesia.
Pranoto Reksosamodra
Prawoto Mangkusasmito adalah adalah seorang aktivis Islam Indonesia, Wakil Perdana   Menteri   Indonesia kesembilan danKetua Umum Majelis Syuro Muslimin Indonesia yang terakhir.
Prawoto Mangkusasmito
Basoeki Probowinoto adalah seorang pemimpin spiritual yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah seorang Pendeta GKJ, pendiri Parkindo, dan terlibat dalam beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia.
Basuki Probowinoto