Prawoto Mangkusasmito

Prawoto Mangkusasmito adalah adalah seorang aktivis Islam Indonesia, Wakil Perdana   Menteri   Indonesia kesembilan danKetua Umum Majelis Syuro Muslimin Indonesia yang terakhir.

Prawoto Mangkusasmito. [Foto: Istimewa]

Siapa Prawoto Mangkusasmito?

Prawoto Mangkusasmito adalah seorang aktivis Islam Indonesia yang pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia kesembilan dan Ketua Umum Majelis Syuro Muslimin Indonesia.

Ia lahir di desa Tirto, Grabag, Magelang pada tanggal 4 Januari 1910 dan meninggal pada tanggal 24 Juli 1970 pada usia 60 tahun.

Selama masa Indonesia sebagai negara serikat, Prawoto Mangkusasmito pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pekerja KNIP menggantikan Assaat yang menjabat sebagai pejabat Presiden RIS sampai 15 Agustus 1950.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Masyumi terakhir sebelum partai tersebut dibubarkan oleh Sukarno tanpa alasan yang jelas melalui Keputusan Presiden RI No. 200/1960 pada tanggal 17 Agustus 1960 dan merujuk Penetapan Presiden No.7/1959.

Pada masa kecilnya, Prawoto Mangkusasmito pernah bersekolah di AMS B Yogyakarta, yang saat ini dikenal sebagai SMA Negeri 3 Yogyakarta. Setelah lulus dari sekolah tersebut, ia bekerja sebagai guru di sekolah M.U.L.O. Neutral di Kebumen pada tahun 1932 hingga 1935. Selama periode ini, ia juga belajar pada Rechts-Hoogeschool Batavia hingga tingkat IV. Saat pendudukan Jepang, ia bekerja sebagai pegawai kantor Kadaster.

Referensi: Kamus Sejarah Indonesia.

Dapatkan update berita terkini dan berita terbaru Cekricek.id melalui Google News.

Baca Juga

Rachmat Muljomiseno adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi dan politik di Indonesia. Ia dilahirkan di Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 9 Juni 1919. Dalam kariernya, Rachmat Muljomiseno pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada masa kepemimpinaan Presiden Sukarno.
Rachmat Muljomiseno
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Mengenal Kitab Weda, Pembagian dan Sejarahnya
Rasuna Said adalah seorang perintis kemerdekaan asal Sumatra Barat yang aktif dalam perjuangan melalui Sarekat Rakyat. Ia juga dikenal aktif dalam Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Rasuna Said dikenal sebagai seorang orator ulung dan kritis. Berkat keberaniannya, ia pernah ditangkap dan dipenjara pada tahun 1932 di Penjara Semarang.
Rasuna Said
Radius Prawiro adalah seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi, keuangan, dan perdagangan Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Pengawasan Pengembangan pada periode 1988-1992, Menteri Keuangan pada 1983-1988, dan Menteri Perdagangan pada 1973-1983.
Radius Prawiro
Basoeki Probowinoto adalah seorang pemimpin spiritual yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia adalah seorang Pendeta GKJ, pendiri Parkindo, dan terlibat dalam beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia.
Basuki Probowinoto
Raden Eddy Martadinata adalah salah satu pahlawan Angkatan Laut Indonesia. Ia pernah menjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut masa Presiden Sukarno pada 1959.
Raden Eddy Martadinata